Hobby

Perbedaan Anis Merah Jantan dan Betina yang Jitu untuk Dikenali

Anis Merah jantan dan betina jika dilihat secara sekilas, keduanya seperti sama persis. Padahal jelas keduanya memiliki perbedaan. Namun bagi orang-orang yang masih awan akan masalah ini, sangat sulit sekali untuk membedakan di antara keduanya. Agar tidak terjadi kekeliruan, ada sejumlah ciri yang cukup mudah dikenali.

Sebelum mengetahui perbedaannya, kita harus tahu dulu tentang burung Anis Merah. Burung yang satu ini merupakan salah satu spesies burung yang kini telah digandrungi para pecinta burung. Burung yang memiliki nama latin Zoothera Citrina ini dikenal juga sebagai punglor merah atau pun punglor cacing. Burung ini terkenal lantaran warnanya yang sangat cantik. Selain itu, kicauan yang dimiliki oleh burung ini pun sangat enak didengar dan menghibur.

Meskipun kedua jenis burung Anis Merah ini dinilai memiliki kicauan yang sama bagusnya, namun para pengamat menilai kicauan Anis Merah jantan lebih baik dan variatif dibandingkan dengan kicauan Anis Merah betina. Hal ini membuat harga burung Anis Merah jantan melambung tinggi dibanding betina. Namun agar tidak tertipu, kamu harus bisa membedakan mana Anis Merah jantan, mana Anis Merah betina. Untuk kamu yang masih awam, di bawah ini ada sejumlah perbedaan yang mudah dikenali.

Ciri Khas Anis Merah Jantan

Anis Merah jantan ini memiliki ciri yang sangat tampak jelas, yaitu terletak pada bulunya yang terbilang cerah dan mengkilap. Terlebih bila kondisinya masih trotolan atau anakan. Dengan begitu kamu masih bisa membedakan Anis Merah Jantan saat masih anakan. Kamu tidak akan menjumpai warna kuning diagian sayapnya, sepenuhnya tampak warna hitam. Selain itu, ciri lainnya adalah Anis Merah jantan adalah kepalanya yang terbilang lonjong. Paruhnya pun terlihat lebih tebal dan runcing jika kamu amati dari atas. Sedangkan untuk posisi matanya sejajar dengan paruh. Lehernya pun terbilang panjang, hal ini pun berlaku untuk jari-jari kakinya.

Jika dilihat secara keseluruhan Anis Merah jantan ini memang tampak lebih panjang dan juga ramping jika dibandingkan dengan Anis Merah betina. Tulang kloakannya runcing dan rapat. Bila burung jantan ini berdiri, terlihat sangat gagah dan tegak. Bahkan bila dihadapkan dengan Anis Merah yang lain akan mengangkat kepala dan berkicau.

Ciri Khas Anis Merah Betina

Anis Merah betina ini warna bulunya cenderung kusam dan tidak terlalu terang atau pun mengkilap. Pada saat anakan pun, kamu bisa mengenalinya karena terdapat bintik-bintik kuning di bagian sayap. Seiring dengan umur yang makin dewasa, maka kamu akan melihat bintik-bintik kuningnya perlahan memudar sehingga akan lebih sulit membedakannya dengan Anis Merah jantan. Jika dilihat dari bentuk paruhnya, sang betina memiliki paruh yang tipis. Tidak hanya itu lehernya pun lebih pendek dari jantan. Hal ini membuat matanya tidak sejajar dengan paruh. Dilihat dari bentuk kepalanya cenderung lebih bundar, dan yang pasti kloaknya pun terlihat lebih lebar dibanding jantan.

Bila Anis Merah betina ini langsung dihadapkan dengan Anis Merah yang lainnya, biasanya kamu akan melihat gerakannya seperti menggetarkan sayap. Kemudian, dia akan bersiul bukan berkicau. Hal ini tentu berbeda dengan Anis Merah jantan. Dilihat dari bentuk tubuh secara keseluruhan pun Anis Merah betina lebih bulat dan pendek.

Lebih baik Jantan atau Betina?

Salah satu dari kebiasaan unik yang sering dilakukan oleh burung Anis Merah ini adalah teler. Ini adalah sebuah gerakan menggerakkan atau lebih tepatnya menggelengkan kepala mereka ke kanan dan ke kiri sambil melemaskan tubuhnya. Dinamakan gerakan teler karena memang gerakan ini mirip seperti gerakan orang yang tengah mabuk. Sangat jarang sekali burung yang mampu melakukan gerakan unik tersebut. Tak hanya itu burung ini pun sangat dicari karena menghasilkan suara kicauan yang sangat lantang dan merdu. Tak hanya itu, spesies ini juga akan mengeluarkan berbagai variasidari kicauannya terlebih jika dilatih secara telaten. Namun meskipun sama-sama memilih kicauan yang bagus, namun banyak yang menilai jika kicauan Anis Merah jantan lebih bagus.

Meskipun begitu, bukan berarti burung Anis Merah betina tidak memiliki keunggulan. Ternyata, kicauan yang dimiliki oleh betina ini dapat menarik perhatian sang jantan. Hal inilah kenapa kamu harus membeli betina juga untuk melengkapi koleksi burung di rumah kamu.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu agar tidak keliru saat membeli burung Anis Merah. Memang, untuk orang awan pasti sangat sulit membedakannya. Tapi kamu harus mencoba dan seteliti mungkin agar tidak salah beli. (elevenia)

Leave a Reply