ELEVENIA STORIES

Selamat Tahun Baru Imlek 2017!

Halo elevenian!

Blog elevenia ingin mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2017! Semoga di tahun baru Ayam Api ini, akan mendatangkan keberuntungan dan kebahagiaan untuk kalian semua. Menyambut perayaan Imlek yang jatuh pada hari ini, elevenia masih punya Ampau lhoo. Sudah ambil belum?

Tradisi membagi Angpao memiliki nilai sejarahnya sendiri. Tahukah kamu bahwa Angpao adalah simbol dari keberuntungan dan nasib yang baik? Selain Angpao, banyak tradisi-tradisi budaya Tiongkok lain yang memiliki cerita menarik. Jika kalian pernah bertanya kenapa warna merah begitu mendominasi di saat Imlek, atau kenapa buah Jeruk Mandirin langsung jadi laris manis, berikut ini blog elevenia akan cerita mengenai beberapa tradisi Imlek. Ini dia!

Barongsai

Foto diambil dari http://www.cnnindonesia.com
Foto diambil dari http://www.cnnindonesia.com

Barongsai adalah salah satu tradisi utama ketika Imlek datang. Melihat pertunjukkan tarian Singa di jalan tentu salah satu kegiatan yang masuk ke dalam checklist Anda ketika merayakan tahun baru Imlek. Lalu, dari manakah asal-usulnya Barongsai ini? Dilansir dari CNN Indonesia, tarian yang dilakukan oleh Barongsai adalah untuk mengusir monster dan roh-roh jahat.

Menurut sejarah, tarian Barongsai sudah ada sejak 1500 tahun yang lalu. Cerita awal tarian ini mulai dari sebuah desa Tiongkok yang kehidupannya terganggu karena hadirnya sebuah monster. Moster ini kemudian dikalahkan oleh seekor singa. Sejak saat itu, warga desa setempat menciptakan Barongsai untuk mengusir roh-roh jahat dan monster yang menggangu ketentraman mereka. Dari sinilah, seni tarian Barongsai diperkenalkan.

Di Indonesia sendiri, Barongsai diperkirakan masuk pada abad ke-17 yang dibawa oleh kaum penduduk dari Cina Selatan.

Ikan sebagai Hidangan Utama

Dalam kepercayaan Tionghua, ikan adalah hidangan yang istimewa karena ikan dalam Bahasa Mandarin memiliki arti “berkelebihan”. Ketika Imlek datang, ikan adalah salah satu hidangan utama yang disajikan untuk keluarga. Beberapa pilihan ikan yang biasa disajikan adalah, ikan Lele, Karper dan Emas. Selain itu, cara menyatapkan ikan pad aImlek juga memiliki caranya tersendiri. Dalam perayaan imlek, ikan adalah hidangan terakhir yang disantap. Contohnya, jika kamu menyajikan 1 ekor ikan, maka daging pad asatu sisi ikan tersebut dimakan pada malam sebelum tahun baru Imelk dan sisanya, dimakan pada malam pertama Imlek.

Jeruk Mandarin

Photo diambil dari: http://www.khasiat.co.id/
Photo diambil dari: http://www.khasiat.co.id/

Menjelang Imlek, jeruk Mandarin mendadak menjadi buah laris manis yang dicari ramai orang. Sudah bukan rahasia lagi bahwa buah yang satu menjadi salah satu ikon perayaan Imlek. Namun tahukah kamu, bahwa Jeruk ini memiliki artinya tersendiri? Jeruk dalam bahasa Mandarin memiliki arti “rezeki”. Jadi, buah jeruk diibaratkan sebagai buah pembawa rezeki. Selain itu, warna oranye dalam jeruk juga diidentikan dengan warna emas. Emas juga adalah warna keberuntungan dalam budaya Tiongkok.

Serba Merah

Foto diambil dari: http://nationalgeographic.co.id
Foto diambil dari: http://nationalgeographic.co.id

Merah adalah warna yang ikonik untuk perayaan Imlek. Hal ini karena warna merah memiliki arti keberuntungan dan kebahagiaan. Tak heran jika warna ini menjadi dominasi di saat hari besar seperti tahun baru Imlek.

 

Leave a Reply