Gadget /Komputer

Perbedaan Windows 32 Bit Dan 64 bit Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Jangan Lupa Share ya

Di dalam dunia komputer, pastinya ita sudah sangat sering mendengar atau bahkan melihat sistem operasi yang berbasis 32 bit dan juga 64 bit, begitu pun pada saat kita melakukan install software. memang sering kali beberapa software tersebut akan meminta spesifikasi yang minimal sistem operasi komputernya wajib memakai 32 bit maupun 64 bit.

Sebutan istilah 32 bit dan juga 64 bit ini merupakan sebuah satuan angka yang mana mengacu pada kemampuan prossesor PC maupun CPU untuk menangani berbagai macam bit informasi yang berada di dalam komputer tersebut. di dalam CPU, umumnya akan ada sebuah penyimpanan data sementara yang sering kali di sebut dengan register. Register ini memiliki fungsi untuk dapat mempercepat proses dari eksekusi info maupun data. Nah, untuk Anda yang belum mengetahui apa itu bit maka sebaiknya simak penjelasan perbedaan windows 32 bit dan 64 bit berikut ini:

Apa yang Dimaksud dengan Jumlah Bit?

Sebelum kita membahas mengenai sistem operasi 32 bit dan juga 64 bit, maka lebih baik jika kita mengenal lebih dahulu mengenai apa itu jumlah bit. Jumlah bit itu merupakan satuan yang di pakai untuk menunjukkan ukuran data yang ada di dalam prosessor yang di lahirkan dari registry data base, registry ini merupakan tempat komputer yang di gunakan untuk menyimpan informasi sementara.

Sistem operasi 32 bit dan juga 64 bit pastinya mempunyai hubungan yang erat dengan prosesor yang tengah di gunakan oleh komputer. Pada saat memilih sistem yang akan di pakai, lebih baik di sesuaikan dengan very dari prosesor ang sudah ada dan tertanam pada PC Anda. contohnya, apabila prosesor Anda memakai sistem 64 bit maka sangat di anjurkan untuk memakai operating sistem 64 bit juga meskipun sebetulnya juga dapat di aplikasikan dengan operating sistem 32 bit.

Akan tetapi, jika prosesor Anda memakai 32 bit maka Anda tidak boleh atau tidak bisa memasang sistem operasi 64 bit, karena memang prosesor 32 bit ini hanya akan di gunakan pada kompatibel dengan operating sistem 32 bit saja.

Perbedaan 32-bit dan 64-bit

Jika di lihat dari segi pemakaian RAM, sistem operasi32 bit memang hanya mampu memakai RAM yang berkapasitas maksimal 4gb dan bisa berjalan optimal dengan kisaran RAM 1 hingga 2gb saja. Apabila Anda memakai operating sistem 32 bit untuk RAM yang lebih dari 4gn maka komputer hanya membaca hingga batas 4gb saja.

Tentu berbeda dengan yang 64 bit yang bisa menjalankan RAM dengan kapasitas yang besar. batas maksimal RAM yang bisa di cara oleh operating sistem 64 bit ini ialah 192gb. Sistem ini memang pas sekali jika di gunakan untuk pekerjaan yang berat misalnya seperti melakukan render, membuat sebuah animasi 3D dan juga digunakan bermain game dengan spesifikasi yang tinggi.

Perbedaan windows 32 bit dan 64 bit ini berada pada proses datanya. Seperti yang telah di jelaskan jika operating 32 bit hanya bisa memproses data nilai komputasi 64 dan sedangkan pada 64 bit bisa memproses data sampai nilai komputasinya 256. Tak hanya memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dari 32 bit, 64 bit ini juga telah di lengkapi dengan adanya fitur patchguard. Fitur ini mempunyai peran untuk bisa mencegah malware maupun virus yang mencoba untuk mengubah setting kernel di komputer.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi 32-bit dan 64-bit

Kelebihan Sistem Operasi 32 bit:

  • Kompatibel dengan banyak software lama serta sesuai untuk pengguna PC maupun laptop yang masih lama.
  • Sangat kompatibel pada komputer lama.
  • Bisa berkerja maksimal walaupun RAM hanya 2gb.

Kelemahan Sistem Operasi 32 bit:

  • Tidak bisa memakai RAM lebih dari 4gb.
  • Tidak akan bisa menjalankan software yang berat.
  • Hanya beberapa software terbaru yang kompatibel.
  • Tida bisa mejalankan pekerjaan yang berat seperti mengedit video dan membuat sebuah animasi.

Kelebihan Sistem Operasi 64 bit:

  • Memiliki kinerja prosesor lebih baik.
  • Bisa mejalankan seluruh software yang kompatibel pada sistem operasi 32 bit.
  • Sesuai dengan seluruh software
  • Kian cepat dan juga efisien.

Kelemahan Sistem Operasi 64 bit:

  • Tidak bisa terhubung dengan software lawas.
  • Tidak sesuai dengan komputer lama.

Demikianlah sekilas info mengenai perbedaan windows 32 bit dan 64 bit, semoga artikel ini bermanfaat.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply