Gadget /Komputer

Perbedaan Hub dan Switch yang Harus Diketahui

Perbedaan Hub dan Switch yang harus di ketahui

Jangan Lupa Share ya

Perbedaan Hub dan Switch yang harus di ketahui

Di dalam sebuah komputer pastinya memiliki sebuah jaringan yang biasa di kenal dengan istilah HUB dan SWITCH. Jika di lihat dari bentuknya, kedua jenis tersebut hampir terlihat sama. Namun pada kenyataannya, fungsi Hub dan Switch sangatlah berbeda. Bagi kamu yang ingin mendalami dunia telekomunikasi, kedua hal tersebut tentunya wajib sekali di ketahui.

Nah, untuk pengertian lebih lanjut yuk simak baik-baik penjelasannya berikut ini.

Pengertian HUB

Sebelum membahas tentang perbedaan hub dan switch alangkah baiknya jika di kupas terlebih dahulu pengertiannya. Hub merupakan sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer satu dengan komputer lainnya dalam ruang lingkup jaringan yang sama. Istilah Hub juga di kenal dengan sebutan network Hub.

Maksud dari network Hub adalah setiap perangkat komputer yang terhubung melalui jaringan hub memiliki potensi untuk saling tukar informasi antara komputer satu dengan komputer lainnya. Yang menghubungkan antara perangkat satu dengan perangkat lainnya pada jaringan Hub ini adalah menggunakan port ethernet atau biasa di sebut dengan jaringan LAN.

Setelah kabel LAN tersambung pada setiap komputer maka kamu bisa mengakses data dari komputer satu dan komputer lainnya dengan mudah. Cara kerja dari network Hub adalah menerima sebuah data dari perangkat yang terhubung sehingga bisa mengirimkan perangkat lain yang saling berhubungan. Kekurangan dari jaringan ini adalah tidak bisa mengirimkan data secara pribadi sehingga tidak cocok untuk mengirimkan data yang sifatnya rahasia.

Pengertian SWITCH

Selain Hub, perangkat yang bisa di gunakan untuk bertukar data pda jaringan koputer sebenarnya ada banyak sekali macamnya. Contohnya adalah repeater, NIC, modem, Bridge, dan Switch. Nah, yang akan di bahas pada sub bab kali ini adalah pengertian dari Switch. Switch merupakan sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menjadi penghubung setiap perangkat dengan menggunakan paket penerima data dari perangkat satu ke perangkat lainnya.

Apabila Hub bisa mengirimkan data ke semua perangkat, Switch hanya bisa mengirimkan data ke satu perangkat yang di tuju saja. Biasanya, switch juga memberikan fungsi routing yang menggunakan alamat IP untuk mengirimkan data.

Fungsi utama dari Switch adalah menerima sebuah informasi dan membagikannya ke perangkat lain yang masih berada satu jaringan. Meskipun memiliki banyak perangkat yang terhubung, switch hanya bisa mengirimkan data kepada satu perangkat saja.

Perbedaan Hub dan Switch yang harus di ketahui

Baca Juga: INILAH PERBEDAAN ROUTER DAN SWITCH, KAMU WAJIB TAHU!

Perbedaan Hub dan Switch

Setelah mengetahui pengertian dari masing-masing Hub dan Switch, berikut ini adalah penjelasan mengenai perbedaan hub dan switch yang harus Kamu ketahui.

  1. Beban Kinerja Jaringan

Apabila di lihat dari sistem kerjanya perangkat Hun memiliki beban kinerja yang lebih simpel dan tidak begitu rumit karena hanya mengirimkan data secara langsung kepada semua perangkat. Sedangkan beban kinerja Switch memiliki cara kerja yang lebih kompleks karena harus mencari alamat tujuan pengiriman data dari seluruh jaringan yang terhubung.

  1. Setting Jaringan

Perbedaan hub dan switch yang kedua bisa di lihat dari segi setting jaringan yang di gunakan. Hub tidak bisa melakukan setting perangkat yang sedang terhubung ke jaringan sehingga tidak bisa melakukan blokir kepada perangkat yang mengganggu. Sedangkan Switch bisa melakukan blokir kepada perangkat yang mengganggu transmisi data karena memiliki akses pengaturan jaringan.

  1. Segi Keamanan

Menggunakan perangkat Hub jauh lebih memiliki tingkat kemanan yang rendah di badningkan dengan Switch. Hub tidak memiliki sistem seleksi terhadap komputer yang memiliki MAC Address sehingga tidak bisa melakukan blokir jaringan apabila timbul masalah transmisi data.

  1. Harga

Jika di lihat dari segi ekonomi, tentu harga Hub lebih murah di bandingkan dengan harga Switch. Mengapa harga switch jauh lebih mahal karena memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi dibandingkan Hub.

  1. Kecepatan Transfer Data

Dari segi kecepatan data, Hub memiliki kecepatan yang lebih lambat di bandingkan dengan Switch sehingga saat ini banyak sekali kantor yang menggunakan jaringan Switch. Switch memiliki akses lebih prioritas di bandingkan dengan Hub sehingga proses transmisi data dari alamat MAC lebih cepat di bandingkan Hub.

  1. Sistem Transmisi

Sistem transmisi yang di gunakan oleh Hub adalah mengirimkan data kepada seluruh perangkat secara bersamaan meskipun hanya satu perangkat saja yang membutuhkan. Berbeda dengan switch yang mampu mentransmisikan data kepada satu perangkat saja.

Nah, begitulah sedikit informasi mengenai perbedaan hub dan switch berikut dengan pengertiannya yang harus kamu ketahui.

Jangan Lupa Share ya

Jihan Ariya

Halo Guys Salam Kenal, Semoga Sehat dan Sukses Selalu .. Aamiin 🙂 Follow me @Linkedin dan Sekarang lagi berkecimpung dengan blog pribadi reomit.com
Jihan Ariya

Latest posts by Jihan Ariya (see all)

Leave a Reply