Gadget /Komputer

Solusi Tepat! Cara Mempercepat koneksi Internet

 

Sejak hadirnya smartphone dan sekarang menjamur di seluruh penjuru dunia. Hingga akhirnya internet pun sudah menjadi hal penting yang bagi setiap orang. Internet pun dapat membantu manusia dalam berbagai bidang kehidupan, dari mulai pemerintahan, pendidikan, hingga industri. Dengan adanya internet dan teknologi yang semakin maju menjadikan semakin banyak orang yang bergantung pada internet. Apalagi untuk kalangan anak muda dan para remaja, bagi mereka internet begitu penting untuk mereka gunakan di social media dan hal lain sebagainya.

Ketika koneksi internet terganggu kalian pun pasti jadi uring – uringan dan merasa kesal, karena kita terbiasa dengan kemudahan adanya internet. Agar kamu tidak kesusahan dengan gangguan internet, ada beberapa trik bagaimana cara untuk mempercepat koneksi internet kamu hingga 10 kali lipat.

Internet pastinya dipengaruhi oleh operator penyedia jaringan Internet namun bisa juga karena hal – hal lainnya. Nah agar  koneksi Internet di smartphone Android kamu semakin cepat, sekarang kita bisa lakukan hal-hal berikut ini,

Blokir Iklan

Kenapa blokir iklan? Karena ternyata iklan itu bisa menyedot hingga 80 % kuota internet kamu. Iklan bisa bikin kuota kamu jadi boros, selain itu dengan adanya iklan di halaman web yang kita buka membuat internet kita jadi lambat dan menghambat kegiatan kita karena harus memuat data yang lebih banyak. Nah sekarang kamu sudah tahu kan? Makanya kamu bisa coba blokir saja iklan itu agar mempercepat koneksi internet kamu dan menyelamatkan kuota kamu.

Kompres Gambar

Sekarang ini sudah banyak browser yang menyediakan fitur Data Saving. Dengan fitur tersebut kamu bisa mengompres gambar yang termuat di browser ke ukuran yang lebih kecil. Fitur ini sangat  berjasa untuk mempercepat koneksi Internet kamu bukan? Dengan demikian proses loading pada halaman akan semakin cepat.

Hapus Cache

Aplikasi yang terinstal di smartphone android kamu saat ini 80 % pasti membutuhkan koneksi Internet untuk mengoperasikannya. Dengan semakin seringnya aplikasi-aplikasi ini digunakan, maka aplikasi tersebut akan menyimpan Cache secara otomatis. Hal tersebut jika didiamkan akan membuat semakin besar ukuran data dalam memori dan memberatkan performa smartphone kamu. Selain itu, cache bisa mengganggu percepatan koneksi internet kamu. Untuk itu, kamu bisa menghapusnya secara rutin agar koneksi internet kamu lebih cepat.

Gunakan VPN

Pasti kamu pernah mengalami ketika kamu pergi ke suatu tempat dan koneksi internet kamu jadi sangat lambat, bahkan tidak ada sinyal sama sekali. Nah, ada trik yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan menggunakan bantuan VPN untuk terhubung ke alamat IP di negara lain. VPN ini bisa digunakan untuk mempercepat koneksi internet kamu dengan menghubungkan adroid kamu dengan IP yang tepat. Walaupun VPN di gunakan untuk membuka situs yang diblokir pemerintah namun bisa membantu kamu untuk mempercepat koneksi internet.

Atur User Agent

Terkadang banyak pengguna yang ingin mendapat tampilan web di computer pada smartphone atau androidnya. Namun sekarang ini, sudah banyak website yang dibuat responsif dengan secara otomatis menyesuaikan tampilan jika dibuka di komputer atau di smartphone. Jika kamu tetap ngeyel ingin mendapat tampilan di computer pada smartphone kamu maka koneksi Internet kamu akan jadi lambat. Untuk itu, kamu bisa atur User Agent di browser kamu menjadi Mobile, sehingga secara otomatis data yang kita muat dikompres sesuat dengan tampilan Mobile. Hal tersebut dapat membantu kamu untuk mempercepat koneksi internet kamu.

Pakai Aplikasi 3G/4G Speed Optimizer

Sekarang ini pasti sudah marak smartphone yang sudah 4G yang koneksi internet luar biasa cepat. Nah, kamu bisa menggunakan aplikasi 3G/4G Speed Optimizer untuk smartphone kamu yang sudah di-root agar koneksi internet kamu semakin cepat. Dengan aplikasi ini kamu bisa mempercepat koneksi internet hingga 200 %. Dengan cara memberikan tweak khusus aplikasi ini kamu bisa memilih dan mengatur kecepatan koneksi Internet sesuai dengan kebutuhan yang kamu perlukan.

Stop Aktivitas Mendownload Sambil Browsing

Untuk kamu yang sering mendownload file sambil browsing secara bersamaan, maka hentikan hal itu! Kenapa? Karena koneksi internet kamu bisa menjadi lambat. Ketika kamu sedang mendownload file apalagi dengan ukuran yang cukup besar maka koneksi internet kamu akan lebih banyak digunakan untuk mendownload. Sehingga aktivitas streaming atau browsing yang kamu lakukan akan lambat dan pastinya itu membuat kamu terganggu.

Beberapa trik tersebut dapat menjadi solusi kamu untuk mempercepat koneksi internet dan kamu pun tidak akan terganggu dan uring – uringan karena koneksi internet kamu yang lambat. Tambahan tips untuk kamu, pastikan kamu menggunakan penyedia jaringan internet yang bagus dan memiliki signal yang stabil ya.

Jadi selamat mencoba trik – trik di atas sana ya! (elevenia)

 

 

Leave a Reply