Culinary, Home /Food, Uncategorized

Resep Susu Goreng

Resep Susu Goreng

Jangan Lupa Share ya

Susu dikenal sebagai pelengkap dari 4 sehat 5 sempurna, dikarenakan susu memiliki banyak kandungan gizi, sehingga baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Cara konsumsi susu pun semakin lama semakin bervariasi; ada yang diminum langsung, ada yang didinginkan menjadi es krim, ada yang dibuat bahan kue, dan masih banyak lagi.

Kali ini, kita akan membuat susu goreng, atau yang dikenal di Spanyol sebagai leche frita. Leche frita adalah resep hidangan yang menggunakan susu sebagai bahan utamanya dan dicampur dengan bahan lainnya, lalu digoreng. Anda pun bisa menambahkan rasa lain pada susu goreng ini. Tertarik mencoba?

Bahan Susu Goreng

Bahan Isi:

  • 300 gr susu UHT/susu sapi
  • 60 gr tepung maizena/tepung jagung
  • 50 gr gula
  • 60 ml air
  • 1 sdt ekstrak vanila

Bahan Kulit:

  • 80 gr tepung serbaguna
  • 20 gr tepung maizena
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1 sdt gula
  • 110 ml air dingin
  • 15 gr minyak sayur

Cara Membuat Susu Goreng

Langkah:

  1. Campur air dengan tepung maizena dalam satu wadah, lalu aduk hingga merata tanpa gumpalan. Sisihkan.
  2. Siapkan panci, masukan susu dan gula, aduk dengan whisk hingga tercampur.
  3. Masak susu dengan api kecil hingga gula tercampur sempurna.
  4. Setelah tercampur, masukan campuran maizena lalu aduk hingga mengental. Pastikan susu tetap teraduk agar tidak terjadi penggumpalan dan hasilnya lembut.
  5. Setelah susu mengental dan terlihat seperti krim, ganti pengaduk whisk dengan spatula karet, agar semua bagian teraduk sempurna dan tidak ada bagian yang gosong.
  6. Setelah cukup kental, angkat dan tambahkan ekstrak vanila. Aduk hingga rata. Ekstrak ini bisa diganti menjadi rasa lainnya sesuai dengan keinginan.
  7. Siapkan wadah plastik yang telah dibasahi sedikit dengan air agar adonan lebih mudah dikeluarkan. Tuang adonan dan ratakan. Tunggu sekitar 5 menit agar adonan dingin dan uap panas hilang. Tutup wadah plastik dan tempatkan adonan pada kulkas selama kurang lebih 2 jam.
  8. Saatnya membuat kulit susu goreng, campurkan tepung serbaguna, maizena, baking powder, dan gula. Aduk hingga rata.
  9. Tuang air dingin sedikit demi sedikit, sambil aduk campuran.
  10. Lalu masukan minyak sayur sambil diaduk kembali hingga mengental, lalu masukan ke dalam kulkas.
  11. Siapkan alas untuk memotong susu, taburi dengan tepung maizena agar susu tidak lengket. Letakkan adonan susu dengan perlahan. Taburi adonan susu dengan tepung maizena, lalu potong kotak-kotak. Hati-hati dalam memotong susu agar tidak merusak adonan. Lumuri tipis potongan susu dengan maizena.
  12. Panaskan minyak. Lalu masukan potongan susu ke adonan kulit hingga melapisi semua sisi.
  13. Setelah minyak panas, kecilkan api, lalu goreng potongan susu hingga berwarna kekuningan. Penggorengan pertama akan berlangsung cepat karena minyak sudah panas. Setelah berwarna kuning muda, angkat. Lakukan pada semua potongan susu.
  14. Panaskan minyak sesaat, lalu goreng kembali potongan susu di minyak yg panas. Penggorengan kedua berlangsung hingga warnanya kuning keemasan. Angkat dan tiriskan. Dilakukan 2 kali penggorengan agar bagian kulitnya lebih kering dan terasa crispy. Tiap menggoreng juga tidak boleh terlalu lama, agar minyak tidak menyerap pada kulit potongan susu.
  15. Susun susu goreng pada piring, tunggu dingin, lalu taburi gula tepung.

Anda bisa menambahkan atau mengganti rasa susu, pelengkap rasa, ataupun menambah bubuk kayu manis agar aroma susu goreng menjadi wangi. Selamat mencoba!

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply