Fashion

Serba-Serbi Jas Hujan Jaket Mackintosh

Jaket hujan

Jas hujan Mackintosh merupakan jaket yang terbuat dari kain khusus tahan air.  Pertama kali jas hujan ini dibuat oleh Charles Macintosh pada tahun 1836. Awalnya Macintosh menemukan sebuah metode untuk menggabungkan karet dengan kain yang kemudian dibuat menjadi  jas hujan modern pertama. Karena penemuannya ini , semua jas hujan disebut Mackintosh atau Mac oleh orang-orang di Inggris . Hebatnya, kebanyakan jas hujan modern saat ini terinspirasi oleh gagasan Macintosh.

Jas hujan masa kini terbuat dari beragam jenis kain. Misalnya saja jas hujan semua cuaca yang dapat dipakai dalam berbagaikeadaankarena memiliki lapisan khusus yang dapat dilepas sehingga dapat dipakai kapanpun. Jas hujan jenis Trenchcoats yang bisa dipakai baik pria dan wanita biasanya terbuat dari dari kain katun / polyester ringan.

Menengok kepada sejarahnya, orang-orang telah mencoba membuat pakaian tahan air selama ratusan tahun. Pada awal abad ketiga belas, suku Indian Amazon menggunakan karet yang diekstrak dari pohon karet untuk tujuan ini . Ketika penjelajah Eropa datang ke Amerika pada abad keenam belas , mereka mengamati masyarakat Indian menggunakan prosedur untuk membuat barang-barang tahan air seperti alas kaki dan jubah .

Pada abad kedelapan belas , Eropa bereksperimen dengan kain anti air untuk pakaian. François Fresneau merancang ide awal untuk kain anti air pada tahun 1748. Di Skotlandia, John Syme membuat inovasi lebih lanjut pada tahun 1815. Pada 1821, jas hujan pertama diproduksi dibuat oleh G. Fox of London dan disebut Fox Aquatic. Jas hujan itu terbuat dari Gambroon, suatu kain yang terbuat dari mohair.

Meskipun pada awalnya kain tahan air ini masih menggunakan bahan dari karet, namun tidak terlalu sukses . Ketika karet digunakan dalam pakaian, kain tersebut jadi mudah aus dan saat cuaca panas pakaian menjadi lentur.

 Masalah ini diselesaikan pada awal abad ke-19 oleh Macintosh. Seorang Skotlandia yang merupakan kimiawan dan produsen bahan kimia. Melalui eksperimen, Macintosh menemukan cara yang lebih baik untuk mencampurkan karet kedalam pakaian.

Pada tahun 1823, Macintosh mematenkan metode cara pembuatan kain tahan air ini. Butuh beberapa waktu untuk mengembangkan proses ini dalam skala industri. Kain tahan air yang dipatenkan diproduksi di pabrik-pabrik yang dimulai pada tahun 1824 dan pelanggan pertamanya adalah militer Inggris.

Amerika terus memperbaiki proses Macintosh dengan munculnya calendering pada tahun 1849 . Kain Macintosh dipanaskan untuk membuatnya lebih lentur dan tahan air. Perbaikan metode ini membuat kain lebih ringan daripada yang kain asli Macintosh, hanya saja jas hujan ini masih agak panas. Setelah itu banyak jas hujan dirancang dengan memberikan celah agar lebih dingin saat dikenakan pemakainya.

Share

Comments 1

  1. Niniek

    DImana kami bisa dapatkan bahan kain MACINTOSH ? Kami membutuhkan untuk bahan cover piano.
    Terima kasih.

    Ninie
    021-5698 5519

    Reply

Leave a Reply