Religi

Panduan dan Doa Shalat Tahajud yang Perlu Kamu Tahu

Shalat tahajud adalah shalat Sunnah yang dilakukan sebanyak dua rakaat setiap shalatnya dan dilakukan pada sepertiga malam. Ada pula yang  berpendapat bahwa shalat ini dilakukan  pada setengah akhir waktu malam atau dua pertiga malam hingga menjelang waktu subuh.

Para ulama memiliki pendapat yang bereda mengenai waktu pelaksanaan shalat yang sering kali disebut dengan shalatun lail ini. Pendapat yang pertama mengemukakan bahwa shalat ini harus dikerjakan setelah bangun tidur di malam hari. Sedangkan ulama yang lainnya menyebutkan bahwa setiap orang yang akan melakukan shalat tahajud ini tidak perlu tidur terlebih dahulu.

Sebenarnya niat untuk menjalankan shalat tahajud sangatlah pendek sehingg kita dapat dengan mudah mengingatnya.

Dalam Bahasa Latin niat tersebut adalah:

“Ushollii sunnatat tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.”

Artinya: “Aku (berniat) shalat tahajud 2 rakaat karena Allah Ta’ala.”

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melaksanakan shalat tahajud adalah:

  1. Membaca niat dengan pelan serta menghayati arti dari niat tersebut dalam hati,
  2. Mengucapkan takbir (Allahhuakbar) sambil mengangkat kedua tangan seperti takbir sholat biasanya,
  3. Membaca doa iftitah,
  4. Membaca surat Al-fatihah,
  5. Membaca surat pendek Al Quran,
  6. Melakukan gerakan ruku’, i’tidal, sujud, hingga salam sambil membaca bacaan untuk gerakan tersebut.
  7. Setelah selesai, kamu dianjurkan untuk membaca wirid, tasbih, tahmid, takbir, shalawat, idtighfar dan doa setelah shalat tahajud.

Doa Sholat tahajud

Dibawah ini merupakan doa shalat tahajud dalam Bahasa Latin:

“ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH.”

 

Artinya: “Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Keutamaan Sholat Tahajud

Shalat Sunnah tahajud adalah shalat malam yang dapat memberikan  keutamaan bagi orang yang melaksanakannya. Kerutamaan yang didapat adalah keutamaan dunia akhirat yang didapatkan dari melaksanakan shalat ini antara lain:

Doa-doa kita dikabulkan oleh Allah

Keutamaan ini disampaikan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Muslim dan Ahmad. Dalam hadis tersebut disampaikan bahwa Jabir R.A berkata bahwa beliau mendengar Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya seorang muslim memohon kebaikan dunia dan akhirat kepada Allah di malam hari itu, Allah akan mengijabah (mengabulkan) doanya. Terlebih lagi, hal ini bisa dilakukan setiap malam.”

Dalam hadis riwayat Muslim disampaikan bahwa Rasulullah pernah bersabda mengenai shalat ini.

“Bahwa seutama-utamanya shalat sesudah shalat fardhu adalah shalat Sunnah di malam hari.”

Janji Surga Bagi Orang yang Mengamalkan Qiyamul Lail

Sebagaimana yang telah diriwayatkan Tirmidzi bahwa Abdullah bin salam berkata bahwa Rasulullah bersabda:

“Hai sekalian umat manusia, sebarkanlah salam, berikanlah makanan, serta shalat malamlah ketika manusia sedang tidur agar kamu selamat dan masuk surga.”

Janji tempat terpuji

Seperti yang tercantum dalam QS. Al Isra ayat 79:

“Hendaklah seorang muslim shalat tahajud pada malam hari sebagai tambahan amal niscaya Tuhan akan mengangkatnya ke tempat yang terpuji.”

Itulah beberapa keutamaan shalat tahajud dan sudah sepantasnya kita melaksanakan shalat ini setiap malam. Pada awalnya memang akan terasa sulit, akan tetapi jika terus dibiasakan maka ibadah ini akan terasa ringan. Demikianlan pembahasan mengenai panduan dan doa shalat tahajud. Semoga dengan adanya pembahasain ini, kamu yang ingin mengetahui amalan dan pelaksanaan shalat tahajud ini bisa mengamalkannya. (elevenia)

Leave a Reply