Beauty & Health

Pendarahan Setelah Mencabut Gigi? Atasi Dengan Cara Ini!

Jangan Lupa Share ya

Gigi yang tanggal merupakan suatu hal yang lumrah terjadi, baik itu pada anak-anak maupun pada orang dewasa. Akan tetapi, apabila gigi yang dicabut ternyata justru menyebabkan terjadinya pendarahan, maka ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu coba untuk mengatasi pendarahan tersebut dalam waktu yang singkat. Namun, tentu saja jangan gunakan cara ini apabila hanya digunakan sebagai pengganti anjuran dari dokter ataupun praktisi medis jika gigi yang tercabut tersebut mengakibatkan pendarahan yang berat hingga tidak bisa dihentikan.

Pendarahan Setelah Mencabut Gigi? Atasi Dengan Cara Ini!

Biarkan Gigi Tanggal secara Alami

Tanggalnya gigi susu yang juga disertai dengan pendarahan yang ringan biasanya menandakan bahwa gigi tersebut tanggal terlalu dini. Oleh karena itu, membiarkan gigi susu agar mengendur dan tanggal dengan sendirinya secara alami dan tidak dipaksakan adalah cara yang paling dianjurkan dan merupakan salah satu cara yang menimbulkan rasa sakit yang sedikit.

Daripada mencabut gigi susu secara paksa seperti apa yang dicontohkan oleh orang tua kamu dulu, sebaiknya minta agar akan menggoyangkan giginya hingga terlepas. Biarkan dia melakukannya dengan menggunakan bantuan lidah. Gerakan lembut yang dilakukan oleh lidah pada gigi yang sudah goyang akan berhasil membuat gigi susu terlepas dengan sendirinya.

Jika anak kamu memperlukan bantuan, maka kamu hanya perlu memegangi giginya dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk yang telah kamu lapisi dengan menggunakan kain kasa, kemudian goyangkan giginya ke depan dan belakang secara lembut. Jika giginya masih sulit untuk digerakkan, itu artinya gigi tersebut belum siap untuk dicabut.

Perhatikan Bahwa Ada Sedikit Darah yang Akan Keluar

Sebagian besar gigi susu akan tanggal tanpa disertai dengan keluarnya darah. Akan tetapi, jika pun ada sedikit darah yang keluar makan hal tersebut masih bisa dikatakan normal. Kamu harus ingat bahwa beberapa tetes darah yang sudah tercampur dengan air liur akan membuatnya terlihat banyak. Oleh karena itu, persiapkan anak agar dia tidak bereaksi secara berlebihan jika ada darah yang di dalam mulutnya.

Untuk menghilangkan darah tersebut dari mulut, berkumurlah dengan menggunakan air dingin sesegera mungkin setelah gigi susu tanggal. Akan tetapi, jangan berkumur terlalu lama karena hal tersebut justru bisa membantu proses pembekuan darah dan bukan malah menghambatnya.

Tempelkan Kain Kasa Lembap dan Bersih selama 15 Menit

Jika pendarahan yang terjadi setelah gigi susu tanggal cukup ringan, kamu tidak perlu melakukan apapun. Tetapi jika pendarahan terjadi secara terus menerus, maka kamu bisa menggunakan kain kasa untuk menyerap darahnya sekaligus untuk merangsang pembekuan darah. Langkah-langkah yang lebih jelasnya adalah,

  • Gulunglah satu atau beberapa lembar kain kasa yang masih bersih dan telah dibasahi dengan air agar kainnya tidak menempel.
  • Mintalah anak agar menggigit gulungan kain kasa tersebut selama 15 menit.
  • Usahakan agar anak tidak melepaskan ataupun menggerakkan gigitan pada kain kasanya. Jangan bosan untuk memintanya menggigit gulungan kasa tersebut dengan berbagai cara.
  • Jika anak masih kecil, mungkin kamu harus merengangkan gulungan kasa ini, terlebih lagi jika kamu khawatir dia akan menelannya.
  • Periksa pendarahan yang terjadi pada gigi setelah 15 menit. Jika pendarahan tersebut masih belum berhenti, gunakanlah gulungan kain kasa yang baru dan segera hubungi dokter gigi.

Jangan Terus-menerus Meminta Anak Berkumur

Hal yang sangat lazim untuk menghentikan pendarahan setelah gigi tanggal adalah dengan menggunakan air hangat untuk berkumur. Namun, jika hal ini dilakukan pada saat darah sudah mulai membeku, maka gumpalan darah yang sudah terbentuk bisa terlepas atau bahkan melarut yang akan mengakibatkan darah kembali keluar. Setelah gigi tanggal, usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang panas karena hal tersebut justru akan membuat darah kembali keluar. Oleh karena itu, hindarilah mengkonsumsi makanan yang terlalu panas setelah gigi kamu tanggal. Meminum air dingin merupakan cara yang paling baik untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh setelah gigi tanggal baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Kamu bisa mulai berkumur dengan air garam yang dibuat dari sat sendok teh garam dalam satu cangkir air sehari setelah gigi kamu tanggal untuk menjaga kebersihan area tersebut. Akan tetapi, jika yang tanggal gigi anakmu, maka pastikan agar dia mau mengeluarkan kembali garam setelah berkumur.

Hubungi Dokter Gigi Anak Jika Pendarahan Berlanjut Lebih dari 15 Menit

Hal ini harus ditekankan kembali karena pada kondisi yang normal, gigi susu yang tanggal seharusnya tidak disertai dengan pendarahan yang terlalu berat. Pendarahan tersebut mungkin merupakan suatu tanda bahwa masih ada pecahan gigi yang tertinggal, adanya kerusakan pada gusi atau anak kamu memiliki kondisi medis yang menyebabkan masalah pada pembekuan darah. Untuk lebih aman, sebaiknya kamu segera menghubungi dokter gigi.

Itulah beberapa cara sederhana untuk menghentikan pendarahan setelah mencabut gigi. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply