Beauty & Health

Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Jangan Lupa Share ya

Ada banyak orang yang bermasalah dengan kerontokan rambut. Rambut yang rontok tidak hanya dapat mengganggu penampilan, namun juga bisa membuat galau siapapun mereka yang mengalaminya. Apalagi jika rambut yang rontok sudah parah dengan skala yang cukup banyak. Faktanya, rambut rontok yang dapat merisaukan ini, hampir dialami oleh semua orang. Namun hanya kadarnya saja yang tidak sama.

Penyebab Rambut Rontok Pada Pria Dan Wanita

Berbagai hal yang menjadi penyebab rambut rontok, berikut 6 penyebab rambut rontok :

Kekurangan Nutrisi


Adanya asupan nutrisi yang cukup tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh, namun juga oleh rambut. Nutrisi yang cukup menentukan kualitas kesehatan. Termasuk untuk kesehatan rambut. Harus kamu pastikan bahwa kebutuhan gizi sudah terpenuhi dari makanan yang dikonsumsi. Terutama kandungan zat-zat bergizi yang ada kaitannya langsung dengan nutrisi untuk rambut.

Ada beberapa vitamin yang menjadi kebutuhan rambut. Mulai dari vitamin A, vitamin B, C, dan vitamin E. rambut akan kering dan mudah rontok jika kekurangan vitamin A. Untuk pertumbuhan rambut kamu diperlukan asupan vitamin B6. Sedangkan untuk memperkuat rambut dibutuhkan vitamin C, dan vitamin E yang dapat melancarkan sirkulasi darah di kepala.

Dianjurkan bagi kamu untuk mengkonsumsi makanan bergizi seimbang untuk mencegah kerontokan rambut, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C dan E serta mineral dan protein yang wajib ada dalam menu sehari-hari.

Kurang Terawat


Kebersihan rambut harus dijaga dengan cara rajin mencucinya dengan teratur. Gunakan juga jenis sampo yang sesuai untuk rambut. Jangan sampai adanya kotoran yang menumpuk di kulit kepala yang dapat menyebabkan kerusakan dan kerontokan rambut. Selain itu, jangan terlalu sering mencatok, mengeriting, dan mengeringkan rambut menggunakan hair dryer. Hal tersebut bisa merusak rambut jika keseringan dilakukan.

Kehamilan


Masa kehamilan akan menyebabkan perubahan hormon sehingga dapat menjadi penyebab rambut rontok. Dengan melakukan perawatan dan mengkonsumsi nutrisi yang cukup, kamu dapat mengurangi rambut yang rontok, dan setelah melahirkan rambut akan kembali normal.

Stress


Berbagai penyakit dapat disebabkan oleh kondisi stress seseorang. Salah satunya kerontokan rambut. kamu harus berusaha kembali ceria dan jangan sampai stress agar rambut kembali seperti semula dan kerontokan tidak berlanjut.

Genetik atau Keturunan


Banyak dari kamu yang bermasalah dengan rambut rontok karena mewarisinya dari pendahulu di dalam keluarga. Meskipun hal ini sulit untuk dihindari, masih ada usaha yang dapat kamu lakukan. Perawatan rambut dan pemberian nutrisi yang lengkap dapat mengurangi masalah rambut rontok.

Obat-obatan dan Sakit


Berbagai penyakit dapat menyebabkan kerontokan rambut, salah satunya penyakit tifus. Selain itu kemoterapi dan pengkonsumsian obat-obatan tertentu juga dapat menjadi penyebab rambut rontok.

Sekian artikel yang membahas penyebab rambut rontok ini. Semoga bermanfaat.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply