Beauty & Health

Segudang Manfaat dan Khasiat dari Buah Matoa

Buah matoa merupakan buah dari tanaman khas Indonesia, tepatnya dari wilayah Indonesia timur (Papua dan Maluku). Buah ini tumbuh dari tumbuhan berakar tunggang dan berbentuk pohon dengan tinggi sekitar 20 – 40 m dan diameter mencapai 100 cm. Buah yang memiliki nama latin Pometia pinnata berbunga pada sekitar bulan juli sampai oktober pada setiap tahunnya dan tumbuh dengan baik di dataran rendah ataupun tinggi. Matoa merupakan tanaman tropis dan tentunya hidup di daerah dengan curah hujan tinggi.

Di Papua ada dua jenis Matoa, ada Matoa Papeda dan Matoa Kelapa. Perbedaan dari kedua jenis tersebut adalah tekstur buahnya. Matoa Papeda memiliki tekstur buah yang berdaging lebih lengket dan lembek, sedangkan Matoa Kelapa bertekstur kenyal dan padat seperti rambutan aceh. Buah matoa terlihat seperti buah pinang yang memiliki kulit keras berwarna hitam, hijau, dan merah, bentuknya bulat lonjong dengan panjang sekitar 5-6 cm. Rasa dari buah ini seperti perpaduan antara kelengkeng, rambutan dan leci, manis dan memiliki aroma yang wangi.

Selain rasanya yang lezat, ternyata Matoa memiliki cukup banyak khasiat. Buah matoa memiliki Kandungan vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan antioksidan pencegah kanker. Selain vitamin C, Matoa juga mengandung vitamin E yang mampu menghilangkan stress, meminimalisir resiko terkena penyakit Jantung, dan meningkatkan kesuburan. Tetapi buah ini juga memiliki kandungan glukosa yang cukup tinggi, jadi jika mengonsumsi banyak Matoa kamu akan merasa pusing dan mabuk.

Ternyata buah matoa ini tidah hanya ada di Indonesia bagian timur saja, tapi di berbagai daerah lainpun buah ini tersebar dengan nama yang berbeda. Seperti di Minangkabau dinamai Langsek Anggang, di Sumatra Timur, Matoa dinamakan Pakam, di Jawa Barat dikenal dengan nama Leungsir, sedangkan di Pulau Jawa disebut Kayu Sapi.

Matoa memiliki akar dan pangkal batang yang kuat serta memiliki ketahanan terhadap serangga. Jadi tanaman asli Indonesia ini cocok dijadikan tanaman penghijauan.

Manfaat dan Khasiat Buah Matoa

Sebagai Antioksidan

Matoa dapat berkhasiat sebagai antioksidan yang sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas yang berlebihan akan merusak sel tubuh dan juga dapat memicu tumbuhnya kanker yang menjangkit tubuh.

Melancarkan Pencernaan

Matoa mengandung banyak serat, hal ini dapat bermanfaat untuk pencernaan agar menjadi lancar. Kandungan yang terdapat pada buah matoa ini dapat membantu dalam memproses makanan yang kamu konsumsi, jadi pencernaan kamu akan lancar dan organ pencernaan pun akan menjadi sehat.

Obat Ambeien

Ambeien adalah salah satu penyakit yang datang karena sistem pencernaan yang buruk. Dengan kandungan yang ada pada buah ini, penyakit ambeien dapat disembuhkan oleh buah matoa. Ketika kamu sedang mengalami penyakit ini, coba kamu mengonsumsi buah matoa ini dengan teratur.

Sumber Tenaga

Dengan kandungan yang dimiliki, buah ini bisa menjadi sumber tenaga alami yang sehat untuk tubuh. Untuk kamu yang mudah kelelahan karena banyaknya aktifitas yang kamu lakukan, maka buah ini sangatlah cocok untuk menambahkan tenaga kamu yang hilang. Caranya sangat gampang, yaitu dengan mengonsumsi buah matoa tanpa harus diolah terlebih dahulu.

Mencegah Hipertensi

Tak disangka buah matoa ini dapat mencegah penyakit hipertensi. Dengan demikian jika sering mengalami tekanan darah yang tidak stabil kamu bisa menggunakan buah ini, dengan buah matoa makan tekanan darah kamu akan lebih terkontrol dan seimbang.

Penghilang Stres

Banyaknya aktivitas yang kamu lakukan setiap harinya akan membuat kamu kemungkinan mengidap Stres. Stres salah satu hal yang tidak boleh kamu abaikan, untuk menghilangkan stres kamu bisa mengonsumsi buah matoa ini secara rutin setiap hari.

Mengontrol Kadar Gula Dalam Tubuh

Kadar gula dalam tubuh yang tinggi tentu beresiko tinggi mengidap penyakit diabetes. Cara mengontrolnya kamu bisa mengonsumsi buah matoa, karena salah satu khasiatnya adalah mampu mengontrol kadang gula dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ yang penting dalam tubuh untuk menyerap racun – racun yang masuk ke dalam tubuh. Dengan kondisi ginjal yang sehat maka kamu akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Kandungan yang ada dalam buah Matoa dapat menyehatkan ginjal, sehingga ginjal terjaga kesehatannya dan tubuh pun akan sehat.

Mencegah Penuaan Dini

Bagi para pemudi, matoa juga dapat bermanfaat untuk membuat wajah kamu terlihat lebih muda dengan mencegah terjadinya penuaan dini. Kandungan dari Buah ini akan membuat kamu tampak lebih segar dan bercahaya dengan mencegah munculnya tanda – tanda penuaan dini.

Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Setelah ginjal menyerap racun yang masuk pada tubuh, maka sisa racun tersebut akan dikeluarkan dari tubuh. Buah matoa ini dapat membantu dalam proses pengeluaran racun yang ada dalam tubuh.

Itulah beberapa kandungan dan khasiat dari buah unik khas papu ini. Buah ini memiliki rasa yang enak tapi sebagai informasi, buah matoa ini ternyata memiliki harga yang cukup mahal. Walaupun demikian kamu tidak akan kecewa dengan cita rasa dan segudang khasiat yang terkandung di dalamnya. (elevenia)

Leave a Reply