Beauty & Health, Mother & Baby

Stres Datang saat Hamil? Ini Dia Solusinya!

Jangan Lupa Share ya

Masa kehamilan adalah masa-masa yang harus serba hati-hati terhadap berbagai macam aktivitas. kamu harus sangat teliti dan memahami hal apa saja yang boleh atau tidak boleh dilakukan juga boleh atau tidak boleh dikonsumsi.  Di masa ini kamu sangat rentan sekali terhadap banyaknya beban pikiran yang mengakibatkan stress ringan maupun berat. Tapi kamu harus tahu loh ya bahwa sebenarnya stress itu jangan sampai kamu rasakan karena fatal akibatnya.

Namun apa jadinya jika stress itu sudah menghampiri kamu? Jangan semakin stress ya Mom. Ini dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika kondisi ini sedang terjadi.

Solusi Stress saat Hamil

1. Berbicara dengan Orang Terkasih


Memang benar ya, tidak ada yang lebih menyenangkan dan melegakan ketika kita berinteraksi dengan orang terkasih khususnya orang tua, anak,  sahabat dan suami tercinta. Dalam masalah ini, ketika kamu sedang stress disarankan untuk kamu berbicara dengan pasangan. Biasanya saat hamil seperti ini kamu akan memiliki rasa cemas yang berlebihan maka akan sangat penting untuk berbicara dengan suami. Terbukalah kepada pasangan. Ceritakan keluh kesah yang sedang dirasa tanpa merasa canggung apalagi malu. Peran suami ketika istri hamil cukup penting karena diharapkan bisa mengatasi rasa khawatir sang istri dan menggantinya dengan rasa kenyamanan dan kehangatan.

2. Istirahat Cukup


Istirahat selalu menjadi hal yang pastinya wajib dilakukan dan memang sangat dibutuhkan oleh kamu.  istirahatlah yang cukup ya. Pada usia kehamilan menginjak minggu ke 23, sebenarnya bayi dalam rahim kamu sudah mulai bisa mendengar. Jadi apabila kamu sedang istirahat bisa saja sambil mengobrol dengan lembut kepada bayi kamu tersebut. Cara ini bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menghilangkan stress saat hamil juga sekaligus menjadi cara manis untuk kamu bisa lebih menjalin erat hubungan yang baik antara kamu dan juga si bayi.

3. Makanan yang Bergizi


Mengkonsumsi asupan makanan sehat dan bergizi juga harus tetap diperhatikan  di sepanjang waktu. Bukan hanya pada saat stress itu datang. Tapi biasanya ketika sedang stress, nafsu makan kamu akan menurun dan kamu jadi malas makan. Betul tidak Mom? Jangan sampai loh hal ini terjadi. kamu harus tetap memaksakan diri mengkonsumsi asupan bergizi walau dalam keadaan apapun. Memangnya kamu tidak kasihan sama si kecil di perut kamu jika dia kekurangan nutrisi? Jangan begitu ya.

4. Olahraga Ringan


Selain istirahat, olahraga juga sangat disarankan bagi ibu hamil yang sedang berada dalam kondisi stress. Tapi hanya sekedar olahraga ringan ya, seperti jalan kaki dan latihan pernafasan. kamu bisa saja memilih renang sebagai salah satu aktivitas olahraga yang dilakukan tapi untuk berenang itu sendiri kamu punya izin dari dokter dulu untuk bisa melakukannya atau tidak.

5. Pijat Relaksasi


Siapa sih yang tidak suka dipijat? Rasanya tidak ada ya. Badan akan terasa segar sekali  kalau habis dipijat. Benar kan? kamu bisa loh mengambil cara ini untuk menjadi salah satu bagian yang bisa mengurangi stress di waktu hamil. Pijat relaksasi akan menghilangkan stress dan ketegangan yang kamu rasakan. Selain itu juga tubuh dan pikiran akan lebih rileks dibandingkan sebelumnya.

6. Beri Ruang untuk Santai


Selalu sempatkan waktu kamu setiap harinya untuk sekedar bersantai walau hanya 10 menit. Manfaatkan waktu 10 menit itu untuk benar-benar melepaskan beban pikiran yang sedang kamu pikul. Lepaskan, jangan terus disimpan. Untuk media santainya kamu bisa memilih membaca bacaan ringan atau bisa saja mendengarkan instrumen musik yang sangat lembut. Atau melakukan hobi kamu yang lainnya. Hobi yang tidak memicu kelelahan ya pastinya.

7. Mencari Penyebab Stres


Pastikan kamu untuk mencari penyebab stress yang sedang kamu rasakan itu karena apa. Karena sebenarnya hanya kamu lah yang tahu kenapa kamu bisa stress seperti itu.  Mungkin penyebabnya adalah hubungan antar personal, hubungan dengan pekerjaan atau lainnya. Selanjutnya kamu usahakan mencari jalan keluarnya agar stress itu tidak lagi menghampiri kamu secara berkepanjangan. Jika tidak mampu untuk menyelesaikannya, mintalah bantuan suami tercinta untuk bersama-sama membantu jalan tengah penyelesaiannya.

Stress memanglah hal yang terlihat biasa saja tapi berdampak buruk bagi kesehatan, terlebih lagi kepada ibu yang sedang memasuki masa kehamilan. Sangat tidak dianjurkan bagi kamu untuk merasakan stress. Mungkin beberapa cara di atas bisa kamu tempuh ketika stress itu sedang datang. Semoga bermanfaat ya.

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Latest posts by Putri (see all)

Leave a Reply