Elektronik

Perbedaan TV LCD dan LED Dasar yang Harus Kamu Ketahui

Jangan Lupa Share ya

Ingin membeli tv baru tapi masih bingung tv jenis apa yang sesuai untuk dibeli? Mari pertimbangkan terlebih dahulu dengan mengenal lebih detail mengenai tv LCD dan LED. Banyak orang yang kurang paham mengenai perbedaan di antara kedua jenis tersebut.

Kontras Cahaya


Untuk masalah kontras, tv LED jauh lebih unggul dibandingkan dengan tv LCD. Perbedaan ini terlihat jelas ketika kamu menyandingkan tv LED dan LCD secara bersamaan. Terpampang nyata bahwa tv LED memiliki kontras lebih tinggi. Pemilihan warna pada tv LED lebih kompleks, sehingga cahaya yang dihasilkannya pun lebih beragam.

Pemakaian Listrik


Dibandingkan dengan tv tabung, jelas tv LCD ataupun LED jauh lebih unggul. Tv LCD memakai material liquid crystal display, sedangkan Tv LED menggunakan light emiting diode. Keduanya tidak membutuhkan daya listrik yang besar untuk aktif. Maka dari itu, daya pemakaian listriknya cukup rendah. Di antara tv LCD dan LED, tv LED biasanya jauh lebih hemat. Daya listrik yang dibutuhkan tv LED lebih rendah sekitar 20 – 30 persen dibandingkan dengan LCD.

Daya Tahan


Lagi-lagi tv LED mempunyai keunggulan daripada tv LCD yaitu dalam daya tahannya. Hal utama yang menopang tv LED menjadi televisi yang tahan lama adalah teknologi pencahayaannya yang tidak membutuhkan output listrik yang besar. Karena pemakaian listrik rendah ini lah, panel LED pada televisi pun menjadi lebih “dingin” sehingga tahan lama. Jangan sampai memberikan tv LED mu rusak karena hal tersebut membutuhkan biaya yang cukup menguras dompet untuk memperbaikinya.

Tebal Layar


Dalam hal ketebalan layar, tv LED dan LCD tidak memiliki perbedaan yang signifikan karena pada dasarnya keduanya telah menggunakan layar yang sama-sama tipis. Tetapi ketika kamu lebih teliti melihatnya, perbedaan ketebalan layar dapat terlihat. Akan terbukti bahwa tv LCD lebih tebal dibandingkan tv LED.

Back Lightning Technology


Baik tv LED maupun LCD menggunakan fitur backlight atau biasa disebut dengan penyinaran dari belakang. Perbedaan di antara keduanya terdapat pada sistem penyinarannya. Penyinaran LEC dilakukan oleh Light Emiting Diode (LED) sedangkan LCD dilakukan oleh Cold Cathode Flourescent Lamps (CCFL). Sistem kerja keduanya kurang lebih sama yaitu untuk menyaring jutaan warna yang akan terpancar dari backlight.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply