Sports /Hobi /Otomotif

Pilih Pertalite atau Pertamax? Inilah Perbedaan Pertalite dan Pertamax!

Jangan Lupa Share ya

Apa kamu bingung saat akan memilih antara Pertalite atau Pertamax? Kedua bahan bakar ini memiliki harga yang tidak jauh berbeda, namun masih banyak dari pengguna yang tidak mengetahui mana yang lebih baik di antara keduanya.

Pertamina telah meluncurkan jenis bahan bakar baru yang disinyalir memiliki kualitas yang lebih baik daripada Premiun dan memiliki harga lebih rendah daripada Pertamax. Namun masih banyak pengguna yang kebingungan, apakah Pertalite memiliki kualitas yang sama dengan Pertamax? Mana yang lebih bagus di antara keduanya?

Hadir di tengah Premium dan Pretamax, Pertalite memberikan pilihan lebih baik kepada pengguna yang ingin kualitas lebih baik untuk kendaran mereka. Ada sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh Pertalite, seperti di bawah ini:

  • Lebih ramah lingkunga dan lebih bersih, RON 90.
  • Tak mengandung timbal dan juga punya kandungan sulfur maksimal 0,05 persen m/m atau jumlah tersebut setara dengan 500 ppm.
  • Warna tampak lebih jernih.
  • Harga cenderung lebih murah.
  • Tidak ada campuran pewarna.
  • Terdapat kandungan Zat Aditif seperti Anti karat, demulsifier atau pembersih dan zat penjaga kemurnian BBM dari air.

Kelebihan dia atas menunjukkan bahwa Pertalite sengaja dihadirkan untuk memberikan pilihan lain bagi konsumen. Terutama mereka yang ingin mengganti Premium dengan Pertamax namun tidak jadi karena perbedaan harga yang terlalu jauh. Pertalite sudah jelas memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan Premiun, namun apakah Pertamax kualitasnya lebih baik dibandingkan dengan Pertamax?

Sebelum menentukan mana yang lebih baik di antara keduanya, kita tentu harus tahu terlebih dahulu bagaimana dengan kelebihan dari Pertamax itu sendiri. Seperti yang diketahui, Pertamax merupakan bahan bakar berkualitas sedang yang memiliki kualitas lebih baik dibandingkan Premium. Pertamax ini dihadirkan untuk kompresi mesin di atas 10:1 sampai 10,9:1. Bahan bakar ini berada di bawah Pertamax Plus sebagai kualitas unggulan. Ada sejumlah kelebihan dari Pertamax yang harus kalian ketahui di antaranya:

  • Oktan lebih tinggi, Ron 92.
  • Terkandung Zat Aditif seperti pembersih dan zat penjaga kemurnian BBM dari air (DEmulsifier) dan juga anti karat.
  • Tidak mengandung timbal dan tidak ditambahkan campuran pewarna.

Pertalite vs Pertamax

Nah setelah mengetahui kelebihan dari masing-masing, kita akan membandingkan mana yang lebih baik di antara keduanya. Untuk membandingkan antara keduanya, kita harus membandingkan sejumlah data dari kedua bahan bakar ini:

Nilai Oktan

Dalam bahan bakar Pertalite, nilai oktannya adalah 90. Nilai tersebut di atas Premium yang hanya 88. Sementar untuk Pertamax hadir lebih baik dengan nilai oktan 92. Pertamax jelas unggul dalam nilai oktannya. Kemampuannya tentu akan lebih baik.

Warna

Jenis-jenis bahan bakar yang dikeluarkan oleh Pertamina memiliki warna yang berbeda. Untuk Pertalite punya warna hijau terang, sedangkan Pertamax memiliki warna dengan biru kehijauan. Perbedaan warna tersebut sangat mudah untuk dikenali.

Kecocokan

Pertalite sendiri diciptakan untuk pengguna yang memiliki kendaraan dengan perbandingan kompresi mesin antara 9,0:1 sampai 10,0;1. Sedangkan untuk Pertamax diperuntukkan bagi kendaraan dengan perbandingan kompresi mesin antara 10,1;1 sampai 11,0;1.

Harga

Dari segi harga, sudah jelas Pertalite memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan Pertamax. Pertalite dijual dengan harga Rp 8.000 sementara untuk Pertamax dijual dengan harga Rp 9.700. Perbandingan harga keduanya bisa dibilang tidak terlalu jauh, tapi tidak terlalu dekat juga. Perbedaan Rp 1.700 untuk satu liter bahan bakar tentu cukup lumayan bukan?

Lalu Lebih Bagus Mana?

Itulah inti dari penjelasan di atas, mana yang lebih bagus dari Pertalite dan Pertamax. Ada sejumlah poin yang paling mendasar untuk memilih di antara keduanya;

  • Sesuai dengan keadaan kantong.

Pertamax dan Pertalite sendiri sebenarnya diciptakan untuk membedakan kualitas dan juga untuk memberikan varian harga dari Pertamina. Setelah beredar di pasaran, sudah hak pengguna untuk menentukan mana yang terbaik untuk mereka, dan mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

  • Sesuai dengan spesifikasi kendaran

Seperti penjelasan di atas, kedua bahan bakar ini diciptakan dengan kecocokan yang berbeda terhadap kompresi mesin kendaraan. Hal ini tentu sudah dijelaskan di atas. Penggunaan bahan bakar ini memang sangat penting untuk memperhatikan kecocokan antara kompresi mesin dengan bahan bakar. Jika terlalu rendah, maka akan berkurang tenaganya. Namun jika terlalu tinggi, tidak akan maksimal.

Nah, yang jelas semuanya tergantung dari kebutuhan dan kantong kamu. Namun jika dilihat dari kualitas, dalam beberapa poin Pertamax memang lebih unggul. Namun bila tidak sesuai dengan spesifikasi mesin tentu saja tidak akan maksimal. Untuk itu, tidak ada yang lebih bagus atau pun kurang bagus. Sebab, keduanya diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply