Gadget & Photography

Polaroid Camera Untuk Generasi Instagram

Polaroid SocialmaticPolaroid Camera (Kamera Polaroid) atau lebih dikenal dengan kamera langsung jadi adalah model kamera yang dapat mencetak foto sendiri di dalam badan kamera setelah dilakukan pemotretan. Polaroid camera ini menggunakan film khusus yang dinamakan film polaroid.

Menurut sejarahnya polaroid camera atau kamera gambar seketika jadi ini dirancang pertama kalinya oleh Edwin Land dari perusahaan Polaroid dan dipasarkan sejak tahun 1947. Nama Polaroid sendiri sebenarnya adalah merek dagang, seperti orang menyebut semua pasta gigi dengan nama Odol, atau orang menyebut sepeda motor dengan nama Honda.

Impian pecinta polaroid camera untuk bisa berbagi hasil foto di sosial media kini menjadi kenyataan. Polaroid camera tersebut hadir di CES 2014; Polaroid memperkenalkan kamera Polaroid Socialmatic yang berbasis Android terbarunya. Produk polaroid camera ini memiliki bentuk mirip ikon Instagram. Ikon Instagram sendiri memang mengambil inspirasi dari kamera Polaroid tempo dulu.

Untuk memudahkan navigasi, kamera yang berbentuk kotak ini dilengkapi dengan layar sentuh LCD berukuran 4,5 inci dan mengusung kamera depan dengan resolusi 14 MP dan kamera belakang 2 MP. Layar sentuh 4,5 inci di bagian belakang Socialmatic memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan foto-foto mereka.

Selain melihat gambar Socialmatic yang menjalankan OS Android juga memungkinkan pengguna untuk mengunci foto yang mereka upload  ke sejumlah jaringan sosial yang berbeda  dan kode QR yang tertanam dalam tiap foto yang yang diambil melalui polaroid camera Socialmatic ini yang memungkinkan pengguna untuk melacak gambar mereka yang sudah diupload ke web.

Untuk mempermudah berbagi foto ke sosial media, kamera polaroid Socialmatic ini dilengkapi dengan WiFi dan Bluetooth. Untuk menyimpan koleksi foto, tersedia memori internal 4GB dan slot micro SD.

Untuk menghormati kamera polaroid yang asli versi digital ini juga memiliki printer Zero Ink (ZINK) yang mampu mencetak foto dalam kertas berjenis stiker berwarna dengan ukuran 2×3 dalam waktu kurang dari satu menit. Fitur ini mirip dengan kamera polaroid biasa. Bedanya, pengguna tidak perlu mengibaskan kertas hasil foto agar cepat kering. Hasil cetak dari foto polaroid camera Socialmatic ini diklaim antiair.

Selain polaroid camera Socialmatic sendiri, Polaroid juga mengeluarkan beberapa case dan faceplates untuk kamera polaroid, yang bertujuan untuk meniru desain asli tahun 1960-an dan berbagai aksesoris yang memiliki nuansa kamera Polaroid pertama . Tampilan case dan faceplates yang berbeda akan memungkinkan pemilik polaroid camera Socialmatic untuk memilih desain yang mereka suka untuk kamera polaroidnya.

Polaroid sendiri mengatakan bahwa polaroid camera Socialmatic akan keluar akhir tahun ini dan akan dijual dengan harga bawah US$ 300.

Tertarik membelinya?

Share

Leave a Reply