Elektronik

Perbedaan Sinyal Analog dan Digital dalam Dunia Komunikasi

Jangan Lupa Share ya

Saat ini dunia komunikasi sudah memasuki tataran yang sangat berkembang. Hal ini tidak heran karena semakin hari kebutuhan akan komunikasi pun kian meningkat. Bahkan alat-alat komunikasi dengan teknologi canggih dari berbagai jenisnya pun sudah semakin pesat bersaing di pasaran. Sedangkan yang menghubungkan jarak jauh menjadi terasa dekat dalam dunia tersebut adalah sinyal.

Berbicara mengenai sinyal, dalam hal ini mungkin Anda tidak asing dengan dua nama sinyal yang sering di sebutkan. Yang pertama adalah sinyal analog dan yang kedua adalah sinyal digital. Keduanya memang sama-sama merupakan nama sinyal. Akan tetapi, jangan salah karena pengertian dan fungsi dari kedua jenis ini pun berbeda.

Nah, sampai di sini pasti Anda penasaran bukan apa sih perbedaan sinyal analog dan sinyal digital? Jika demikian, maka Anda harus mengenal lebih lanjut tantang keduanya. Sedangkan untuk mendapatkan informasinya, jangan khawatir karena ulasannya sudah tersedia di sini. Untuk lebih jelasnya, langsung saja Anda simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Sinyal Analog

Sebelum membahas lebih jauh tentang perbedaannya, maka Anda pun harus mengenal pengertiannya masing-masing. Bahkan dari pengertiannya saja kedua jenis sinyal ini sudah cukup berbeda. Dan pembahasan pengertian tersebut akan di mulai dari sinyal analog terlebih dahulu.

Dalam devinisinya, sinyal analog di sebut sebagai sinyal yang memiliki bentuk gelombang data continue. Dalam membawa informasinya, sinyal analog akan merubah gelombang. Lebih enak di sebutnya atau lebih familiarnya, sinyal analog ini merupakan sinyal data. Bagi Anda yang banyak menggunakan internet untuk kebutuhan sehari-hari, tentu saja sudah tidak asing dengan sinyal seperti ini.

Setiap Anda mengakses internet menggunakan paket data, itulah yang di sebut dengan sinyal analog. Jadi, sekalipun Anda mungkin cukup asing dengan nama tersebut, perlu Anda sadari bahwa sesungguhnya sinyal analog sudah berada di sekitar Anda setiap harinya.

Pengertian Sinyal Digital

Setelah mengetahui apa itu sinyal analog, kini giliran untuk mengenal pengertian sinyal digital. Sinyal digital ini tidak lain adalah sinyal data yang bentuknya adalah pulsa. Jadi, setiap Anda berkomunikasi menggunakan pulsa, maka yang Anda gunakan di sana tidak lain adalah sinyal digital. Sinyal ini memiliki sifat yang dapat berubah secara tiba-tiba dengan besaran 1 dan 0.

Dalam penggunaannya, sinyal digital tidak mudah terpengaruh oleh suasana sekitar. Hal ini karena besaran 1 dan 0 yang dimilikinya. Sayangnya, sinyal digital ini jarak jangkau pengirimannya tidak bisa jauh-jauh bahkan bisa di katakan terlalu dekat. Hal ini bisa menjadi salah satu kelemahan dari sinyal digital sendiri.

Titik Perbedaan Sinyal Analog dan Digital

Dalam hal ini perbedaan sinyal analog dan digital yang pertama bisa Anda ketahui dari sifatnya yang mudah berubah atau tidak. Jika sebelumnya di katakan bahwa sinyal digital tidak mudah berubah, maka lain halnya dengan sinyal analog yang mudah terpengaruh oleh noise sehingga membuatnya mudah berubah.

Selain dari sisi perubahannya, kedua sinyal ini juga memiliki perbedaan dalam hal jangkauan. Sebelumnya pun telah di sebutkan bahwasanya sinyal digital memiliki jangkauan jarak yang cukup dekat di mana hal itu adalah kelemahannya. Namun, lain lagi dengan sinyal analog yang jarak jangkauannya bisa cukup jauh sehingga akan semakin memudahkan Anda sebagai pengguna.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Keduanya Antara Keduanya

Berbicara mengenai sinyal analog, dalam hal ini perlu Anda ketahui bahwasanya gelombang yang digunakannya memiliki tiga variable dasar. Ketiganya tidak lain adalah amplitudo, frekuensi dan phase. Amplitudo ini adalah ukuran tegangan sinyal baik tinggi atau rendah. Kalau untuk frekuensi adalah jumlah gelombang atau sinyal. Sedangkan untuk phase tidak lain adalah besar sudut dari sinyal di saat tertentu.

Nah, kalau untuk sinyal digital, dalam hal ini sinyal tersebut disebut juga dengan sinyal diskret. Selain itu karena memiliki dua keadaan, ada juga istilah yang di sebut dengan bit di dalamnya. Berbicara mengenai bit atau kemungkinan keadaan sinyal, dalam hal ini nilai yang mungkin terbentuk dari kombinasinya tidak lain adalah sebesar 2 pangkat n atau jumlah.

Demikianlah ulasan lebih lanjut mengenai perbedaan sinyal analog dan digital yang penting untuk Anda ketahui. Bagi Anda yang banyak bersentuhan dengan ilmu komunikasi tentu saja sangatlah penting untuk mengetahui dan mempelajari tetang keduanya lebih lanjut. Terimakasih dan semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply