Gadget /Komputer

PC Gaming Murah 2 Jutaan yang Bisa Kamu Pilih

Jangan Lupa Share ya

Kini, pengguna PC gaming semakin hari makin bertambah jumlahnya. Memang, sejumlah game offline atau pun game khusus single person, kini semakin berkurang jumlahnya. Sekarang ini sedang booming game dengan multiplayer, utamanya game berbasis online. Seiring dengan perkembangan zaman, kualitas game online pun kian meningkat. Hal ini terutama terpengaruh oleh berkembangnya kualitas hardware gaming untuk PC. Kebanyakan dari gamers biasanya merakit sendiri PC-nya, karena dengan begitu biaya yang diberikan terbilang lebih murah. Bagi kamu yang ingin merakit PC murah untuk gaming dengan harga Rp 2 jutaan saja. Maka berikut ini caranya:

Prosesor

Kamu bisa memilih sejumlah platform yang tersedia untuk membangun sebuah PC rakitan. Di sini kami memilih AMD dengan APU LIano, sebagai salah satu pilihan guna merakit PC gaming dengan harga berkisar Rp 2 jutaan. Pilihan klasiknya tertuju pada AMD Phenom X2 555BE. Dengan dipadukan VGA card dengan harga ekonomis, seharusnya sudah mampu menjalankan sejumlah game.

Selain itu Intel yang mengeluarkan prosesor Pentium G juga cukup menarik karena hadir dengan harga yang terjangkau. Namun sayangnya, kami masih butuh bukti apakah perpaduan antaran Pentium G dan VGA card dengan harga ekonomis sudah bisa memuaskan para gamers.

Motherboard

Untuk motherboard kami memilih ECS motherboard. Ini sebagai wakil dari semua motherboard ekonomis. Harganya pun sangat terjangkau, namun menawarkan performa yang cukup luar biasa dan konsisten. Kami pun memilihnya untuk menjadi acuan dalam proyek ini.

AMD LIano ECS A75F-M2 merupakan modhterboard paling murah untuk saat ini. Sedangkan untuk platform AMD AM3, kami lebih memilih ECS A880LM-M (chipset AMD760). Untuk pilihan Intel sendiri, pilihan kami jatuh pada chipset H61 (ECS H61H2-M2) karena memiliki harga yang sangat terjangkau.

RAM

Untuk RAM, kami memilih RAM 2GB DDR3. Kalau boleh jujur, ukuran 2GB ini memang tergolong pas-pasan. Namun kapasitas ini sendiri yang paling banyak digunakan dan cukup mumpuni untuk menjalankan sebuah game 3D terkini. Untuk harganya sendiri sekitar cukup lumayan dan tidak akan menguras kantong kamu.

Casing dan PSU

Dikarenakan dana yang disiapkan terbatas, maka kamu harus memperhitungkan setiap detail yang akan dikeluarkan. Untuk casing+PSU kami minggunakan acuan casing+PSU Gigabyte GZ-F1 480W. Kami memilinya karena memiliki harga yang cukup terjangkau dengan kisaran yang tidak menguras kantong. Dengan menggunakan casing+PSU yang satu ini, sisa uangnya bisa kami belikan komponen yang lainnya. Namun bila kamu memiliki rekomendasi casing yang lebih baik tidak ada salahnya diganti, asalkan tidak melebihi budget Rp 300 ribu.

Hard disk

Kami menggunakan hard disk dengan kapasitas 500 GB. Kapasitas tersebut memang tidak terlalu besar, namun mengingat dana yang terbatas, kapasitas tersebut merupakan pilihan terbaik. Kapasitas 500 GB sendiri sebenarnya sudah cukup besar untuk menginstal sejumlah game terkini. Namun kamu harus memastikan hard disk yang kamu pilih memiliki performa yang baik, jangan mengutamakan konsumsi daya. Sebab biasanya, hard disk yang mengutamakan pada konsumsi daya rendah memiliki performa yang rendah pula.

VGA Card

Dalam sistem tanpa VGA yang terintegrasi, kami memiliki acuan yaitu NVIDIA GeForce GT430. Sejumlah fitur khas dari NVIDIA dapat kamu manfaatkan dari VGA ini. Dukungan dari driver yang baik juga menjadi salah satu keunggulan tersendiri. Tak hanya itu, harganya pun terbilang murah dan sangat pas untuk sistem dengan budget terbatas seperti sekarang ini. Namun jika kamu memiliki pilihan lain tidak apa-apa, asalkan tidak melebihi budget. Pilihan lain yang bisa kamu pilih seperti AMD Radeon 5570. Performa yang dimiliki tidak jauh berbeda dengan NVIDIA GeForce GT430.

Optical Drive

Untuk yang satu ini pilihan kami jatuh pada Lite-ON DVD-RW 22x. Ya, bisa ditebak bukan? Kami memilihnya karena tidak harus mengeluarkan uang yang banyak. Namun bila kamu berkeinginan membangun sebuah PC gaming untuk sebuah game center, akan lebih baik mengesampingkan opsi yang satu ini. Dengan tanpa adanya Optical Drive, dana tersebut bisa kamu kembangkan untuk meningkatkan kemampuan pada VGA card. Pilihan lainnya adalah dengan meningkatkan kapasitas RAM ke 4GB, dengan begitu kamu akan mendapatkan sistem yang lebih responsip dan tentunya sangat pas jika digunakan untuk kegiatan multitasking.

Itulah sejumlah hal yang bisa kamu lakukan jika ingin merakit PC untuk gaming dengan budget Rp 2 jutaan saja. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply