Edukasi

Semua Hal Tentang Negeri Kincir Angin!

Jangan Lupa Share ya

Belanda merupakan negara yang pernah menjajah Indonesia selama 3,5 abad. Negara ini terletak di kawasan Eropa bagian barat laut. Belanda berbatasan langsung dengan Jerman di sebelah timur. Di sebelah selatan berbatasan dengan Belgia, dan di sebelah utara berbatasan dengan Laut Utara.

Belanda merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia. Kondisi tanah di Belanda mayoritas berada di bawah permukaan laut. Belanda sangat terkenal dengan dijk (tanggul), kincir angin, bunga tulip, dan terompa kayu. Selain itu, masyarakat Belanda pun terkenal dengan masyarakatnya yang terbuka. Di Belanda, terdapat kantor Mahkamah Internasional.

Secara konstitusi, ibukota Belanda berada di Amsterdam, sedangkan Den Haag merupakan pusat pemerintahan. Belanda memiliki sistem pemerintahan monarki konstitusional. Ratu Belanda, Beatrix, menjabat sebagai kepala Negara dan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan.

Geografi Belanda


Belanda memiliki struktur geografi yang sangat unik, yaitu permukaan tanahnya sangat rata. Separuh dari wilayah Belanda berada pada ketinggian kurang dari 1 meter di atas permukaan laut. Walaupun demikian, ada juga titik tertinggi di Belanda, yaitu Vaalserberg.

Daerah tersebut berada di Provinsi Limburg dengan ketinggian 321 meter di atas permukaan laut. Sementara, titik terendah berada di wilayah Nieuwerkerk. wilayah ini berada 6,67 meter di bawah permukaan laut.

Karena kondisi tanah yang sebagian besar berada di bawah permukaan laut, wilayah Belanda banyak dikelilingi oleh dinding laut. Salah satu konstruksi tanggul yang terkenal adalah Afsluitdijk (penutup tanggul) yang memisahkan Danau Ijssel dengan Laut Wadden. Tanggul ini memiliki panjang 32 km dan lebar 90 meter.

Ekonomi Belanda


Belanda memiliki ekonomi yang bersifat terbuka dan sangat bergantung pada perdagangan internasional. Oleh karena itu, pemerintah telah mengurangi peranannya dalam mengawasi perekonomian Belanda sejak 1980-an. Dalam ekonomi internasional, Belanda merupakan pendiri lembaga ekonomi dunia, seperti Uni Eropa, WTO, dan OECD.

Sebagai pendiri Uni Eropa, Belanda pun salah satu negara di Eropa mengganti mata uangnya dari Gulden menjadi Euro. Ekspor utama Belanda bergerak pada bidang pengolahan makanan, kimia, dan mesin. Meskipun sektor pertanian hanya menyediakan  4% peluang pekerjaan, Belanda mampu menjadi pengekspor makanan terbesar setelah Amerika Serikat dan Prancis.

Budaya Khas Belanda


Dalam hal budaya, Belanda memiliki banyak pelukis ternama. Pada abad ke-17, Belanda melahirkan banyak pelukis terkenal, di antaranya Rembrandt van Rijn, Johannes Vermeer, Jan Steen, dan masih banyak lagi.

Sementara pada abad ke-19 dan ke-20, lahir pula beberapa pelukis ternama, seperti Vincent van Gogh, Piet Mondriaan, M. C Escher (ahli seni grafik), dan Han van Meegeren (pemalsu seni). Belanda juga merupakan tempat kelahiran filsuf Desiderius Erasmus dan Baruch de Spinoza.

Sesuatu yang Khas dari Belanda


Jika kita menyebut Belanda, sudah hampir dipastikan yang terlintas di pikiran kita adalah Tulip dan Kincir Angin.

Tulip adalah bunga yang sangat khas dari Belanda ini memang sudah terkenal ke seluruh dunia. Bunga Tulip memiliki banyak warna yang indah, seperti ungu, biru, kuning, dan oranye. Bunga ini banyak dibudidayakan oleh masyarakatnya sehingga menjadi salah satu komoditi ekspor yang bisa dibanggakan untuk mendongkrak nilai ekonomi Belanda.

Sama halnya dengan Tulip, kincir angin merupakan kebanggaan Belanda. Bangunan ini sudah tersebar hampir di seluruh wilayah Belanda. Memiliki fungsi sebagai pendorong air ke daratan dengan tujuan membentuk daratan baru. Seperti kita tahu bahwa letak Belanda berada di bawah permukaan laut untuk sebagian besar wilayahnya.

Selain itu, masih ada ciri khas yang dimiliki Belanda, salah satunya sepatu kayu atau yang lebih dikenal dengan sebutan Klompen. Klompen ini merupakan alas kaki yang tidak dapat terpisahkan dari masyarakat Belanda.

Klompen sudah ada sejak tahun 1207 M dan kala itu golongan petani, buruh, dan pemerah susu sapi merupakan pemakai yang sudah mengenalnya. Hal itu dimaksudkan untuk melindungi kaki mereka karena kontur tanah Belanda yang cenderung berlumpur.

Sepatu ini menonjolkan sisi kesederhanaan yang, baik itu dari bentuk maupun dari pembuatannya. Hal itu juga yang menjadi analogi dari masyarakat Belanda yang penuh dengan kesederhanaan dan hidup secara hemat.

Sepatu khas Belanda ini sudah banyak diekspor ke luar negeri. Bahkan para pembeli dari luar Belanda tidak hanya menjadikan sepatu ini sebagai alas kaki, melainkan banyak fungsi, salah satunya dijadikan vas bunga.

Belanda juga memiliki kekhasan dari sisi kuliner. Bitterballen, merupakan makanan pembuka yang sering disajikan di banyak restoran-restoran Belanda. Makanan ini hampir mirip dengan risoles. Terdapat daging cincang yang menjadi isiannya dan sangat pekat dengan aroma butter. Bentuknya bulat.

Jika berkunjung ke berbagai restoran khas Belanda yang ada di luar negeri, mereka akan disajikan terlebih dahulu dengan penganan Butterbulen ini.

Daerah yang Tercakup dalam Negara Belanda


Secara administratif, Belanda terbagi menjadi dua belas provinsi, yaitu sebagai berikut.

  • Groningen. Provinsi Groningen merupakan provinsi terkecil di Belanda dan beribukota di Groningen.
  • Friesland. Provinsi ini terletak di sebelah utara Belanda. Provinsi ini pun memiliki bahasa resmi selain bahasa Belanda, yaitu bahasa Frisian.
  • Drenthe. Provinsi ini terletak di sebelah timur laut Belanda. Provinsi ini beribu kota di Assen.
  • Overijssel. Provinsi ini terletak di sebelah timur Belanda dan beribukota di Zwolle.
  • Flevoland. Provinsi ini terletak di pusat Belanda dan beribu kota di Lelystad.
  • Genderland. Provinsi ini terletak di sebelah timur Belanda dan beribukota di Arnhem.
  • Utrecht. Provinsi ini terletak di pusat Belanda dan beribukota di Utrecht.
  • Noord-Holland. Provinsi ini terletak di sebelah barat Belanda dan beribu kota di Harleem.
  • Zuid-Holland. Provinsi ini terletak di sebelah barat Belanda dan beribu kota di Den Haag.
  • Zeeland. Provinsi ini terletak di sebelah barat daya Belanda dan beribukota di Middleburg.
  • Noord-Brabant. Provinsi ini terletak di sebelah selatan Belanda dan beribu kota di Den Bosch.
  • Limburg. Provinsi ini terletak di sebelah selatan Belanda dan beribukota di Maastricht.

Olahraga yang Banyak Diminati oleh Orang Belanda


Segi olahraga merupakan segi yang bisa menjadi kebanggaan untuk negeri Belanda. Olahraga yang sangat terkenal di sana ialah sepak bola.

Banyak klub sepak bola yang sudah mendunia, sebut saja Ajax Amsterdam, PSV Eindhoven, dan Feyenord Rotterdam. Ketiga klub itu sudah menjadi andalan Belanda untuk berlaga di berbagai kompetisi Eropa maupun dunia.

Seperti halnya klub-klub sepak bola yang terdapat di Eropa yang sudah mempunyai sisi kemapanan, begitu pun dengan klub-klub yang berasal dari Belanda. Setiap klub sudah dikelola dengan manajemen yang profesional, mulai dari sisi keuangan, pendidikan usia dini, sampai stadion-stadion bertaraf internasional. Belanda memiliki liga profesional yang bernama Eredivisie dengan status sebagai liga tertinggi.

Timnas Belanda pun menjadi satu dari sekian banyak timnas raksasa yang terdapat di dunia dan selalu menyulitkan tim-tim dari benua lain. Pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Belanda menjadi finalis dengan melawan Spanyol.

Untuk cabang olahraga otomotif, Belanda memiliki sirkuit dengan taraf internasional. Sirkuit yang bernama resmi TT Circuit Assen ini terletak di wilayah Assen dan menjadi satu-satunya sirkuit dengan usia tua di Eropa. Sirkuit ini selalu dipakai untuk arena balap Moto GP.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply