Home /Food

Resep Selai Kacang Homemade dengan Bahan Sederhana

Jangan Lupa Share ya

Salah satu makanan pelengkap untuk menghidangkan roti tawar adalah selai kacang dengan perpaduan rasa gurih dan manisnya yang khas. Selain yang menjadi favorit bagi sebagian orang ini tidak hanya enak akan tetapi juga memiliki kandungan gizi tinggi. Bukan hanya dapat dipadukan dengan roti tawar saja, selai kacang juga dapat diolah menjadi makanan lezat lainnya.

Seperti topping aneka makanan, perasa cookies, isian bolu gulung, dicampurkan ke dalam banana smoothie, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, tidak heran jika ibu rumah tangga menyediakan selain ini di rumah. Namun, terkadang persediaan yang telah dipersiapkan tersebut tidak terasa akan cepat habis.

Agar dapat mengkonsumsi selai kacang dengan bugdet yang lebih ditekan maka dapat dilakukan dengan membuatnya sendiri dirumah. Selain lebih murah, pembuatan selain kacang juga dapat dilakukan dengan sangat mudah dan praktis. Adapun cara untuk dapat membuat selai kacang homemade yang mudah dapat dipahami melalui beberapa ulasan dibawah ini.

Bahan untuk Membuat Selai Kacang


Kelebihan lain dari selai kacang yang dibuat sendiri adalah dapat memilih bahan-bahan sesuai dengan selera. Berdasarkan hal tersebut, bahan utama yang digunakan dapat mengedukasi budget atau selera seperti kacang tanah, mede, hingga almond. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengkombinasikan bahannya untuk dapat bereksperimen menemukan rasa baru yang lebih nikmat.

Takaran gulanya juga dapat menyesuaikan selera dan akan lebih sehat karena tanpa adanya penambahan bahan pengawet. Dalam hal ini, resep yang disebutkan merupakan resep standar dan kamu dapat mengganti bahan atau takarannya sesuai selera. Adapun bahan yang dibutuhkan dalam hal ini yaitu terdiri dari 425 gram kacang tanah tanpa kulit (lebih disarankan versi organik).

Kamu dapat mengganti kacang atau mengkombinasikannya dengan jenis kacang lainnya sesuai dengan selera. Bahan lainnya yaitu 1/4 sendok teh garam alami seperti rock salt atau garam organik Bali. Untuk bahan pemanis dapat digunakan 1 sendok makan madu atau 20 gram gula merah.

Agar tekstur selai lebih creamy, terdapat bahan lain yang digunakan yaitu 1 setengah sendok teh minyak kacang tanah, minyak zaitun atau minyak sayur. Berdasarkan resep tersebut, penggunaan dari madu dan minyak zaitun dapat dijadikan pilihan apabila menginginkan selai kacang yang lebih sehat.

Cara Membuat Selai Kacang


Setelah mengetahui resepnya, maka hal selanjutnya yang harus diketahui adalah tentang cara pembuatannya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tentu menyiapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Kamu dapat memilih bahan dan menakarnya sesuai dengan selera.

Setelah semua bahan dan alat sudah dipersiapkan, maka langkah selanjutnya adalah mengolah bahan utama. Bahan utama dalam hal ini adalah kacang tanah atau jenis kacang lainnya yang kamu siapkan sebelumnya. Dalam hal ini, pengolahan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu digoreng atau dipanggang.

Pilih cara tersebut sesuai dengan kemampuan dan peralatan yang kamu miliki. Akan tetapi, apabila menginginkan hasil dengan kacang yang mengandung kalori lebih rendah dan sehat. Maka proses yang lebih baik digunakan adalah dengan cara dipanggang. Pada proses ini, hasil pengolahan nantinya dapat mempengaruhi warna selai yang sudah jadi.

Adapun warna yang dapat dihasilkan adalah goreng atau panggang hingga warnanya berubah menjadi kuning keemasan. Jika menginginkan warna yang lebih gelap maka kamu dapat mengolah bahan hingga menjadi warna kuning kecoklatan.

Jika sudah diolah maka langkah selanjutnya adalah mencampurkan semua bahan menjadi satu. Namun pastikan bahan utama yang diolah sebelumnya ditunggu hingga suhunya mendingin terlebih dahulu. Kemudian campuran semua bahan dimasukkan kedalam blender atau food processor dan proses hingga menjadi halus.

Kamu dapat menggunakan kekuatan paling tinggi dari alat untuk dapat membuat penghalusannya menjadi lebih optimal. Akan tetapi, pastikan juga bahwa alat yang kamu gunakan benar-benar mampu untuk menghaluskan semua bahan. Apabila pada proses penghalusan tersebut alat yang digunakan tersendat maka matikan sebentar.

Kemudian aduk adonan secara manual dan lanjutkan proses penghalusan kembali menggunakan alat hingga tekstur yang diharapkan sudah dicapai. Jika dirasa sudah benar-benar halus, pindahkan adonan ke dalam wadah kaca, jar, atau toples kaca dan tutup rapat-rapat. Kamu dapat langsung mengkonsumsinya dengan roti tawar atau untuk kebutuhan makanan lainnya.

Jika memungkinkan, simpan selai kacang yang sudah jadi tersebut ke dalam kulkas agar dapat tahan lebih lama. Dalam hal ini, jika dilakukan penyimpanan dengan baik, selai kacang homemade ini dapat bertahan sekitar satu bulan lamanya.

Itulah langkah-langkah dalam membuat selai kacang homemade yang sangat sederhana dan dengan harga lebih terjangkau. Melalui cara diatas kamu dapat membuat selai kacang kapan saja dan dapat mengkonsumsinya dengan lebih sehat tentunya.

BACA JUGA! REKOMENDASI MEREK SELAI KACANG PALING ENAK

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply