Seller Stories

Praktisnya elevenia JNE JOB

Blog-JOB-JNE_280316

Halo Seller elevenia!

Blog elevenia mau nanya nih, pernah ga sih kalian mengidamkan pengiriman barang bisa lebih cepat tanpa harus repot memasukan nomer resi secara manual?

Well, kali ini elevenia mempunyai solusi untuk Anda! Pernah dengar tentang JNE JOB? JOB merupakan singkatan dari JNE Online Booking dimana para seller yang menggunakan jasa JNE, tidak perlu lagi memasukan nomor resi secara manual melalui Seller Office elevenia.

Anda hanya perlu membawa kode booking saat menerima order yang bisa diunduh di halaman “Print Out Invoice” di Seller Office elevenia. Setelah itu, tempelkan kode booking yang sudah di print pada paket pesanan Anda. Di counter JNE, mintalah bantuan petugas untuk memindahkan barcode pada kode booking pesanan Anda. Nomer resi akan masuk secara otomatis ke akun Seller pada Seller Office dan ke halaman My elevenia pada Buyer.

Untuk para seller yang tertarik menggunakan JNE JOB, ada beberapa hal yg harus diperhatikan bila seller yang menggunakan fitur JOB yaitu:

  1. Seller tidak bisa melakukan penundaan pengiriman (schedule shipping).
  2. Jika buyer melakukan pengajuan pembatalan maka:
  • Ketika status pemesanan berupa pembayaran berhasil, proses pengajuan pembatalan dapat dilakukan melalui menu “Pengaturan Pembatalan”.
  • Ketika status pemesanan berupa “order sedang diproses” maka:

a. Seller dapat menyetujui pengajuan pembatalan dari buyer, maka seller dapat memproses permintaan ini melalui menu pengaturan pembatalan.

b. Jika seller menolak pengajuan pembatalan dari buyer, maka seller tidak perlu menginput nomer resi melalui seller office. Seller hanya perlu datang ke lokasi JNE online untuk mendapatkan nomer resi secara otomatis.

3. Jika buyer Anda memilih asuransi, maka seller tidak bisa mengganti jenis kurir pengiriman yg lain.

Untuk lebih lengkapnya, silakan baca “How to” berikut ini:

Cara mendaftarkan fitur elevenia JNE JOB

Anda dapat mendaftarkan fitur ini pada menu pengaturan template pengiriman versi desktop seller office Anda.

  1. Login akun Penjual di sini (http://soffice.elevenia.co.id/login.do?flagDC=Y)
  2. Pilih menu Pengaturan Produk – Pengaturan Template Pengiriman – klik Pendaftaran Template Pengiriman/ Ubah Template yang telah didaftarkan
  3. Pilih Regular Service/ Express Delivery – klik button “JNE Online Booking”
  4. Klik edit/kirim.

JNE JOB3

Ingin tahu cara pendaftaran template pengiriman, silahkan klik di sini.

Cara memproses pengiriman melalui JNE JOB

  1. Silahkan cek pesanan pada menu pengaturan pesanan – pilih submenu pengaturan pengiriman.
  2. Centang order masuk lalu klik button “Terima Pesanan”.
  3. Proses akan berubah menjadi status “Order Sedang Diproses” dan cari pesanan pada button “Cari”.
  4. Centang order masuk yang telah Anda pilih lalu klik button “Dalam Pengiriman”.
  5. Maka jenis kurir pengiriman JNE akan berubah menjadi JOB dan kode JNE secara automatis muncul dengan pilih menu “Print Out Invoice” dan cetak kode tersebut.
  6. Tempelkan kode booking yang sudah di print pada paket pesanan Anda.
  7. Segera ke counter JNE dan minta bantuan petugas untuk memindahkan barcode pada kode booking pesanan Anda.
  8. Nomor resi akan muncul dan masuk secara otomatis di Seller Office Penjual dan My elevenia pembeli.

JNE JOB2job

Yuk, Cari tahu proses pengiriman melalui JNE JOB, silahkan klik di sini.

**Mohon perhatikan bahwa, JOB ditujukan bagi para seller yang akan mengirimkan paketnya di counter JNE online. Fitur ini tidak berlaku untuk seller yang meminta paket untuk diambil atau di pick up di lokasi seller/

Ingat:
Silakan pergi ke counter JNE terdekat untuk mengetahui counter JNE yang telah didukung sistem JOB ini. Fitur ini hanya bisa digunakan untuk jasa kurir pengiriman JNE.

Jika Anda memilih JOB, namun terkendala counter JNE yang sedang tutup atau sistem yang gagal, maka Seller harus memilih counter JNE online lainnya. Hal ini perlu dilakukan karena pesanan akan dibatalkan oleh sistem apabila melewati batas waktu proses pengiriman yaitu 4 hari setelah order berada dalam status “order sedang di proses”.

Untuk list agen JNE yang terdapat sistem JOB silahkan cek disini.

Untuk tutorial lengkap template pengiriman JNE JOB, silakan klik di sini.

Untuk tutorial lengkap proses pengiriman pesanan melalui JNE JOB, silakan klik di sini.

Nah…jika para seller elevenia masih bingung, kalian bisa telefon CS kami 021 1500 211 atau e-mail di cs@elevenia.co.id

Selamat mencoba seller elevenia!

Share

Comments 1

  1. raoda

    sudah melakukan langkah diatas tapi tetap ga bisa muncul no JOB nya..

    Reply

Leave a Reply