Beauty & Health

Mungkinkah Radang Usus Buntu Kambuh Kembali Setelah Operasi? Ini Jawabannya!

Jangan Lupa Share ya

Bagi sebagian besar orang yang pernah mengalami penyakit usus buntu mungkin akan merasa lebih tenang karena yakin bahwa ia tidak mungkin usus buntu kambuh kembali.

Penyakit usus buntu sebenarnya terjadi karena terdapat sumbatan yang terjadi pada usus kita dan menyebabkan timbulnya peradangan pada usus. Selain itu, radang usus buntu juga bisa diakibatkan karena adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Oleh karena itu, biasanya penyakit radang usus buntu ini akan diobati dengan cara melakukan operasi dan mengangkat bagian usus yang mengalami peradangan.

Lantas, apakah mungkin usus buntu akan kembali kambuh setelah menjalani operasi? Lalu, apa yang harus kita lakukan ketika usus buntu kambuh kembali?

Mungkinkah Radang Usus Buntu Kambuh Kembali Setelah Operasi? Ini Jawabannya!

Mungkinkah Radang Usus Buntu Kambuh Kembali Setelah Operasi - 1Usus buntu yang mengalami infeksi dan peradangan akan dipotong dan diangkat pada saat proses operasi. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi gangguan kesehatan lainnya yang bisa saja muncul di lain waktu. Tindakan medis yang dilakukan ini disebut dengan istilah apendiktomi, yaitu pengangkatan usus buntu.

Pada dasarnya, peluang untuk kambuhnya radang usus buntu cukup kecil karena bagian usus tersebut telah dihilangkan dari tubuh pada saat operasi dilakukan. Akan tetapi, bukan berarti tidak ada kemungkinannya sama sekali. Sebenarnya kondisi ini termasuk pada komplikasi yang bisa saja muncul setelah pengangkatan usus buntu berhasil dilakukan. Akan tetapi, kejadian seperti ini cukup jarang terjadi.

Jika setelah operasi usus buntu rasa sakit tidak hilang atau bahkan kamu merasakan sakit perut lagi setelah beberapa waktu, maka jangan abaikan hal tersebut. Bisa saja hal ini disebabkan karena adanya peradangan yang kambuh. Hal ini mungkin saja terjadi pada orang yang telah menjalani operasi usus buntu beberapa tahun yang lalu, kemudian penyakit tersebut kambuh kembali.

Komplikasi Setelah Operasi

Apa yang menyebabkan radang usus buntu kambuh, meski telah operasi?

Pada dasarnya, sampai saat ini para ahli juga tidak mengetahui penyebab pasti dari penyakit radang usus buntu yang kambuh kembali. Mungkin saja ada beberapa hal yang bisa menyebabkan penyakit radang usus buntu kambuh sehingga membuat kamu mengalami rasa sakit di bagian perut kanan bawah.

Pada tahun 2013, dilakukan sebuah penelitian yang hasilnya mengungkapkan bahwa peluang usus buntu kambuh bisa disebabkan karena pada saat operasi masih ada bagian usus buntu yang masih tertinggal. Penelitian lainnya juga menyatakan hal yang sama. Jika infeksi berikutnya terjadi pada bekas operasi, hal ini bisa saja disebabkan karena masih ada bagian usus buntu yang tersisa sekitar 3 hingga 5 milimeter.

Baca juga: 5 Obat Radang Usus Alami yang Bisa Diracik Sendiri

Pada saat radang usus buntu kambuh kembali, maka hal ini biasanya akan langsung ditangani dengan cara melakukan operasi lagi. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa pada saat kamu merasakan sakit seperti saat usus buntu beberapa waktu yang lalu, sebaiknya langsung periksakan dirimu ke dokter.

Bagaimana cara mencegah radang usus buntu kambuh?

Mungkinkah Radang Usus Buntu Kambuh Kembali Setelah Operasi - 2Karena kita belum mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan hal seperti ini terjadi, sebenarnya tidak akan ketentuan yang khusus mengenai bagaimana cara mencegah kondisi seperti ini. Akan tetapi, kamu bisa melakukan berbagai macam cara yang ada di bawah ini untuk menghindari terjadinya komplikasi setelah melakukan operasi pengangkatan radang usus buntu kamu yang pertama kalinya.

  • Tetap memakan makanan yang telah dianjurkan oleh dokter dan menghindari makanan yang dokter larang.
  • Setelah operasi berhasil dilakukan, kamu harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat untuk membantu memperlancar sistem pencernaan.
  • Pastikan agar tubuh Anda tidak kekurangan cairan dengan cara minum air sebanyak 8-10 gelas per hari.
  • Rawat bekas luka dengan baik.
  • Jika kamu memang sudah bisa pulang dalam waktu satu atau dua hari setelah operasi dilakukan, maka kamu harus pulang pada saat kondisi luka operasi yang masih ‘basah”. Karena biasanya luka operasi membutuhkan waktu yang lama untuk kering, yaitu sekitar 2 hingga 3 minggu setelah operasi dilakukan. Maka, sering-seringlah melakukan konsultasi ke dokter sekaligus periksakan luka bekas operasi pada tubuh kamu ke dokter.
  • Bertanyalah padanya kapan kamu bisa melakukan aktivitas fisik sebagaimana mestinya. Setiap orang memiliki masa untuk sembuh dalam waktu yang berbeda-beda. Akan tetapi, kebanyakan orang yang baru saja menjalani operasi usus buntu memerlukan waktu minimal 4 minggu untuk kembali pulih.

Ciri-ciri dan Gejala Usus Buntu Kambuh

Untuk menanggulangi, anda perlu mengenali ciri-ciri usus buntu yang kambuh. Gejalanya dimulai dari ringan hingga yang berat, dan supaya lebih waspada terhadap gejala-gejala usus buntu yang terasa ringan. Berikut beberapa ciri khas usus buntu kambuh:

  • Nyeri pada perut bagian bawah. Apabila hal ini terjadi secara mendadak, tidak perlu panik. Gejala ini disebabkan oleh peradangan bagian sisa usus buntu.
  • Mual, muntah, nafsu makan menurun. Seperti gejala usus buntu, kambuhnya pun masih berkaitan dengan pencernaan. Saat ini sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk langkah pencegahannya.
  • Gangguan pencernaan. Gangguan bisa berupa sembelit/konstipasi ataupun diare, gejala ini kemungkinan besar sudah terjadi penyumbatan sebagian atau menyeluruh pada usus sudah terjadi.
  • Demam ringan. Demam ringan bisa berkisar antara 37 hingga 38 derajat Celcius, yang merupakan reaksi alami tubuh ketika sistem imun melawan infeksi agar mengurangi jumlah bakteri yang menyerang tubuh.

Itulah jawaban dan penjelasan dari pertanyaan apakah radang usus buntu bisa kambuh, bahkan setelah melakukan operasi pengangkatan usus buntu. Semoga jawaban tersebut dapat membuat kamu merasa puas dan tentunya bermanfaat bagi kamu. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Latest posts by Putri (see all)

Leave a Reply