MEDIA ROOM

Pesona Batik Indonesia: Dukungan Sekaligus Pekerjaan Rumah Elevenia dalam Mengembangkan UMKM Batik di Indonesia

Jangan Lupa Share ya

 

 

Jakarta, 29 September 2016 – elevenia tidak pernah kehilangan semangat untuk mendorong para pengusaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masuk ke dalam transaksi jual beli online (e-commerce), termasuk di dalamnya usaha batik yang menjadi salah satu primadona di bisnis fesyen Indonesia karena pesonannya. Dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional, elevenia melaksanakan program Pesona Batik Indonesia, sebagai wujud dukungan elevenia terhadap UMKM batik yang telah bergabung menjadi sellernya.

Industri batik merupakan industri unggulan di Indonesia. Dengan mengembangkan industri batik, kita bisa turut mengembangkan perekonomian nasional Indonesia. Sampai dengan awal tahun 2016, Kementerian Perindustrian menyampaikan bahwa jumlah UMKM batik di Indonesia tercatat mencapai 49.000 unit usaha dengan pengrajin batik di Indonesia mencapai 200 ribu orang atau 20% dari total UKM tekstil nasional. “Jika dibandingkan dengan jumlah seller batik yang terdaftar di elevenia saat ini, maka peluang sekaligus pekerjaan rumah elevenia masih sangat luas dalam tujuannya mengajak UMKM batik nasional untuk bergabung ke dalam e-commerce.” Jelas Madeleine Ong De Guzman – Chief Marketing Officer elevenia.

Dalam mencapai tujuan ini, elevenia senantiasa membuat program-program yang bisa menjadi magnet bagi seller maupun buyer sebagai 2 elemen penting dalam proses jual beli online. Dengan meningkatnya jumlah buyer, maka akan meningkatkan minat calon seller, dalam hal ini pengrajin batik, untuk bergabung di elevenia. Sebaliknya, dengan makin banyaknya seller yang bergabung, maka buyer akan memiliki lebih banyak pilihan batik untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Di sisi lain, pembeli batik di elevenia tersebar sampai ke penjuru nusantara seperti Bulu Kumba di Sulawesi Selatan, Luwu Utara di Sulawesi Utara, Malinau di Kalimantan Utara, Manggarai di NTT, Mukomuko di Bengkulu, Gorontalo dan Banda Aceh. Hal ini menunjukan bahwa dengan e-commerce pelaku UMKM memiliki peluang untuk memperluas wilayah penjualan mereka dengan mudah.

Kali ini, dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober, elevenia memiliki program Pesona Batik Indonesia yang dilaksanakan untuk meningkatkan penjualan para seller batik di elevenia yang adalah juga pelaku UMKM Batik, sekaligus menjadi magnet bagi buyer untuk berbelanja batik secara online. Pada perayaan Hari Batik, biasanya pedagang batik meraup keuntungan yang lebih dibanding dengan hari-hari biasa. Tentunya elevenia ingin memberikan sensasi yang sama kepada seller batiknya melalui program ini.

Pada program Pesona Batik Indonesia yang diadakan selama tanggal 26 September – 7 Oktober 2016, elevenia memberikan diskon hingga 60% untuk setiap barang pilihan elevenia dengan tambahan diskon sebesar 20% menggunakan e-voucher. Maksimum diskon yang bisa dinikmati oleh buyer adalah sebesar Rp100.000,-. Elevenia menyediakan berbagai macam pilihan batik untuk pria, wanita, dan anak-anak, termasuk juga aksesoris-aksesoris bertema batik yang menarik, seperti sepatu, tas, dompet, bahkan casing untuk handphone.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply