Hobby

Perbedaan Burung Jalak Suren Jantan dan Betina yang Jarang Diketahui

Untuk membedakan burung jalak suren jantan dan betina memanglah cukup sulit, apalagi jika usianya masih kurang dari satu tahun setengah atau masih belum dewasa. Burung jalak suren jantan dan betina yang masih muda memang memiliki harga dan bentuk fisik yang sama persis, mulai dari bentuk mata, postur tubuh, bentuk paruh, suara kicauan bahkan warna bulunya pun sama. Karena susahnya membedakan antara keduanya, para penjual biasanya hanya memberikan prediksinya saja dan mungkin tingkat akurasinya masih harus dipertanyakan karena masih belum pasti. Akan tetapi, kita burung jalak suren tersebut sudah dewasa, biasanya para penjual akan berani memberikan jaminan mengenai kepastian jenis kelamin dari burung jalak suren yang mereka jual.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membedakan antara burung jalak suren jantan dan betina, yaitu dengan cara mengamati tingkah laku, poustur dan suara kicauan. Akan tetapi tentu saja hal tersebut membutuhkan lebih dari satu burung yang nantinya akan bisa dijadikan sebagai pembanding antara burung jalak yang satu dengan burung jalak yang lainnya.

Membedakan Jalak Suren jantan dan betina yang masih Muda

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk membedakan burung jalak suren jantan dan betina pada jalak yang masih muda memang cukup sulit karena tidak ada tolak ukur yang pasti seperti pada burung murai, burung kacer atau pada burung lainnnya yang bisa dilihat secara jelas pada warna bulu yang dimilikinya. Lain halnya dengan burung jalak suren yang warna antara jantan dan betinanya hampir sama persis. Akan tetapi, kamu tidak perlu pesimis, karena kamu bisa mencoba mengikuti beberapa cara yang bisa kamu lakukan di bawah ini untuk membedakan antara burung jalak suren jantan dan betina:

Jalak Suren Muda

  • Ukuran Tubuh Jalak Suren

Apabila kamu berniat membeli burung jalak suren yang berjenis kelamin jantan, maka pilihlah yang memiliki ukuran lebih panjang dari ukuran jalak suren yang lain. Karena pada umumnya, jalak suren anakan yang dijual di pasaran disatukan dalam satu kandang besar. Cara ini memanglah membutuhkan waktu dan kejelian untuk membandingkan antara jalak suren yang satu dengan jalak suren yang lainnya.

  • Dubur Jalak Suren

Setelah mendapatkan pilihan, maka selanjutnya kamu harus melihat lebih dalam lagi jalak surena yang kamu pilih tadi. Peganglah jalak suren yang telah kamu pilih, lalu lihat pada bagain dubur burung jalak suren tersebut. Jika pada dubur jalak suren yang telah kamu pilih terdapat warna kebiruan, maka jalak suren tersebut berjenis kelamin jantan. Akan tetapi, yang menjadi masalah adalah pada burung jalak surena yang masih muda biasanya warna kebiruan pada dubur tersebut belum keluar.

  • Warna bulu Jalak Suren

Banyak orang yang mengatakan bahwa burung jalak suren jantan pada umunya memiliki pipi yang berwarna putih yang ada garisnya. Sedangkan burung jalak suren betina biasanya memiliki bulu yang berwarna putih dan berbentuk bulat. Jadi, yang perlu kamu tahu adalah hal tersebut tidak lah dibenarkan karena itu berbeda jenis jalak surennya. Sedangkan untuk warna bulu pada burung jalak suren anakan memang susah untuk dibedakan, kecuali jika burung tersebut sudah dewasa.

Membedakan Jalak Suren Jantan dan betina Dewasa

Pada jalak suren dewasa biasanya organ reproduksinya sudah matang dan perbedaanya juga sudah bisa di lihat dengan mata telanjang jadi jangan heran jika penjual biasanya berani memberikan jaminan mengenai jenis kelamin burung tersebut.

Dubur Jalak Suren Dewasa

Jalak yang masih muda pada umumnya memang belum terlihat ciri – cirinya akan tetapi pada jalak suren yang sudah dewasa yang sudah berumur lebih dari satu tahun setengah biasanya ciri khasnya sudah terlihat yakni warna biru di sekitar dubur burung jalak suren. Kamu bisa mencoba dan membuktikannya sendiri dengan melihat secara langsung pada jalak suren yang kamu miliki. Agar warna biru di sekitarnya bisa terlihat lebih jelas kamu bisa membasahi dengan air bulu di dubur jalak suren tersebut agar bulu-bulu di sekitar anusnya tidak menutupi ciri khasnya.

Untuk jalak suren betina yang sudah dewasa biasanya tidak memiliki warna kebiruan di sekitar duburnya. Jadi jika kamu ingin menangkarkan burung jalak suren kamu bisa mencampurkan satu jalak suren yang memiliki anus yang berwarna kebiruan dan yang satunya tidak memiliki warna kebiruan.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membedakan jenis kelamin burung jalak suren jantan dan betina. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply