Gadget /Komputer

Perbedaan Antara Hub dan Switch yang Harus Kamu Tahu!

Jangan Lupa Share ya

Did alam pengimplementasian jaringan komputer, kamu pasti banyak mengenal dasar-dasar dan juga sejumlah istilah penting yang berkaitan dengan jaringan komputer. Agar lebih paham, mungkin kamu terlebih dahulu dapat membaca sejarah dari jaringan komputer. Dengan membaca sejarahnya kamu dapat lebih memahami dasar-dasar dari sebuah jaringan komputer dan tentu saja memahami manfaat dari jaringan komputer.

Ada sejumlah hal yang harus kita perhatikan saat membangun dan mengimplementasikan sebuah jaringan komputer. Pertama adalah terkait dengan topologi jaringan komputer yang akan kamu gunakan, dan juga perangkat keras (hardware) apa saja yang akan digunakan dalam jaringan komputer tersebut. Salah satu dari perangkat keras (hardware) jaringan komputer yang seringkali digunakan adalah perangkat Hub dan Switch. Keduanya ini memiliki perbedaan. Perbedaan di antara keduanya tentu harus kamu ketahui. Apa saja perbedaannya. Simak ulasannya di bawah ini:

Perbedaan Antara Hub dan Switch

Bentuk Fisik

Bila dilihat secara fisik, bentuk dari switch dan hub memang hampir sama. Keduanya sama saja punya bentuk balok dan terdapat sejumlah prot untuk memecah jaringan dan juga untuk menerima sinyal paket data dari server. Untuk itu jika kamu hanya membandingkannya lewat bentuk fisik tanpa meneliti lebih jauh, maka tidak akan ada perbedaannya.

Lapisan OSI Layer yang Berbeda

Hub dan witch tenyata bekerja pada lapisan OSI layar yang tidak sama. Hub biasanya bekerja pada lapisan OSI di layar pertama, Physical Layer. Ini sama seperti kabel jaringan biasa. Sementara Switch bekerja di lapisan kedua dari OSI layar, yaitu pada Data Link. Jika dilihat dari aspek yang satu ini, maka fungsi dari sebuah switch lebih kompleks dibanding hub.

Berdasarkan Dari Fungsi Tambahan yang Dimiliki

bila dilihat berdasarkan pada fungsi tambahan yang dimilikinya, maka tentu saja keduanya punya fungsi tambahan yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, inilah perbedaannya:

Hub

  • Hub ini hanya mampu memecah jaringan saja, hal ini membuat data yang didapat dari server dapat diteruskan ke komputer client.
  • Kualitas sinyal dari sebuah jaringan pun dapat ditingkatkan oleh hub. Sayangnya, fungsi yang satu ini hanya ada di smart hub, bukan hub standar.

Switch

  • Kemampuan switch tak terbatas pada memecah jaringan atau meningkatkan sinyal saja, tapi switch juga mampu melakukan pembatasan terhadap paket data yang akan ditransmisikan.
  • Keamanan yang dimiliki oleh switch pun terbilang lebih baik dibanding hub.

Harga yang berbeda

Harga di antara keduanya tentu berbeda, switch memiliki fitur yang lebih baik dibandingkan hub, tidak heran jika harga switch lebih tinggi dibandingkan dengan hub.

Perbedaan Cara Kerja

Bila dilihat dari cara fungsi tambahan, maka switch memiliki cara kerja yang lebih kompleks dibandingkan dengan hub. Switch dapat memproses informasi di Data Link, berupa MAC Address di tiap komputer yang sudah terhubung ke jaringan tersebut. Sementara untuk hub hanya sebatas bekerja dengan cara memecah jaringan, dan menerima serta meneruskan paket data saja.

Pilih Hub atau Switch?

Switch dengan fitur yang lebih kompleks tidak menjadi jaminan switch harus menjadi pilihan kamu di untuk membuat sebuah jaringan komputer, utamanya untuk jaringan LAN. Sebab, tidak semua jaringan wajib menggunakan switch. Ada sejumlah pertimbangan saat kamu akan memilih di antara hub atau switch:

Hub

  • Biasanya digunakan di jaringan LAN yang simple.
  • Pengimplementasiannya lebih ekonomis.
  • Dapat digunakan di jaringan sebuah rumah atau bisa juga digunakan di sebuah rental komputer/warnet.
  • Komputer client tidak butuh pembatasan dalam tranmisi paket data di alam jaringan tersebut.

Switch

  • Switch digunakan di jaringan LAN dengan cakupan yang lebih luas, misalnya kampus, perkantoran dan sekolah.
  • Switch sangat cocok digunakan untuk mid sampai high budget network.
  • Switch pun sangat pas digunakan untuk jaringan yang membutuhkan keamanan super tinggi.

Di samping perbedaannya tersebut, ternyata keduanya juga memiliki persamaan, sebagai berikut:

Hub dan Switch Dari Sisi Penggunaan

Hub dan switch lebih banyak dipakai di sebuah jaringan komputer dengan topologi jaringan star, di mana dalam topologi yang satu ini hub dan switch memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk memecah paket data yang kemudian diteruskan oleh server ke komputer client.

Fungsi Hub dan juga Switch

Fungsi dari keduanya pun pada dasarnya sama saja, yaitu bertugas untuk memecah jaringan sehingga paket data yang dikirim oleh server dapat diteruskan di sebuah jaringan yang terdapat lebih dari satu komputer client.

Itulah sejumlah perbedaan dan juga persamaan yang dimiliki oleh switch dan hub. Semoga kamu bisa memilih mana yang pas untuk kamu gunakan. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply