Hobby, Home & Garden

Si Klasik Meja Makan Bulat

Meja makan bulat berbahan kayu merupakan salah satu jenis furnitur klasik yang masih banyak digemari hingga saat ini. Selain karena penampilannya yang elegan, meja makan bulat berbahan kayu juga sangat kuat dan tidak pernah ketinggalan zaman. Agar meja makan bulat Anda senantiasa tampak menawan, simak beberapa tip sederhana berikut ini.
1. Bersihkan sesering mungkin
Sedikit debu yang ada pada permukaan meja mungkin tidak menjadi masalah besar untuk Anda. Tapi Anda harus tahu bahwa debu tersebut bisa masuk dalam serat kayu dan membuat warna meja makan bulat menjadi lebih kusam. Untuk mencegah hal itu terjadi, bersihkan meja makan sesering mungkin menggunakan lap dengan bahan lembut yang dibasahi sedikit air. Hindari menggunakan bahan kimia pada saat mengelap karena dapat merusak permukaan kayu pada meja makan bulat Anda.

2. Lindungi permukaannya
Meja makan berbahan kayu sangat rentan terhadap goresan maupun noda yang ditimbulkan dari panas suatu benda yang menempel langsung pada permukaannya. Jika ada noda atau goresan, bisa dipastikan hal tersebut tidak akan bisa hilang kecuali meja makan bulat Anda dicat ulang. Untuk mencegahnya, hindarilah meletakkan panci yang panas langsung di atas permukaan meja karena dapat menimbulkan noda hangus pada permukaan kayu dan berhati-hatilah untuk tidak meletakkan benda tajam yang dapat menggores permukaannya sebab bisa mengurangi keindahan meja makan bulat Anda.

Meja Makan Bulat
Meja Makan Bulat

3. Perhatikan suhu ruangan
Suhu ruangan yang terlalu rendah dapat membuat meja makan berbahan kayu menjadi berjamur dan berbau tidak sedap, sebaliknya suhu yang terlalu tinggi membuat permukaan kayu menjadi kering. Agar meja makan bulat Anda tetap dalam kondisi prima, selalu perhatikan tingkat kelembapan dan juga suhu ruangan. Biasakan untuk membuka jendela setiap pagi untuk memperlancar sirkulasi udara sehingga suhu dalam ruangan menjadi stabil. Jika ruang makan Anda tidak memiliki jendela, pasang kipas angin sebagai langkah antisipasi agar suhu dalam ruangan tetap terjaga.

4. Gunakan bahan alami
Tidak seperti bahan plastik yang lebih cocok dibersihkan dengan cairan kimia, meja makan berbahan kayu justru akan rusak jika terkena bahan kimia berlebihan. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan minyak zaitun dan juga air perasan jeruk lemon untuk membersihkan permukaan meja makan bulat yang terbuat dari kayu. Campurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan air perasan 1 buah lemon utuh kemudian usapkan pada permukaan meja menggunakan kain lap. Campuran ini dapat menyamarkan bekas goresan dan juga membuat meja makan bulat berbahan kayu tetap berkilau.

5. Lapisi dengan pelindung
Salah satu cara yang bisa dilakukan agar meja makan bulat milik Anda tetap awet adalah dengan memasang pelindung pada permukaannya. Anda bisa memilih pelindung berupa kaca tipis yang ukurannya disesuaikan dengan diameter meja sehingga dapat melindungi permukaan kayu dari goresan maupun noda makanan. Selain kaca, Anda juga bisa menggunakan taplak untuk menutupi permukaan meja sekaligus juga dapat mempercantik penampilan meja makan bulat milik Anda. Akan tetapi jangan lupa, pilihlah taplak yang sesuai dengan gaya interior ruangan agar lebih sedap dipandang mata.

Kayu merupakan material yang semakin tua usianya semakin tampak indah, asal dirawat dengan baik dan selalu dijaga kebersihannya. Jika meja makan bulat kesayangan Anda terawat dengan baik, penampilan ruang makan juga akan semakin maksimal sehingga Anda pun tak perlu ragu menjamu kerabat ataupun rekan kerja untuk bersantap siang bersama.

 

Sumber foto: Flickr

Share

Leave a Reply