SELLER

RPX, Jasa Kurir Terbaru elevenia

Halo Seller elevenia!

Sudah tahukah Anda tentang fitur pengiriman terbaru dari elevenia? Namanya adalah Jasa Kurir RPX yang bisa Anda temukan di Seller Office elevenia yang akan aktif pada tanggal 10 Agustus 2016. Apa manfaat dari fitur RPX ini?

  1. Anda tidak perlu lagi memasukan no. resi secara manual di Seller Office.
  2. Bisa memilih pesanan Anda untuk di Pick Up lokasi penjual atau di Drop off di Indomaret.

Mau tau lebih lengkap? Ini dia!

Fitur jasa pengiriman terbaru dari elevenia yang bernama RPX ini memudahkan Anda dalam berbagai hal. Salah satunya adalah tidak perlu lagi menulis nomer resi secara manual. Dalam hal ini, Anda hanya perlu mendaftarkan template pengiriman pada Seller Office dengan mengklik tombol “RPX Regular”. Ketika pesanan Anda sedang diproses, pilihlah jenis pesanan Anda apakah “pick-up” atau “drop off”. Apabila memilih layanan Drop Off/ I-Drop, Anda bisa download kode booking di halaman “Print Out Invoice” pada Seller Office elevenia. Tempelkan kode booking yang sudah di cetak pada paket pesanan Anda dan jangan lupa untuk menyebutkan layanan I-Drop dan memberikan nomor akun kepada kasir Indomaret yang akan melakukan proses scan kode booking paket pesanan Anda. Apabila memilih layanan Pick Up, pastikan minimal 5 nomor pesanan dengan 5 tujuan yang berbeda karena minimal pick up berjumlah 5 no resi yang berbeda. Kurir RPX akan datang ke lokasi Anda untuk melakukan proses scan kode booking paket pesanan Anda.

Untuk para rekan Seller yang tertarik menggunakan RPX, mohon perhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Harga produk yang kurang dari Rp2.000.000 akan mendapatkan asuransi RPX tanpa membayar biaya tambahan.
  2. Harga produk yang lebih dari Rp2.000.000 sebelum menggunakan diskon voucher elevenia maka asuransi RPX akan ditagih kepada rekan Seller jika buyer memilih asuransi dengan formula rumus: 0,25% x Total Harga Produk.
  3. Pastikan Anda sudah memiliki nomor akun di RPX untuk layanan Drop Off di Indomaret. Jika sudah memiliki nomor akun, harap mengirimkan email dengan subject: Registrasi RPX dengan mencantumkan Nama Toko, Nama PIC, no HP, alamat seller di badan e-mail.
  4. Jika Anda belum memiliki nomor akun RPX, silahkan kirimkan e-mail ke cs@elevenia.co.id, yang berisi Nama Toko, nama Pengelola Toko (PIC), alamat, nomor telpon, scan ktp untuk perorangan, copy npwp untuk badan usaha. Ongkos kirim akan ditangguhkan ke seller terlebih dahulu
  5. Jika Anda memilih Pick-Up RPX, maka jumlah pengiriman minimum adalah 5 pesanan dengan 5 tujuan yang berbeda (5 no resi).
  6. Pastikan kode booking tercetak dan tertempel pada paket pesanan.
  7. Ketika drop off di Indomaret seller harus menyebutkan bahwa seller adalah merupakan seller elevenia yang akan menggunakan layanan i-drop. Pembayaran ongkos kirim untuk layanan i-drop ini harus dilakukan seller secara langsung kepada pihak RPX. Setiap bulan RPX akan mengirimkan tagihan kepada seller berdasarkan account seller tersebut. Apabila seller ternyata belum memiliki account di RPX tapi sudah melakukan pengiriman melalui drop off di Indomaret maka team operational RPX akan menahan paket dilokasi RPX hingga seller menyelasaikan pembuatan account yang akan berdampak terhadap pengiriman paket.
  8. Batas waktu untuk drop off di Indomaret adalah jam 2100, mengingat ada jeda waktu kurang lebih 30 menit untuk proses menampilkan data nomor resi dan perubahan status emnjadi dalam pengiriman.

Perihal beberapa ketentuan jasa pengiriman RPX dengan pilihan Pick Up yaitu:

  1. Proses pick up dapat dilakukan dengan syarat minimum jumlah pesanan adalah 5 buah.
  2. Proses pick up dapat diproses dari Senin s/d Sabtu.
  • Untuk Senin s/d Jumat, pesanan dapat diproses hingga pukul 15.00 WIB.
  • Untuk hari Sabtu, pesanan dapat diproses hinga pukul 11.00 WIB.
  1. Proses pick up maksimal hari ke – 3 Anda wajib memprosesnya dari status order sedang diproses.
  2. Agar tidak terjadi pembatalan otomatis dari sistem, maka sebelum Anda memilih proses pick up harap perhatikan terlebih dahulu tanggal “Terima Pesanan” untuk setiap nomor pemesanan yang akan diproses setelah Anda mengklik button “Terima Pesanan” berarti status pesanan yaitu order sedang diproses.

Contoh:

Kamis: Terima 1 pesanan

Jumat: Terima 4 pesanan

Jika pada hari Senin depannya Anda mengklik tombol “Pick up” pada Seller Office Anda, maka tanggal pick up yang bisa Anda ajukan hanya 1 hari saja yaitu hari Selasa. Ini disebabkan sistem menghitung berdasarkan tanggal Terima Pesanan yang terlama dari seluruh nomor pemesanan yang Anda akan proses, yaitu pada hari Kamis. Sistem menghitung hari ke – 3 dan seller WAJIB memproses seluruh pesanan Anda melalui Pick Up.

  1. Seller harus mempersiapkan paket pesanan dengan rapi sebelum mengklik request Pick Up dan sebelum Kurir Pick Up datang ke lokasi Anda.
  2. Anda perlu mengatur waktu Pick-Up pesanan melalui Seller Office Anda.

Perihal beberapa ketentuan jasa pengiriman RPX dengan pilihan Drop Off di Indomaret / I-Drop yaitu :

  1. Jika Anda memilih Drop Off ke Indomaret, bawalah paket pesanan Anda dengan berat maksimum 5 Kg per order dari perhitungan terbesar dimensi yg telah ditempelkan kode booking. (Untuk mendapatkan perhitungan dimensi Panjang x Lebar x Tinggi dibagi 6000).
  2. Untuk memproses pesanan dengan pilihan Drop Off di Indomaret, tidak ada batasan minimal pesanan yang harus diproses dan sebutkan pengiriman I-Drop kepada kasir Indomaret.

*Untuk I-Drop hanya berlaku di seluruh indomaret wilayah Jawa dan Bali.

Perihal beberapa ketentuan proses pengiriman menggunakan jasa RPX dengan pilihan Drop Off dan Pick Up sebagai berikut :

  1. Seller tidak boleh melakukan penundaan pengiriman (schedule shipping).
  2. Pesanan akan dibatalkan oleh sistem apabila melewati batas waktu proses pengiriman yaitu 4 hari setelah order berada dalam status “Order Sedang di Proses”.
  3. Anda tidak dapat melakukan proses pengiriman parsial/sebagian apabila terdapat pesanan dengan satu alamat di dalam satu nomor pesanan. Untuk mencegah pesanan Anda diklaim sebagai produk tidak sampai oleh pihak Buyer.
  4. Jika terdapat klaim dari pihak Buyer, Seller dapat mengirimkan pesanan melalui RPX pada menu “Pengaturan Penukaran / Pengembalian”.
  5. Jika buyer melakukan pengajuan pembatalan maka:
  • Jika status pemesanan “Pembayaran Berhasil”:

Proses pengajuan pembatalan dapat dilakukan melalui menu “Pengaturan Pembatalan”.

  • Jika status pemesanan “Order Sedang Diproses”:
  1. Seller dapat menyetujui pengajuan pembatalan dari buyer dan memproses permintaan ini melalui menu Pengaturan Pembatalan.
  2. Jika seller menolak pengajuan pembatalan dari buyer, maka seller tidak perlu menginput nomer resi melalui Seller Office. Seller hanya perlu pilih opsi Drop Off di Indomaret/ Pick Up untuk mendapatkan nomer resi secara otomatis.
  3. Jika buyer Anda memilih asuransi, maka seller tidak bisa mengganti jenis kurir dengan pengiriman yang lain.
  4. Anda tidak dapat melakukan pengiriman dengan menggunakan excel

Cara Mendaftarkan Fitur elevenia RPX Regular:

  1. Login pada Seller Office Anda di sini.
  2. Pilih menu:
    1. Pengaturan Produk – Pengaturan Template Pengiriman
    2. Klik Pendaftaran Template Pengiriman/ Ubah Template yang telah didaftarkan
  3. Pilih Regular Service – klik button “RPX”
  4. Klik edit/kirim.

cara pendaftaran

Cara memproses pengiriman melalui RPX:

  1. Cek pesanan pada menu “Pengaturan Pesanan” dan pilih sub-menu “Pengaturan Pengiriman”.
  2. Pilih order masuk lalu klik button “Terima Pesanan” harus menerima pesanan yang memggunakan metode pengiriman RPX regular.
  3. Proses akan berubah menjadi status “Order Sedang Diproses”. Cari pesanan pada button “Cari”.
  4. Pilih no pemesanan yang berstatus “Order Sedang Diproses” kemudian pilih RPX option sesuai ketentuan yang diatas yaitu Drop Off di Indomaret / I-Drop atau Pick up
  5. Muncul kode booking RPX secara automatis lalu pilih menu “Print Out Invoice”. Cetak kode tersebut.
  6. Tempelkan kode booking yang sudah di print pada paket pesanan Anda.
  7. Untuk RPX Option : Drop Off di Indomaret, Segera datang ke indomaret dan sebutkan pilihan I-Drop ke kasir Indomaret dan sebutkan nomor akun RPX Anda yang terdaftar.
  8. Untuk RPX Option : Pick Up, Petugas RPX juga dapat datang ke lokasi Anda.
  9. Mintalah bantuan petugas untuk scan barcode pada kode booking pesanan Anda.
  10. Nomor resi akan muncul dan masuk secara otomatis di Seller Office Penjual dan My elevenia pembeli.

RPX1

RPX2

Untuk tutorial Pendaftaran Template Pengiriman, silahkan klik di sini.

Untuk tutorial Proses Order Menggunakan Fitur RPX, silahkan klik di sini.

Untuk pertanyaan lebih lanjut, seller dapat mengirim e-mail ke cs@elevenia.co.id atau daftar diri Anda untuk mengikuti sesi offline training RPX di sellerzone elevenia.

Leave a Reply