Culinary

Oleh-Oleh Khas Lampung Paling Favorit

Jangan Lupa Share ya

Lampung adalah salah satu provinsi yang cukup dikenal di Indonesia. Provinsi ini bisa dibilang termasuk provinsi yang perkembangannya cepat. Bisa dilihat dari berbagai industri yang bermunculan di sana. Mulai dari industri kecil-kecilan alias UMKM, hingga industri besar.

Selain itu, provinsi ini disebut-sebut sebagai provinsi/kota pisang karena produksi pisangnya yang sangat berlimpah. Tidak hanya pisang, banyak kuliner khas yang mampu menggoda para wisatawan yang datang. Dijamin, lidahmu akan puas jika mencicipi makanan-makanan yang ada di Lampung.

Lampung juga mempunyai banyak tempat wisata yang indah. Hal ini disebabkan karena letaknya yang berdekatan dengan laut. Provinsi yang merupakan penghubungan antara pulau Jawa dan Pulau Sumatera ini cukup terkenal dengan makanan-makanan lautnya.

Dua hal di atas membuat Lampung menjadi semakin di kenal di Indonesia dan di luar Indonesia. Hal ini membuat kota pisang ini kerap dikunjungi oleh turis-turis lokal maupun mancanegara. Tidak lupa dengan oleh-oleh khas Lampung yang beragam dan patut kamu beli jika kamu mengunjungi Lampung.

Berbagai Macam Oleh-Oleh Makanan

Oleh-oleh khas Lampung tidak kalah ciamik dengan provinsi lainnya. Oleh-oleh identik dengan makanan. Oleh sebab itu kami merekomendasikan beberapa buah tangan kekinian yang wajib kamu bawa pulang ke rumah!

  1. Keripik Pisang

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Lampung memiliki perkebunan pisang yang sangat besar, begitu juga dengan produksinya. Maka tidak aneh jika Lampung terkenal dengan produksi olahan pisang, salah satunya adalah keripik pisang.

Rasanya gurih dan manis, seperti keripik kebanyakan. Baru-baru ini, keripik pisang khas Lampung ini mengeluarkan varian rasa yang tidak kalah nikmat. Yaitu rasa keju, cokelat, susu hingga kopi. Ukuran keripik pisang ini juga bisa kamu pilih, dari 250 gram hingga 500 gram.

  1. Kopi Lampung

Selain pisang, sebenarnya Lampung juga dikenal dengan produksi kopinya yang paling baik se-Indonesia. Banyak wisatawan yang pergi ke Lampung dan membawa pulang oleh-oleh berupa kopi khas Lampung. Banyak sekali jenis-jenis kopi yang diproduksi di provinsi ini, namun yang paling terkenal dan diminta adalah jenis kopi robusta.

Merk kopi Lampung yang paling populer adalah kopi cap bola dunia. Selain populer, merk kopi ini memang merk yang paling tua yang ada di Lampung. Aroma kopinya sangat khas dan wangi. Selain cap bola dunia, ada juga merk Sinar Dunia yang terkenal dengan kepekatan dan kepahitannya.

Baca Juga: 8 MAKANAN TRADISIONAL LAMPUNG YANG PALING POPULER

  1. Kemplang

Kemplang jika diartikan di bahasa Jawa berarti menampar, namun jika kamu mengatakannya di Lampung, kamu akan disuguhi dengan makanan. Daerah-daerah lain akan menyebutnya sebagai Amplang. Nah, amplang dan kemplang ini sama-sama mempunyai bahan dasar yang sama, yaitu ikan.

Tapi yang membedakan amplang dan kemplang adalah cara memasaknya. Jika Amplang dimasak dengan cara digoreng, kemplang dimasak dengan cara dipanggang. Dengan dipanggang, tekstur yang dimiliki kemplang menjadi keras dan rasanya lebih khas dan gurih. Umumnya kemplang dijual dengan kisaran harga 5000 rupiah hingga 20,000 rupiah.

  1. Sambal Lampung

Lampung tidak kalah dengan Padang jika soal sambal. Lampung juga mempunyai sambal khas yang mempunyai varian berbeda-beda. Ada sambal bawang, sambal terasi, sambal cuka, sambal ikan peda dan sambal goreng udang. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di toko-toko di kawasan Teluk Lampung.

Kain Tapis, Sandang Asli Lampung

Selain makanan dan minuman, pakaian adalah salah satu bahan pokok untuk bertahan hidup. Lampung mempunyai sandang khas yang disebut dengan kain tapis. Kain ini cukup terkenal dan wajib ada di dalam daftar belanja kamu.

Oleh-oleh khas Lampung ini menyediakan berbagai corak. Yaitu corak flora, fauna, alam dan sebagainya. Kain ini didominasi dengan warna emas dan perak. Kain ini sangat cocok untuk menjadi buah tangan bagi pasangan perempuan kamu atau teman perempuan kamu.

Cara pembuatan dari kain tapis ini ada yang modern dan juga tradisional. Pembuatan yang modern dibantu dengan mesin bordir. Sedangkan pembuatan tradisional dilakukan dengan cara menyulam. Karena pembuatannya yang begitu rumit dan memakan waktu lama, kain tapis ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yaitu mencapai 7 juta rupiah.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Lampung yang bisa kamu bawa pulang. Sebagai saran, saat membeli oleh-oleh berupa makanan kamu harus pastikan makanan tersebut tahan lama agar masih bisa menikmati sesampainya di rumah. Kalau kamu, oleh-oleh khas Lampung mana saja yang akan masuk daftar belanja nanti?

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply