Culinary

Sederet Kuliner Khas Batam yang Bikin Ketagihan

Sederet Kuliner Khas Batam yang Bikin Ketagihan

Jangan Lupa Share ya

Batam, sebuah daerah yang berada di Kepulauan Riau. Daerah ini sering di sebut dengan nama pulau Batam karena memang lokasinya yang sangat strategis dan kecil seperti sebuah pulau. Namun, pulau Batam ini sebenarnya masih satu kepulauan dengan Riau atau Kepri. Ada apa saja sih di Batam sehingga banyak memikat wisatawan untuk berkunjung kesana?

Wisata Pulau Batam


Sederet Kuliner Khas Batam yang Bikin KetagihanBeberapa masyarakat lokal lebih mengenal pulau Batam sebagai salah satu pintu masuk menuju Singapura. Namun pada kenyataannya di Pulau Batam sendiri memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik untuk di kunjungi, bukan hanya sekedar di jadikan sebagai pintu masuk menuju Singapura saja. Ada berbagai wisata menarik disana, salah satunya adalah pantai unik di daerah tropis.

Karena dekat dengan perairan, tentu daerah ini memiliki destinasi wisata pantai atau laut yang sangat eksotis dan mempesona. Namun tidak hanya itu, Batam juga menyediakan berbagai pusat perbelanjaan branded yang murah dan juga tak kalah dengan wisata kuliner yang bikin ketagihan.

Rekomendasi Kuliner Khas Batam

Berlibur ke daerah orang lain rasanya kurang afdhol apabila tidak mencicipi kuliner khas yang di sajikan. Ya, Batam selain terkenal dengan wisata alam dan wisata perbelanjaan juga memiliki berbagai macam wisata kuliner yang tidak boleh di tinggalkan. Apa saja sih? Yuk simak sederet kuliner khas Batam yang bikin ketagihan!

1. Gong Gong


Makanan khas Batam yang harus kamu cicipi pertama kali adalah Gong Gong. Ya, Gong-gong merupakan makanan khas Batam yang cukup terkenal karena berasal dari siput laut yang di masak secara khusus dengan cara di rebus dan di tumis menggunakan bumbu spesial. Bagi kamu yang suka seafood, pasti akan ketagihan deh jika membeli menu makanan yang satu ini.

Di Batam, kamu bisa dengan mudah mendapatkan menu makanan ini karena banyak tersedia di restoran seafood. Harga yang di tawarkan pun sangat murah yaitu mulai dari Rp 25.000 – 50.000.

2. Sop Ikan Batam


Karena dekat dengan perairan, tak heran apabila menu makanan khas Batam kebanyakan adalah seafood. Selain Gong-gong, kamu juga bisa mencicipi Sop ikan Batam yang sangat lezat dan gurih. Jenis ikan yang di gunakan untuk memasak masakan ini adalah ikan tengiri. Apabila di pelajari, rasa masakan ini hampir sama dengan garang asem namun berbeda pada penggunaan bumbunya.

Agar lebih nikmat dalam menyantap menu makanan ini adalah menyajikannya bersama nasi putih hangat.

3. Prata


Bosan dengan hidangan khas laut, kamu bisa beralih ke menu makanan khas Batam yang terinspirasi dari India yaitu Prata. Kebanyakan orang Batam menyantap prata sebagai menu sarapan. Apabila di telusuri, makanan ini memang makanan khas India, namun karena sudah lama berada di Batam maka menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Rasa dan tekstur dari makanan ini hampir mirip dengan roti canai. Bentuknya bulat dan rasanya sangat lezat sehingga bisa di santap untuk sarapan.

4. Tapis


Rekomendasi makanan khas Batam yang wajib kamu coba selanjutnya adalah Tapis. Sama-sama seafood dan hampir sama seperti gong-gong, Tapis adalah menu makanan yang berasal dari Batam berbahan dasar kerang laut berukuran besar. Bagi kamu yang menyukai kerang tentunya jangan melewatkan menu makanan yang satu ini.

Sebagai teman makannya, Tapis biasa di sajikan bersama dengan sambal cabe rawit khas Batam. Untuk mencicipi menu makanan yang satu ini, kamu harus mengunjungi sebuah restoran yang berada di daerah Piayu Laut karena disanalah restoran Tapis yang sangat lezat.

5. Bak Kut Teh


Pergi ke Batam tentunya akan kurang afdhol apabila tidak mencicipi Bak Kut Teh khas Batam. Ya, menu makanan berbahan dasar daging Babi ini di olah bersama bumbu rempah-rempah khas batam yang sangat lezat sehingga menciptakan cita rasa yang gurih. Nah, ingat ya bahwa makanan ini hanya di peruntukkan bagi warga non muslim saja!

6. Kerapu Steam


Apa jadinya apabila mendapati olahan ikan kerapu yang di olah sedemikian rupa menjadi makanan favorit sejuta umat yang berkunjung ke Batam? Cara pengolahan kerapu pada menu makanan ini adalah dengan cara di steam terlebih dahulu untuk melunakkan dagingnya.

Setelah di steam, ikan kerapu di campurkan dengan bumbu rempah-rempah pilihan khas Batam sehingga menciptakan cita rasa yang sangat segar dan tentunya lezat.

7. Bilis Molen


Setelah menjajahi makanan berat, kuliner khas Batam yang bikin kamu ketagihan selanjutnya adalah sebuah jajanan kering yang bernama Bilis Molen. Seperti namanya, cemilan yang satu ini memang hampir sama seperti molen pada umumnya. Lalu apa yang membuat berbeda?

Isian yang di gunakan pada bilis molen adalah ikan teri sehingga biasa di gunakan untuk makan nasi hangat. Jadi, kulier khas Batam yang mana menjadi pilihan favoritmu? Begitulah sedikit ulasan tentang sederet kuliner khas batam yang bikin kamu ketagihan.

BACA JUGA! TEMPAT WISATA TERKENAL DI PASURUAN

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply