Beauty & Health

Rekomendasi Obat Bau Kaki di Apotik  

Rekomendasi-Obat-Bau-Kaki-di-Apotik[1]

Jangan Lupa Share ya

Bau kaki menjadi salah satu permasalahan yang sering kali mengganggu dan membuat kita akan merasa tidak nyaman. Bahkan tak jarang akan sangat mengganggu orang di dekat kita. Bau kaki umumnya karena beberapa hal, salah satu nya parasit yang menempel pada permukaan kulit kaki. Apalagi kaki yang terbiasa tertutup karena diharuskan memakai sepatu.

Kaki akan sangat mudah bau juga apabila kaki mudah berkeringat namun sepatu yang digunakan tidak dapat menyerap keringat dengan baik. Maka dari itu, jangan heran jika bau kaki akan keluar saat anda melepas sepatu setelah penggunaannya yang cukup lama.

Faktor Penyebab Bau Kaki


Bau kaki akan sangat mengganggu, dan membuat seseorang akan menjadi tidak percaya diri. American Chemical Society menjelaskan bahwa bau kaki muncul akibat parasit atau bakteri yang memakan keringat pada kaki dan memproduksi zat asam yang memunculkan aroma tidak sedap. Adapun faktor penyebab mengapa kaki akan beraroma tidak sedap lebih jelasnya simak ulasan berikut.

Rekomendasi-Obat-Bau-Kaki-di-Apotik[1]Secara biologis, tubuh manusia memiliki kelenjar yang memproduksi keringat. Fungsi keringat ini adalah guna menurunkan suhu tubuh ketika cuaca panas atau suhu badan meningkat. Adapun beberapa bagian dari tubuh yang memiliki konsentrasi kelenjar keringat yang lebih tinggi adalah leher, ketiak, lipatan badan dan termasuk salah satunya kaki.

Keringat pada kadarnya sama sekali tidak memiliki bau, namun keringat merupakan faktor yang berperan besar menyebabkan bau kaki. Kendati telah memakai sepatu bersamaan dengan kaos kaki tidak akan mengurangi bau kaki. Justru akan menyebabkan kekurangan ruang bernafas bagi kulit. Itulah mengapa saat berkeringat kaki akan mudah lembab yang menyebabkan bakteri mudah menetap dan berkembang hidup di dalamnya.

Kemudian bakteri akan berkumpul dan mengeluarkan gas berbau menyengat yang menyebabkan bau tidak sedap. Adapun gas yang dihasilkan oleh bakteri pada kaki ada tiga yaitu propanoic acid, methanethiol dan isovaleric acid.

Menghilangkan Bau Kaki yang Ampuh


Menghilangkan bau kaki dapat dikatakan cukup sulit, apalagi hal ini berkaitan dengan sel kulit mati,bakteri dan keringat. Cara termudah guna meminimalisir Anda disarankan untuk mencuci kaki dengan sabun antibakteri secara teratur. Cara lain adalah mengganti penggunaan kaos kaki yang selesai digunakan dan pilihlah kaos kaki jenis kain katun.

Baca juga: Tips Atasi Bau Sepatu dan Kaki yang Mengganggu

Ada juga dengan cara mengelupaskan sel kulit mati dengan scrub secara teratur atau menyemprotkan deodoran atau obat bau kaki. Cara-cara di atas adalah cara untuk meminimalisir bau pada kaki. Adapun pengobatannya adalah dengan obat bau kaki. Jenis dan merk obat bau kaki di apotik pun bermacam-macam, beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

  • Erythromycin

Merupakan salah satu jenis obat oral yang tergolong obat antibiotik. Obat ini cukup umum dijumpai di Apotik. Erytromcyn sangat ampuh melawan bakteri dalam tubuh. Jenis obat inipun tersedia dalam bentuk kapsul, obat oles, gel serta cairan injeksi. Bekerja guna menghambat dan mematikan bakteri termasuk diantaranya adalah bakteri penyebab bau kaki. Dengan mengkonsumsi obat ini secara teratur dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri.

  • Clindamycin

Berikutnya ada Clindamycin yang juga merupakan salah satu jenis obat bau kaki di apotik yang dapat mengatasi bau keringat akibat bakteri tertentu. Anda dapat membelinya di apotik-apotik terdekat namun untuk mendapatkannya harus dengan resep dari dokter. Obat ini pun memiliki beragam bentuk mulai dari kapsul untuk diminum, larutan kumur, obat oles, gel, pelembab juga berupa krim. Obat ini cukup banyak pemakaiannya di rumah sakit sebagai salah satu penghambat pertumbuhan bakteri dalam tubuh.

  • Chlorhexidine 0.05 Percent

Salah satu jenis obat antiseptik yang banyak direkomendasikan sebagai obat minum sekaligus oles pada kulit secara langsung adalah chlorhexidine. Selain sebagai obat pada kulit, jenis obat ini juga sering digunakan oleh dokter gigi terutama untuk mengobati gingivitis. Di rumah sakit obat ini sering kali digunakan sebagai desinfektan untuk dokter ketika akan melakukan perawatan. Pemakaian obat ini pada kulit secara langsung juga bermanfaat untuk membunuh bakteri atau kuman yang menyebabkan bau badan termasuk kaki.

  • Aluminium Klorida

Obat bau kaki di apotik berikutnya adalah aluminium klorida yang berbentuk perspirant yang dapat digunakan untuk mengontrol keringat berlebih dan penyebab bau. Dalam proses kerjanya, obat ini akan merubah sel-sel keringat untuk kemudian memproduksi keringat menjadi lebih sedikit. Paling efektif saat penggunaannya adalah saat sebelum tidur karena kelenjar keringat paling aktif saat seseorang sedang tidur.

Nah, itulah tadi beberapa obat bau kaki di apotik yang paling dianjurkan sebagai pengobatan. Adapun mencegahnya rutinlah mengganti kaos kaki, mengeringkan sepatu juga mencuci kaki dengan antiseptik secara rutin. Sekian ulasan info kali ini dan semoga bermanfaat!

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply