Hobby

Perayaan Unik ala Halloween di Dunia

03-halloween

Halloween yang jatuh pada tanggal 31 Oktober merupakan hari yang meriah untuk beberapa kalangan di dunia. Meski perayaan ini diidentikan dengan hal-hal yang berbau mistis dan kegelapan, ada juga berbagai macam tradisi di seluruh dunia yang unik untuk disimak. Berikut adalah tradisi unik ala Halloween di berbagai negara.

Amerika Serikat

trickortreatpartycity
Trick or Treat!

“Trick or Treat”, begitulah sapaan dari anak-anak yang datang kepada rumah-rumah di malam Halloween. Amerika Serikat dikatakan sebagai negarapelopr tradisi Halooween. Pada tanggal 31 Oktober, anak-anak mahupun remaja dan orang dewasa akan berkostum sesuai dengan karakter mereka masing-masing. Biasanya, anak kecil akan keliling komplek dan mencari rumah manapun untuk megoleksi permen sebanyak-banyaknya. Setiap rumah yang mereka datangi, akan disapa dengan sapaan “Trick or Treat” yang mengharuskan tuan rumah untuk memberikan permen untuk mereka.

Inggris

Ada sebuah ritual yang dilakukan beberapa kalangan terutama untuk anak muda. Kabarnya, anak muda di Inggris pada hari Halloween suka mencari bayangan mistis di cermin. Bayangan ini dilakukan dengan berdiam diri di depan cermin di ruang yang gelap.

Austria

Di Austria, perayaan Halloween dengan mempersembahkan makanan dan minuman kepada roh-roh keluarga yang sudah mendahului. Biasanya, makanan ini disuguhkan di atas meja dengan lampu. Tradisi ini dipercaya akan mendatangkan keajaiban dan kebahagiaan untuk keluarga yang ditinggalkan.

Cina

Di negara Cina, Halloween disebut dengan perayaan Teng Chieh. Perayaan ini merupakan perayaan untuk mereka yang sudah tiada. Pada perayaan ini, masyarakat mereka akan pergi ke makan keluarga dan erabat mereka dan mengadakan piknik. Selain itu, traidisi ini juga diikuti dengan melepaskan lentera. Tujuannya dalah para roh mengikutinya terbang menuju angkasa.

Hong Kong

Uang mata "Hell Bank Notes" yang dipercayai jika dibakar maka akan sampai ke para leluhur di alam lain.
Uang mata “Hell Bank Notes” yang dipercayai jika dibakar maka akan sampai ke para leluhur di alam lain.

Jika kamu memliki uang yang berlebihan dan ingin membakarnya, mungkin mengikuti “Festival Hantu Lapar” akan menjadi hari yang pas untuk kamu. Di Hong Kong, Festival Hantu Lapar adalah festival dimana masyarakat Hong Kong akan membakar buah dan uang untuk mengusir roh-roh jahat. Uang yang dibakar juga adalah uang yang khusus yaitu uang dengan tulisan “Hell BankNote”. Konon katanya, pada malam bulan Purnama di bulan ketujuh, roh-roh akan datang kembali ke bumi. Uang yang dibakar tersebut adalah untuk roh-roh di alam mereka. Selain membakar uang dan buah, ada juga pertunjukkan yang disediakan. Namun, barisan pertama tidak boleh diduki oleh siapa-siapa. Hal ini karena barisan pertama disediakan khusus untuk para roh-roh. Hmm kalau kamu kira-kira mau ikut nonton ga nih elevenian?

Jerman

Di Jerman, tradisi Halloween adalah menyembunyikan semua alat-alat tajam di dalam rumah. Tradisi ini dilakukan dengan tujuan agar masyarakat tidak diserang dengan pisau atau benda tajam lainnya dengan roh-roh yang dipercayai datang.

Jepang

Negeri Sakura yang satu ini ternyata juga memiliki perayaan Halloween tersendiri. Di Jepang, Halloween disebut sebagai “The Obon Festival”. Dalam festival ini, masyarakat Jepang akan menyiapkan makanan manis untuk menyambut para leluhur mereka agar berkumpul dengan keluarga. Selain itu, masyarakat Jepang juga akn menyalakan lentera. Jika biasanya lentera ini diterbangkan ke atas, maka lentera ini justru dihanyutkan di Sungai.

Meksiko

073916_dead1
Photo diambil dari travel.detik.com

Di Meksiko, Halloween bisa diidentikan dengan “Hari Kematian”. Pada hari tersebut, warga akan berdandan seperti tenggorak dan berpesta. Pada siang hari, masyarakat akan berfestival. Pada malam hari, masyarakat yang masih mengenakan pakaikan ala tenggokorak akan pergi ke kuburan. Di saat inilah, mereka berdoa untuk mereka yang telah meniggalkan bumi.

Indonesia

Halloween di Indonesia memang tidak semeriah negara-negara lain. Tiada persembahan untuk para roh, tidak ada yang membakar uang neraka, tidak juga menyembunyikan benda-benda tajam agar tidak diserang. Halloween memang bukan tradisi yang meluas di Indonesia. Namun, Halloween biasanya disambut dengan mengenakan kostum-kostum seru dan mengadakan pesta sendiri di kantor, mall atau hanya dengan sekumpulan grup teman-teman terdekat. Kalau kamu tahun ini jadi apa elevenian? Apakah menjadi karakter yang baik atau jusru jahat dan seram? Nah, ngomong-ngomong tentang ‘seram’, blog elevenia juga punya nih 11 tempat paling seram dan berhantu. Mau tau di mana saja? Klik di sini ya!

 

Share

Leave a Reply