Gadget /Komputer

Perbedaan iOS dan Android yang Harus Kamu Ketahui

Smartphone bukan lagi hal yang asing di kehidupan saat ini. Bahkan sekarang sudah menjadi kebutuhan penting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Untuk saat ini ada dua macam smartphone paling banyak digunakan di dunia, yaitu Android dan iOS. Keduanya selalu saja menjadi perbincangan masyarakat luas. Setiap OS punya keunggulan dan kelemahannya tersendiri.

Sebelum memastikan mana smartphone yang akan kamu beli, kamu harus tahu lebih dulu manfaat dan kegunaannya. Jangan sampai kamu memilihnya karena ikut-ikutan saja. Lebih baik sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Di sini ada sejumlah perbedaan dari iOS dan Android yang harus kamu tahu. Apa saja itu?

Harga

Harga merupakan hal yang tidak boleh diabaikan saat membeli sebuah smartphone karena biasanya orang akan membeli smartphone sesuai dengan kebutuhannya. Kebanyakan orang tentu sudah tahu jika iOS memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan Android. Namun beberapa jenis smartphone Android pun memiliki harga yang selevel dengan iOS tergantung dari spesifikasi yang diusungnya. Untuk itu, saat kamu membeli smartphone lihat dulu budget yang sudah disiapkan. Jika memang budget tersebut cukup untuk membeli smartphone Android berspesifikasi sedang, kamu tidak usah memaksa untuk membeli iOS. Asalkan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, tentu jenis smartphone tidak masalah bukan?

Kualitas

Kualitas iPhone memang tak usah diragukan lagi. iPhone ini terkenal dengan kualitasnya yang tahan banting dan tentu saja sangat dipercaya. Smartphone iPhone hanya diproduksi oleh Apple dan tidak diserahkan kepada produsen lainnya, sementara untuk Android ada sejumlah brand yang bisa menjadi pilihan dan yang paling terkenal adalah Samsung sejauh ini. Jika dilihat dari aplikasi, iPhone bisa dibilang sangat terbatas karena selalu dikaji ulang oleh Apple. Tidak heran jika aplikasi yang untuk iPhone selalu lebih berkualitas dibandingkan dengan aplikasi untuk Android. Namun, hal ini memiliki nilai tambah karena Android memudahkan para developer untuk mendaftarkan aplikasinya di Play Store. Namun hal ini memiliki kerugian karena bisa saja, pengguna Android mengandung aplikasi yang tidak berguna.

Penampilan

Dari segi yang satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda. Keduanya memiliki tampilan yang sama-sama menarik dan juga bagus. Hanya saja jika dibandingkan dengan segi harga dan kualitas, semua smartphone iPhone cenderung lebih ekslusif jika dibandingkan dengan Android. Kualitas iPhone lebih merata karena memang Apple memiliki standarnya tersendiri terhadap merek yang mereka pasarkan. Lain halnya dengan Android, hal ini disebabkan oleh produsen Android sangat beragam sehingga kualitas yang ditawarkan pun akan sangat beragam. Namun kamu tidak usah khawatir, semuanya sudah bisa dinilai dari uang karena semakin mahal smartphone Android biasanya akan memiliki kualitas yang bagus juga.

Share Data

Untuk para pengguna iPhone, tentunya tidak sembarangan untuk membagikan data. Hal inilah membuat iPhone dijuluki smartphone yang UnSos alias smartphone yang anti sosial. Bluetooth yang ada di iPhone tidak bisa membagikan data ke perangkat Android, begitupun sebaliknya. Kelemahan inilah yang justru membuat iPhone menjadi ekslusif dan menjadi suatu keunggulan tersendiri karena iPhone terkenal akan ketahanannya terhadap serangan virus, malware atau hal membahayakan lainnya. Namun pengguna Android harus lebih berhati-hati karena dengan menggunakan OS Android, smartphone kamu lebih bebas mengirim file kemanapun, sehingga tidak jarang virus berbahaya mampir di smartphone kesayangan kamu.

Memori

Perbedaan iOS dan Android yang lainnya adalah dari kapasitas memori. Saat kamu memilih produk dari iPhone, kamu pasti lebih berhati-hati dalam memilih kapasitas memorinya karena Apple tidak memberikan tambahan memori eksternal. Semuanya tersedia secara internal dengan berbagai kapasitas, mulai dari 16 GB, 8 GB dan lainnya. Namun untuk pengguna Android, kamu tidak usah khawatir memori kamu penuh karena biasanya produsen menyediakan slot kartu memori eksternal yang bisa membuat kapasitas smartphone kamu lebih besar.

Kamera

Pengguna smartphone pasti sudah bisa merasakan perbedaannya. Untuk hasil foto memang iPhone terbilang lebih unggul dan tajam. Hal ini karena pihak Apple selalu menghadirkan produknya dengan kualitas kamera yang lebih tinggi dan tentu saja beresolusi tinggi. Tidak hanya itu, sensor penangkapan cahayanya pun terbilang lebih baik sehingga berpengaruh pada hasil akhir fotonya.

Game

Game tentu saja merupakan hal yang harus ada di dalam smartphone. Dengan adanya game, kita bisa menikmati sebuah hiburan yang disuguhkan oleh smartphone. Umumnya game terkenal berawal dari iOS seperti Clash of Clan. Namun seiring dengan peminatnya yang semakin banyak, akhirnya game tersebut dibuat versi Androidnya. Namun kini Android tidak kalah bagus dengan iOS. Banyak game Android yang bagus dan menarik untuk dimainkan.

iOS bisa dibilang memiliki daya tahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan Android. Hal ini bisa dilihat saat kita memasang game yang cukup berat, maka kamu tidak perlu mengupgrade ke versi iOS yang lebih tinggi. Sebab, standar iOS sendiri sudah tinggi.

Itulah sejumlah perbedaan iOS dan Android yang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply