Gadget /Komputer

Perbedaan yang Harus Diketahui Antara Mysql dan Mysqli

Kamu mungkin sudah tahu bahwa mysql extension yang lama sudah deprecated di PHP atau bisa dibilang sudah tidak mendapat support lagi dari PHP, besar kemungkinan mysql extension akan dihapus keberadaannya. PHP menyarankan kita untuk bermigrasi menggunakan yang terbaru yaitu mysqli extension atau PDO extension. Untuk itulah sebelum kita memulai untuk membuat sebuah web dengan PHP mysqli extension, akan lebih baik kita harus tahu dulu perbedaan antara keduanya.

Di sini kita akan membahas tentang perbedaan antara mysql extension yang sudah deprecated dengan versi yang paling anyarnya, yaitu mysqli. Sebelum itu juga kita harus tahu jika mysqli extension menghadirkan dua jenis ‘rasa’, yaitu procedural style dan juga object oriented style.

Perbedaan yang Harus Diketahui Antara Mysql Extension dan Mysqli Extension

Sebenarnya sebagai dasar kita tetap harus mempelajari fungsi dari mysql extension, seperti mysql_connect, msyql_fetch_array, dan mysql_query. Meski sudah tidak dasarankan lagi namun dasar tersebut akan memudahkan kita untuk mempelajari atau masuk ke extension yang lebih baru, yaitu msqli extension dan PDO.

Mysql extension sendiri sudah tidak lagi disarankan dan berstatus deprecated semenjak PHP versi 5.5. Bahkan mungkin keberadaannya nanti hanya tinggal kenangan karena kemungkinan PHP akan menghapus keberadaannya tanpa jejak. Untuk itulah kita disarankan untuk berhijrah ke model yang lebih anyar yaitu mysqli extension atau PDO. Sebelum membahas versi lama, akan lebih baik kita membahas mysqli lebih dulu.

Mysqli adalah sebuah singkatan dari MySQL Improved Extension. Kita bisa langsung menebak dari namanya, jika ekstension yang satu ini merupakan sebuah versi yang lebih baik karena sudah mendapatkan penambahan dan perbaikan dari versi sebelumnya. Sebenarnya muncul versi baru ini untuk mendukung sejumlah fitur baru yang muncul dari MySQL Server sejak versi 4.1 ke atas.

Jika dilihat secara keseluruhan, tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok di antara mysql extension dan mysqli extension. Nama-nama dan fungsi yang ada di dalam mysqli extension sebagian besar serupa dengan apa yang sudah dipelajari di extension mysql.

Salah satu contoh dari banyaknya persamaan yang bisa temukan adalah untuk membuat koneksi dengan MySQL Server. Pada mysql kita akan menggunakan fungsi mysql_connect (), sementara di versi yang terbaru atau mysqli, kita akan menggunakan mysqli_connect(). Hal ini berlaku untuk fungsi lainnya seperti mysql_query() berubah menjadi mysqli_query(). Ya, fungsinya sama saja, kamu hanya perlu menambah “i” di belakang nama fungsi.

Hal inilah mengapa kamu harus mempelajari terlebih dulu dasar-dasar fungsi dari mysql yang dulu, karena fungsi yang akan kamu temukan di versi yang teranyar tidak akan berbeda dari versi terdahulu. Dengan begitu kamu tidak akan kesulitan dalam mempelajari versi terbarunya.

Tak hanya dengan mengambah huruf “i” dalam nama fungsi, kamu juga akan menemukan sejumlah argumen-argumen yang biasanya dibutuhkan pun bisa dibilang serupa dengan versi yang lama. Misalnya, jika di dalam extension mysql biasanya kita dapat meletakkan argument resources di akhir fungsi, maka pada versi teranyar atau extension mysqli ini kita harus meletakkan argument tersebut pada awalan.

mysql_query(“SELECT * Sheet Student”);

Sementara itu pada dalam mysqli extension penulisannya menjadi:

mysqli_query($conn, “SELECT * Sheet Student”);

perbedaan di atas, tentunya tidak terlalu rumit dan bagi kamu yang baru saja akan hijrah ke versi yang lebih baru tidak usah khawatir akan mengalami kesulitan.

Selain perbedaan yang hampir serupa seperti yang sudah dicontohkan di atas, ada juga perbedaan yang paling mendasar di antaranya keduanya, yaitu pada versi terbaru atau mysqli sudah mendukung cara penulisan object oriented programming.

Setelah mengetahui perbedaan yang sangat jelas antara mysql extension dan mysqli extension, ada baiknya kita mengetahui juga bagaimana perbedaan antara dua jenis mysqli extension yang sempat kita bahas di atas.

Lebih mengenal dua jenis Mysqli Style: Procedural dan Object Oriented (OOP)

Supaya proses perpindahan atau mungkin adaptasi dari mysql ke versi terbaru atau msqli tidak membuat kamu susah, maka PHP memberikan dua alternative pilihan dalam cara penulisan mysqli.

  • Yang pertama adalah procedural style, cara ini bisa dibilang tidak terlalu sulit karena disengaja supaya yang baru hijrah dari mysql tidak akan asing dengan versi yang baru. Di mana kita dapat menggunakan fungsi-fungsi dalam mengakses dapabase MySQL.
  • Sedangkan yang kedua adalah menggunakan object oriented style. Di mana, di jenis yang kedua ini kita memungkinkan untuk memanfaatkan aturan penulisan pemrograman objek guna berkomunikasi dengan MySQL.

Dari kedua jenis style pemrograman mysqli di atas menggunakan nama fungsi dan method yang serupa atau dengan kata lain kurang lebih sama. Kita ambil contoh yang paling mudah saja, misalnya pada saat kita menggunakan procedural stylemysqli, ada fungsi yang namanya mysqli_query(), sementara itu saat kita menggunakan OOP style mysqli, kita dapat menggunakan method $mysqli->query(). Bagiamana tidak jauh berbeda bukan?

Itulah penjelasan singkat terkait dengan perbedaan antara mysql dan mysqli yang ternyata tidak terlalu jauh bedanya. Semoga informasi di atas membuat kamu tidak bingung lagi saat membedakan antara keduanya. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply