Hobby

Rumus Rubik 3×3 yang Mudah dan Tepat

Jangan Lupa Share ya

Rubik merupakan salah satu permainan yang dapat melatih kecerdasan otak dan dalam memainkannya membutuhkan trik-trik khusus. Tidak banyak orang yang mampu menyelesaikan permaninan ini, malah kebanyakan orang merasa kesulitan dalam menyelesaikannya. Padahal rubik terlihat sangat mudah tapi saat kamu memainkannya, kamu bisa berjam – jam, bahkan mungkin kamu akan menyerah terlebih dahulu.

Nah kali ini saya akan berbagi beberapa trik bermain rubik 3×3. Bagi kamu para pemula, tutorial ini saya berikan dengan Bahasa yang sederhana dan diharapkan kamu bisa  memahaminya.

Untuk pengenalan rubik 3×3, kita pahami terlebih dahulu istilah – istilah yang wajib diketahui oleh kalian para cuber pemula.

Bagian-bagian Rubik : Center Pieces, Corner Pieces, Layer / Lapisan, dan Edge Pieces

Arah Pergerakan Rubik :

  • R (Right): Gerakan memutar sisi kanan ke arah kanan (arah jarum jam)
  • R’ (R aksen): Gerakan memutar sisi kanan ke kiri (berlawanan arah jarum jam)
  • U (Up): Gerakan memutar sisi atas ke kanan (arah jarum jam)
  • U’ (U aksen): Gerakan memutar sisi rubik atas ke kiri (berlawanan arah jarum jam)
  • D (Down): Gerakan memutar sisi bawah ke kanan (arah jarum jam)
  • D’ (D aksen): Gerakan memutar sisi bawah ke kiri (berlawanan arah jarum jam)
  • F (Front): Gerakan memutar sisi depan ke kanan (sesuai dengan arah jarum jam)
  • F’ (F aksen): Gerakan memutar sisi depan ke kiri (berlawanan arah jarum jam)
  • f (Front double): Gerakan memutar sisi F double searah jarum jam.
    f’ (Front aksen double): Gerakan memutar sisi F’ double searah jarum jam.
  • B (Back): Gerakan memutar sisi belakang ke kanan (sesuai dengan arah jarum jam)
  • B’ (B aksen): Gerakan memutar sisi belakang ke kiri (berlawanan arah jarum jam)
  • L (Left): Gerakan memutar sisi kiri ke arah kanan (sesuai dengan arah jarum jam)
  • L’ (L aksen): Gerakan memutar sisi rubik sebelah kiri ke arah kiri (berlawanan arah jarum jam)

Satu gerakan adalah satu kali putaran 90°.

dua kali gerakan adalah dua kali putaran 90°

satu putaran 180°.

Misalkan R2, berarti kita putar sisi kanan searah jarum jam 180°.

Cara Menyelesaikan Rubik 3×3

Setelah memahami istilah – istilah tersebut, waktunya kamu coba menyelesaikannya dengan langkah – langkah di bawah ini:

  1. Membuat Cross (+)

Tidak ada algoritma khusus untuk membuat cross putih. Kamu cari sisi yang mempunyai center kuning dan letakkan di atas.

  • Kemudian cari edge putih
  • kumpulkan edge putih mendekati yang kuning dari berbagai kondisi
  • Berikut ini adalah cross yang sudah benar, lalu posisikan cross putih:
  1. Meratakan Sisi Bawah Menjadi Putih Semua

  • Cari corner yang ada warna putihnya,
  • Perhatikan warna yang ada disebelah corner putih tersebut, misalkan warnanya Jika warna putih di kanan maka posisikan rubik dengan posisi warna merah di sebelah corner putih sebagai font atau muka.
  • Jika warna putih dikiri maka posisikan warna di sebelah corner putih sebagai font atau muka.
  • Untuk kanan : Algoritmanya adalah R U R’
  • Untuk kiri : Algoritmanya adalah L’ U’ L

Apabila menemui kondisi seperti di bawah ini maka warna putih yang tersisa kita pindahkan ke atas terlebih dahulu. Jika dia berada di kiri maka L’ U’ L tapi jika di kanan maka R U R’.

 

 

 

 

Jika putih sudah di atas, gunakan algoritma (RUR’ / L’U’L) untuk menyelesaikan agar semua edge putih ada di bawah.

Jika kondisi putih tersisa diatas maka kita flip agar menghadap samping (pada layer 3). Algoritma yang digunakan adalah L’ U2 L U atau R U2 R’ U’, tergantung kondisi rubik pada pandangan kalian.

Tahap ini selesai dengan sisi bawah berwarna putih semua, sekaligus layer pertama membentuk teratur dengan center seperti di  bawah ini:

  1. Meratakan Layer Kedua

  • Cari edge yg tidak ada warna kuning
  • Misalkan yang kita temui adalah warna merah-hijau / hijau-orange, maka kita pilih salah satu. Saya contohkan dengan pilih warna merah-hijau, maka kamu putar sisi atas (U) sampai edge hijau bertemu dengan center hijau.
  • Tempatkan sisi merah dan hijau menjadi font. Merah dikumpulkan pada sisi yang mempunyai center merah.
  • Jika sisi center merah berada di kiri maka algoritma yang digunakan U’ L’ U L U F U’ F’, jika berada di kanan maka algoritma yang digunakanU R U’ R’ U’ F’ U F.
  • Jika menemukan warna lain, maka caranya sama yaitu dengan algoritma yang sama. Lakukan terus sampai layer 2 menjadi lengkap.
  1. Membuat Cross Kuning Pada Sisi Atas

Dalam membuat cross kuning pada sisi atas terdapat 3 kondisi yang berbeda, yaitu:

Kamu fokuskan pada EDGE. Jika kamu menemukan ada warna kuning lain di CORNER maka abaikan.

  • Jika yang kamu temui kondisi pertama, maka algoritmanya (R U R’ U’) F’ f (R U R’ U’) f’(f kecil adalah putar 2 layer F (double)).
  • Jika pada kondisi kedua yaitu L terbalikmaka algoritmanya f R U R’ U’ f’
  • Jika pada kondisi ketiga yaitu Garis lurusmaka algoritmanya. F R U R’ U’ F’

Setelah itu, akan terbentuk cross kuning seperti ini:

  1. Meratakan Sisi Atas Dengan Kuning Semua

Pastikan posisi cross kuning seperti di gambar:

KONDISI 1 = F (R U R’ U’) (R U R’ U’) (R U R’ U’) F’
KONDISI 2 = f (R U R’ U’) f’ F (R U R’ U’) F’
KONDISI 3 = R U R’ U R U2 R’ (rumus ikan)
KONDISI 4 = (r U R’ U’) (r’ F R F’)
KONDISI 5 = (R U R’ U’) (R U’ R’ U2) (R U’ R’ U2) R U R’
KONDISI 6 = F R’ F’ L F R F’ L’

pada kasus no. 3 (kondisi cross kuning membentuk pola gambar ikan), maka kamu usahakan kepala ikan berada di pojok kiri depan seperti gambar diatas.

  1. Memperbaiki Corner Layer 3

Yaitu menempatkan corner sesuai pada tempatnya, misalnya pada pada sisi hijau corner harus hijau , sisi merah maka corner harus merah, begitu juga dengan warna lainnya. Letakkan corner yg sudah jadi di bagian kiri. Lalu kita jadikan yang kanan, Algoritma yang digunakan  R U2 R’ U’ R U2 L’ U R’ U’ L. Tetap lakukan rumus tersebut walau belum ada corner yang belum jadi.

  1. Penyelesaian

  • Posisikan sisi warnanya yang sudah lengkap/ sudah jadi di belakang.
  • Edge merah kita pindah ke sisi kiri searah jarum jam
  • Untuk yang searah jarum jam algoritma: F2 U L R’ F2 L’ R U F2, jika tidak searah jarum jam algoritma: F2 U’ L R’ F2 L’ R U’ F2.

Itulah cara untuk menyelesaikan rubik 3×3, selamat mencoba dan semoga berhasil. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply