Beauty & Health

Senam Aerobik Sebainya Dilakukan Berapa Kali Dalam Seminggu?

Jangan Lupa Share ya

Olahraga adalah kebutuhan hidup yang sayangnya kurang diperhatikan oleh banyak orang. Padahal, olahraga memberikan manfaat besar terhadap kebugaran dan kesehatan tubuh, salah satunya adalah aerobik. Jika dilakukan secara rutin, manfaat aerobik pun akan terasa optimal untuk tubuh. Aerobik sendiri sebenarnya merupakan aktivitas yang menggunakan oksigen untuk membakar kalori dalam memproduksi energi dan meningkatkan detak jantung. Namun di Indonesia, aerobik sering diidentikan dengan senam. Senam aerobik merupakan rangkaian gerakan yang memiliki manfaat dapat mengaktifkan otot-otot tubuh dan apabila senam aerobic dilakukan secara teratur dan konsisten, maka akan dapat mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh Anda.

Senam aerobik sendiri telah menjadi sangat populer di Indonesia. Apabila dahulu senam aerobik dinggap sebagai olahraga untuk kalangan wanita saja dan dianggap kurang bermanfaat, maka  saat ini baik pria rnaupun wanita pun justru bersama-sama melakukan senam aerobik demi kebugaran dan kesehatan tubuh. Senam aerobik biasanya diiringi dengan musik yang menjadi panduan dari gerakan yang dilakukan. Manfaat lainnya adalah mampu mencegah depresi karena olahraga mampu meningkatkan mood seseorang dan dapat mestimulasi perasaan senang dalam tubuh.

Lantas berapa kali dalam seminggu senan aerobik sebaiknya dilakukan? Melakukan senam aerobik selain bermanfaat bagi tubuh, juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Senam aerobik selama 30 menit dan sebanyak tiga kali sepekan telah terbukti dapat mengurangi penurunan kemampuan kognitif pada lansia. Selain itu senam aerobik juga dapat membuat pikiran tetap tajam meski usia terus bertambah. Mereka yang melakukan aktivitas ini pun memiliki peluang untuk berumur lebih panjang dibandingkan mereka yang jarang berolahraga.

Kemudian jika Anda bertanya mana yang lebih baik, melakukan senam aerobik 30 menit tiap hari atau satu jam tiga kali dalam seminggu? Jawabannya adalah lebih baik melakukan senam aerobic 30 menit tiap hari, karena menurut sebuah penelitian, senam aerobik yang dilakukan dalam durasi pendek tapi sering akan lebih banyak mendatangkan manfaat dibandingkan yang dilakukan dalam waktu lebih panjang tapi jarang. Namun yang terpenting adalah Anda dapat menjadikan senam aerobik sebagai bagian dari keseharian dan gaya hidup Anda.

Biarpun demikian, senam aerobik secara berlebihan ternyata juga tidak baik untuk tubuh Anda. Karena melakukan senam aerobik dengan terlalu sering dapat menimbulkan beberapa gejala seperti kelelahan, gangguan tidur, dan jantung berdebar saat istirahat.

Ingatlah untuk mengawali senam aerobik dengan pemanasan sekitar enam menit. Sebab dengan Anda pemanasan atau peregangan sebelum dan pendinginan sesudah melakukan senam aerobic akan dapat mengurangi risiko cedera dan dapat meningkatkan kesiapan tubuh dalam melakukan gerakan.

Berbeda halnya jika Anda sudah lama tidak melakukan olahraga rutin dan ingin melakukan senam aerobik, maka Anda dapat memulainya dengan durasi dan intensitas yang ringan. Misalnya melakukan gerakan lima menit di pagi hari, kemudian 2-3 hari berikutnya meningkat menjadi 10 menit, dan seterusnya.

Beberapa manfaat dari senam aerobik :

  1. Aerobik dapat membuat Anda menjadi lebih mudah untuk bernapas lebih panjang dan dalam sehingga kadar oksigen dalam darah, otot, dan jantung pun menjadi meningkat.
  2. Jantung akan berdetak lebih cepat sehingga mampu memompa darah ke otot dan kembali ke paru-paru dengan lebih baik.
  3. Dengan senam ini tubuh Anda akan mudah melepas hormon endorfin. Dimana fungsinya sebagai pereda nyeri alami, meningkatkan mood, sehingga Anda akan terus bahagia.
  4. Senam aerobik dapat menguatkan jantung dan paru-paru Anda, yaitu dengan cara meningkatkan aliran darah pada kedua organ tersebut.
  5. Meningkatkan efisiensi sirkulasi darah serta mengurangi tekanan darah.
  6. Meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Sel darah merah sendiri memiliki peran dalam menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh serta membawa karbondioksida dari jaringan menuju paru-paru.

Selain manfaat diatas senam aerobik pun berpotensi mendatangkan banyak manfaat lainnya jika dipadukan dengan pola makan yang sehat serta istirahat yang cukup. Diantaranya adalah…

  1. Dapat meningkatkan stamina dan sistem kekebalan tubuh sehingga dengan melakukan senam aerobic dapat mengurangi risiko sakit, terutama infeksi virus flu seperti pilek.
  2. Menjaga berat badan supaya tetap ideal.
  3. Menjadikan tubuh tidak mudah lelah.
  4. Meningkatkan kemampuan otot untuk membakar lemak selama melakukan gerakan.

Tidak ada kata terlambat untuk melakukan senam aerobik. Apa pun tujuan Anda, apakah Anda ingin menurunkan berat badan, ingin membuat tubuh tetap sehat, maupun untuk mengurangi risiko stress, senam aerobik tetap dapat memberikan manfaat jika Anda melakukannya secara rutin dan benar. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply