Gadget & Photography

Perbedaan Oppo A37 dan A37F yang Harus Kamu Tahu!

Oppo merupakah salah satu dari produsen smartphone yang sangat laris di pasaran Indonesia. pasahalnya Oppo menghadirkan berbagai spesifikasi smartphone dari yang murah meriah sampai ke kalangan high-end. Dibanding produsen yang lainnya, smartphone yang dikeluarkan Oppo ini termasuk murah meriah, terlebih dengan spesifikasi mumpuni yang ditawarkannya.

Salah satu produk keluaran Oppo yang cukup laris di pasaran pada zamannya, atau pada tahun 2016 lalu adalah Oppo A37/A37F. Selain penjualannya yang luar biasa, produk ini pun membuat sejumlah konsumen kebingungan karena ada dua jenis nama dengan tipe yang sama, karena jika diperhatikan hampir tidak ada perbedaan di antara keduanya, lalu kenapa harus ada Oppo A37 dan Oppo A37F jika kedua produk ini merupakan produk yang sama?

Ternyata, kedua produk tersebut memang sengaja dibedakan namanya karena memang target pasar yang mereka incarpun berbeda. Oppo A37F merupakan produk yang dikhususkan untuk pasar Indonesia, dan tidak ada di pasar luar negeri. Intinya produk ini eksklusif untuk pasar Indonesia. Sementara itu, Oppo A37 dikeluarkan untuk pasar global. Namun ternyata kita pun masih bisa membeli Oppo A37 karena di Indonesia pun terdapat outlet dengan pangsa pasar global sehingga smartphone tersebut dijual di sana.

Lalu, selain dari target pasarnya, apakah ada hal lain yang membedakan di antara keduanya? Misalnya soal spesifikasi atau desain? Ternyata jawabannya ada. Meski hanya terdapat satu perbedaan dan perbedaan ini sebenarnya tidak terlalu penting untuk sebuah smartphone, yaitu pada Oppo A37F dilengkapi dengan LED Notifikasi, sementara untuk seri Oppo A37 tidak ada.

Secara keseluruhan smartphone ini menargetkan pasar kelas menengah dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Untuk lebih jelasnya, simak spesifikasi lengkapnya di bawah ini:

Spesifikasi smartphone Oppo A37

Sektor Kamera

Oppo telah menjadi salah satu smartphone yang mengutamakan kelebihan pada kameranya. Salah satunya adalah pada smartphone yang satu ini. Terdapat dual kamera dengan resolusi, kamera belakang 8 megapixel dan 5 megapixel. Kamera depannya tersebut telah dilengkapi dengan teknologi extra-large 1.4um piksel dan sensor 1/4-inci, yang dapat membuat hasil selfie kamu menjadi lebih tajam namun tetap natural, bahkan dalam kondisi low light sekalipun.

Lalu bagaimana dengan kamera belakangnya? Untuk kamera belakang beresolusi 8 megapixel dan bisa menangkap gambar dengan tajam sehingga dapat meminimalisir noise. Hal ini karena telah dilengkapi dengan extra-large 1.4um pixel serta sensor 1/3.2-inci. Yang paling luar biasa adalah kamera dari Oppo A37 ini dapat merekam full hd 1080p 30 fps.

Sektor Desain

Sector desain ini sebenarnya tidak terlalu ditonjolkan. Tapi jika melihatnya secara sekilas, sesainnya tidak jauh dengan iPhone. Oppo sendiri menawarkan tiga warna untuk produknya yang satu ini, yaitu Rose Gold, Gold dan Black. Di bagian belakangnya dibalut dengan metal dan unibody sehingga cukup tipis.

Smartphone yang satu ini mengusung layar 5 inci dan memiliki dua slot kartu sim di mana masing-masing slot sudah mendukung 4G LTE. Terdapat slot lain untuk SC Card di mana bisa ditambahkan memori internal hingga 128 GB. Layarnya pun sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 4 sehingga sangat mana dari goresan atau lecet.

Sektor Performa

Di bagian performa, Oppo A37 telah dibekali dengan Chipset Qualcomm Snapdragon 616. Chip set yang satu ini cukup baik karena memiliki prosessor tipe Quad core seri Cortex A53 dengan kecepatan 1.2 GHz. Ukuran RAM-nya terhitung standar yaitu 2GB dan sudah menggunakan Android Lollipop. Namun sayangnya, untuk masalah baterai smartphone yang satu ini masih kurang karena hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 2630 mAh saja.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A37

Kelebihan

  • Kamera belakang smartphone yang satu ini sangat jernih sehingga mampu merekam hingga resolusi full hd pada 30 fps. Kamera depannya pun akan sangat cocok bagi kamu yang sangat doyan selfie.
  • Smartphone ini telah dibekali dengan dapur pacu yang sangat handal sehingga membuat multitasking kamu menjadi lebih mudah.
  • Desainnya meski tidak terlalu menonjol namun cukup tipis sehingga nyaman digenggaman.

Kekurangan

  • Tidak ada Led notifikasi untuk Oppo A37 sementara yang Oppo A37F ada
  • Kapasitas baterainya terlalu kecil.

Terlepas dari kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh smartphone yang satu ini, tetap saja smartphone ini layak dibeli karena telah dibekali dengan spesfikasi untuk kebutuhan pokok sehari-hari. Namun semuanya tergantung pada kamu. Sesuaikah spesifikasi yang dimiliki Oppo A37 ini dengan kegiatan kamu sehari-hari? Jika sesuai, tidak ada salahnya memilih smartphone ini untuk melengkapi harimu. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply