MEDIA ROOM

Pergeseran Perilaku Konsumen dalam Melakukan Transaksi Online

Jangan Lupa Share ya

Peningkatan Transaksi dengan Internet Banking yang Mencapai 34% dan Potensi Online Payment Point untuk Memperkuat Sistem Pembayaran di elevenia

Jakarta, 23 November 2016 – Tren teknologi yang semakin meningkat membuat banyak orang menggunakan internet untuk berkomunikasi, berbelanja, dan melakukan pembayaran melalui internet. Tingginya minat masyarakat akan belanja online secara otomatis membuat e-commerce menyediakan berbagai metode pembayaran demi mengakomodasi segala transaksi yang terjadi. Selama 2016, elevenia mencatat bahwa pembayaran dengan internet banking memberikan kontribusi paling besar yakni 34%, sedangkan system online payment point sebagai sistem pembayaran terbaru di elevenia, berhasil memberi kontribusi sebesar 11%. Di sisi lain, elevenia juga menemukan pergeseran perilaku konsumennya, dimana sistem internet banking lebih diminati dibanding dengan transfer bank dan pembayaran melalui ATM.

Internet banking memang masih menjadi sistem yang paling dipilih oleh konsumen kami. Hal ini karena tren pembayaran melalui internet yang semakin meningkat dan ditunjang juga dengan produk jasa keuangan yang semakin bervariasi. Tetapi untuk masyarakat yang masih belum menggunakan sistem ini, kami sediakan alternatif pembayaran lain dengan sistem online payment point melalui POSPAY dan Indomaret.”  Jelas Madeleine Ong de Guzman – Chief Marketing Officer elevenia.

Baru-baru ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat bahwa jumlah masyarakat di Indonesia yang sudah menyimpan uangnya di bank baru mencapai 34,8%. Angka tersebut masih jauh lebih rendah dibandingkan negara tetangga lainnya di Asia Tenggara yang sudah mendekati angka 50%. Dengan kata lain, masih banyak orang yang memilih untuk melakukan pembayaran secara tunai[1]. Maka dari itu, elevenia pun merasa perlu memperlebar sistem pembayaran mereka dengan membuka sistem pembayaran tunai melalui system online payment point.

Elevenia memulai kemitraannya dengan POSPAY dan Indomaret pada pertengahan tahun ini dan sejak saat itu, sistem ini sudah memberikan kontribusi sebesar 11% terhadap keseluruhan transaksi di elevenia di tahun 2016. Hal ini menjadi fakta bahwa demand akan e-commerce semakin meningkat. Pembayaran dengan online payment point melalui Indomaret dan POSPAY akan sangat menguntungkan bagi masyarakat karena konsumen tidak diharuskan memiliki rekening bank jika ingin melakukan pembayaran.

Elevenia sendiri yakin untuk bekerjasama dengan POSPAY dan Indomaret karena keduanya telah memiliki jaringan yang tersebar hingga ke pelosok Indonesia. Hal ini sekaligus menjawab tantangan akan kurangnya kesadaran masyarat untuk memiliki rekening bank sebab banyak di antara mereka yang merasa kesulitan untuk bisa datang ke kantor bank karena jumlahnya yang tidak banyak di daerah pelosok.

Selain online payment point melalui POSPAY dan Indomaret, metode internet banking masih menjadi metode yang paling diminati oleh pelanggan. Jika dibanding dengan tahun lalu, sistem ini masih berkontribusi sebesar 21% saja tetapi tahun ini meningkat menjadi 34% dari total transaksi yang ada di elevenia. Elevenia juga menemukan fakta bahwa telah terjadi pergeseran cara pembayaran pada orang-orang yang memiliki akun bank, dimana internet banking lebih diminati daripada transfer bank maupun pembayaran melalui ATM. Penetrasi sistem internet banking yang tinggi di kota besar menjadi salah satu penyebab sistem ini menjadi juara di antara sistem pembayaran lain yang ada. Dalam menyelenggarakan sistem internet banking, elevenia bekerjasama dengan dua perusahaan perbankan besar di Indonesia yakni BCA melalui layanan BCA Klikpay dan Klik BCA, juga Bank Mandiri melalui Mandiri clickpay.

Perkembangan lainnya datang dari metode pembayaran e-money atau electronic money. Walaupun secara keseluruhan penetrasi e-money di masyarakat masih tergolong rendah, namun elevenia mencatat bahwa pembayaran menggunakan e-money di elevenia mulai meningkat. Elevenia telah bermitra dengan 4 jaringan e-money, yakni XL Tunai, Indosat Dompetku, T-Cash dari Telkomsel, dan Mandiri e-cash dan berharap untuk bisa menambah lagi mitra baru di waktu yang akan datang.

“Kami berusaha untuk memberikan langkah paling mudah dan sederhana kepada konsumen. Tidak hanya harga terbaik dan produk berkualitas, namun juga kemudahan layanan pada konsumen menjadi satu nilai penting bagi kami sebagai penyedia layanan marketplace.” ujar Madeleine Ong de Guzman – Chief Marketing Officer elevenia.

[1] https://finance.detik.com/moneter/d-3333297/baru-348-orang-indonesia-punya-rekening-di-bank

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply