Beauty & Health

Penyebab Ketombe di Kulit Kepala

Jangan Lupa Share ya

Ketombe merupakan sel-sel kulit mati yang mengelupas secara berlebihan di kulit kepala. Ketombe ini bukanlah organisme seperti halnya kutu rambut, melainkan hanya tumpukan kulit mati di kulit kepala anda. Meskipun tidak sama seperti kutu rambut, ketombe juga dapat menyebabkan rasa gatal di kepala. Nah, saya akan memberikan anda informasi mengenai penyebab ketombe di kepala.

Terjadinya pengelupasan sel kulit mati di kepala merupakan sesuatu yang biasa dan normal. Namun, beberapa orang menganggapnya berlebihan karena gejala dramatis yang terjadi ketika mengalami masalah ketombe. Seperti iritasi dan kemerahan yang merupakan gejala dermatitis psoriasis atau seboroik. Untuk lebih jelas, langsung anda simak informasi penyebab ketombe di kepala berikut ini.

7 Penyebab Ketombe Di Kepala


Kulit Kepala Kering


Kulit yang kering biasanya terjadi di beberapa bagian kulit di tubuh, seperti pada kepala, tangan, dan kaki. Kulit kering juga menjadi salah satu penyebab ketombe di kepala. Biasanya ketombe yang dihasilkan karena adanya kulit kering tidak terlalu berminyak dan ketombenya halus.

Iritasi Kulit Berminyak


Kondisi ini disebut juga dengan seborrheic dermatitis yang menyebabkan adanya ketombe yang ditandai kerak kulit berwarna kuning atau putih dan kulit yang berminyak.

Jarang Keramas dengan Sampo


Jika rambut anda jarang dicuci menggunakan sampo dengan teratur, sel kulit mati dan minyak di kepala anda akan menumpuk sehingga terbentuklah ketombe.

Psoriasis


Hal ini merupakan konsis terganggunya kulit dan menjadi penyebab adanya sel kulit mati yang menumpuk dan membentuk kerak kulit dengan warna perak.

Eksim


Eksim disebut juga dengan eczema yang merupakan keadaan kulit yang terganggu. Keadaan eksim ini dapat terjadi pada beberapa bagian permukaan tubuh. Keadaan di kepala dapat menyebabkan ketombe.

Sensitif


Kulit kepala memiliki beberapa jenis yang berbeda di setiap orang. Ada orang yang sensitif dengan bahan dari produk perawatan rambut. misalnya PPD atau paraphenylenediamine yang menyebabkan ketombe.

Malassezia


Malassezia merupakan jenis jamur yang hidup di kulit kepala. Pada sebagian orang pertumbuhannya tidak menyebabkan masalah serius. Namun terkadang pertumbuhan jamur ini tidak terkendali dan memakan minyak yang sudah dikeluarkan oleh folikel. Hal tersebut menyebabkan adanya sel kulit mati lebih banyak dan juga iritasi. Ketombe akan muncul karena banyaknya sel kulit mati yang berkumpul dengan minyak di kepala. Pertumbuhannya yang tidak terkendali disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya perubahan hormon, banyaknya minyak di kepala, stress, kulit kepala yang sensitif, kepala kotor, dan beberapa jenis penyakit.

Faktor Lain


Hal yang menjadi penyebab ketombe di kepala termasuk penggunaan minyak rambut dan semprotan yang tidak sesuai, cuaca dingin, jarang keramas, bilasan sampo yang kurang bersih, dan juga diet.

Itulah beberapa penyebab ketombe di kulit kepala, semoga bermanfaat.

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply