Culinary, Home /Food

Resep Tahu Bulat Kopong yang Paling Enak dan Gurih

Jangan Lupa Share ya

Tahu bulat merupakan salah satu jajanan yang sempat booming beberapa waktu lalu. Tahu ini dijual secara keliling dengan menggunakan mobil pick up yang dilengkapi dengan speaker. Speaker tersebut berfungsi sebagai pengeras suara dari lagu yang dinyanyikan oleh penjualnya. Tahu bulat ini memiliki rasa yang gurih dan enak serta harga yang sangat murah, sehingga membuat para pembelinya ingin membeli dalam porsi yang banyak.

Jajanan yang satu ini dibuat dari bahan dasar tahu putih yang dibentuk menjadi bulat seperti bola pingpong yang di dalamnya kopong dengan rasa yang gurih. Karena tekstur tahu yang tengahnya kopong atau berongga di dalam, jadi tahu bulat lebih enak apabila dinikmati selagi hangat. Oleh karena itu, para penjual tahu bulat selalu menggoreng tahunya secara dadakan. Hal ini dikarenakan tahu bulat mudah sekali kempis ketika mulai dingin.

Tahu bulat memang memiliki bentuk yang terbilang unik. karena yang kita tahu bahwa tahu goreng pada umumnya memiliki bentuk kotak dan tahu ini memiliki bentuk yang bulat dan kopong di dalamnya. Kamu pasti pernah merasa penasaran dengan bagaimana cara pembuatan tahu bulat tersebut bukan? Berikut ini merupakan resep dan trik agar tahu bulat yang kamu buat mengembang dengan sempurna.

Resep dan Trik Pembuatan Tahu Bulat

Pastikan tahu putih diremas hingga kering

Tahu bulat merupakan salah satu jajanan yang terbuat dari tahu putih. Untuk memudahkan dalam proses pembentukannya, maka tahu putih ini harus kita hancurkan dan peras airnya hingga benar-benar kering. Jika kamu membeli tahu putih ini di pasar, biasanya dibungkus dengan menggunakan kain. Kain tersebut bisa kamu gunakan untuk memeras air yang ada pada tahu putihnya. Caranya adalah dengan menghancurkan terlebih dahulu tahu putih tersebut di atas kain, kemudian bungkus dan peras tahu tersebut hingga tidak tersisa air satu tetes pun.

Tahu putih merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung banyak air. Oleh karena itu, diperas beberapa kali pun tidak akan bisa membuatnya benar-benar kering. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena selama sudah tidak ada air yang menetes maka kamu bisa mengolahnya lebih lanjut.

Gunakan kuning telur dan baking powder sebagai bahan pengembang

Sebagian besar orang mengatakan bahwa tahu bulat dapat mengembang sempurna hanya dengan menggunakan kuning telur. Hal tersebut memanglah tidak salah, selama kuning telurnya memiliki kualitas yang baik. Akan tetapi, setelah dingin nanti tahu bulat tersebut bisa kempes atau kisut. Oleh karena itu, kita perlu menambahkan sedikit baking powder sebagai bahan pengembang kedua. Jika kamu berencana menggorengnya dalam jumlah yang banyak atau tidak langsung di goreng secara dadakan, maka sebaiknya kamu menggunakan double active baking powder.

Selain kaldu bubuk, pakai bumbu halus/bubuk lain untuk citarasa

Tahu bulat memang sudah enak meski pun hanya dengan menggunakan bumbu kaldu bubuk. Akan tetapi, jika kamu ingin lebih memperkaya rasanya, kamu bisa menambahkan aneka bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya atau menggunakan bumbu berbentuk bubuk seperti bawang putih, bawang merah, merica, cabai dan yang lainnya sesuai selera kamu. setelah itu, aduk hingga bumbu tersebut tercampur rata kemudian bentuk lah tahu menjadi bulat.

Diamkan dalam freezer sebelum digoreng

Setelah dibentuk menjadi bulat-bulat, tatalah tahu tersebut di atas piring atau loyang yang telah disiapkan sebelumnya. Berikan sedikit jarak antara tahu bulat yang satu dengan yang lainnya. Kemudian masukkan ke dalam freezer dan diamkan selama 30 menit. Hal ini dilakukan agar bentuk tahu bulat bisa tetap bulat ketika dimasak. Jika terlihat sudah cukup padat, maka kamu bisa mengeluarkannya dari freezer dan menggorengnya dalam minyak panas.

Goreng tahu dengan banyak minyak dan api sedang

Tidak seperti gorengan pada umumnya yang harus digoreng dengan api yang besar, tahu bulat justru harus digoreng dengan menggunakan api yang kecil. Hal ini bertujuan agar tahu bulat yang sedang digoreng bisa mengembang secara perlahan dan tidak mudah kisut. Sebelum menggorengnya, pastikan minyak yang digunakan berjumlah banyak dan sudah panas. Kemudian masukkan tahu bulat tersebut hingga terendam.

Selama proses penggorengan, bolak-balik tahu tersebut agar matang merata dan mengembang dengan sempurna. Proses penggorengan ini berlangsung selama 10 hingga 15 menit. Akan tetapi, jika kita menggunakan api yang kecil maka akan sedikit lebih lama. Kamu bisa mengangkatnya ketika permukaan tahu bulatnya sudah berwarna kecoklatan, mengambang di permukaan dan tidak ada tanda-tanda kisut. Tahu yang sudah mengambang menandakan bahwa isi tahu tersebut sudah kopong.

Itulah resep pembuatan tahu bulat kopong yang harus kamu coba sendiri. Semoga berhasil. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply