Beauty & Health

Mitos Durian: Ditambah Soda Sebabkan Kematian?

Mitos Durian Ditambah Soda Sebabkan Kematian

Jangan Lupa Share ya

Durian adalah tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, yang nama buahnya sama dan bisa dimakan. Durian cukup terkenal di Indonesia, tapi tidak semua orang menyukai buah ini. Baunya yang kuat dan rasanya yang khas menjadikan buah ini ‘King of the Fruit’ atau Raja Buah. Bahkan saking kuat aromanya, banyak bandar udara di dunia yang melarang membawa buah ini ke dalam pesawat.

Beberapa cerita mengenai durian yang akan kita bahas adalah bahwa durian dapat menaikkan berat badan, menyebabkan kolesterol tinggi, salah satu penyebab diabetes, dan bila meminum soda setelah makan durian maka akan menyebabkan kematian. Apakah itu benar?

Mari kita bahas satu persatu:

1. Durian meningkatkan berat badan

Mitos Durian Ditambah Soda Sebabkan Kematian-1Durian ternyata BISA meningkatkan berat badan, ini adalah fakta. Tetapi kembali lagi, hal ini tergantung dari berapa banyak durian yang anda makan. Karena 100 gram durian mengandung 147 kalori. Jadi apabila anda makan 1 kg, maka kalori anda sudah 1470. Kurang lebih sekitar 1500 kalori.

Dan bagi orang Indonesia, rata-rata kebutuhan kalorinya adalah 2000 sampai 2500. Terutama bagi yang aktivitas fisiknya minim, mungkin kebutuhan kalori and hanya sekitar 2000. Atau mungkin di bawah 2000. Tetapi jika anda sudah mengkonsumsi durian sebanyak 1 kg, maka jatah kalori anda dalam satu hari sudah mencapai 75% diambil oleh durian tadi.

2. Durian mengandung kolesterol

Mitos Durian Ditambah Soda Sebabkan Kematian-2Berdasarkan komposisinya, durian memang mengandung karbohidrat dan lemak, namun TIDAK mengandung kolesterol. Menurut data dari fatsecret Indonesia, dalam 100 gram Durian, terdapat 27,09 gram karbohidrat dan lemak sebesar 5,33 gram, sedang kolesterol tidak ada sama sekali (0 mg).

3. Durian menyebabkan diabetes

Mitos Durian Ditambah Soda Sebabkan Kematian-3Durian BISA menyebabkan diabetes, tapi dengan kemungkinan yang kecil. Ingat dengan komposisi durian? Salah satunya adalah karbohidrat, dan karbohidrat adalah salah satu yang konsumsinya harus dijaga oleh para pengidap diabetes. Kemungkinan untuk diabetes terjadi ketika anda mengkonsumsi durian sekitar 1 sampai 2 bulan dan seterusnya setiap hari anda makan dalam jumlah besar, maka kemungkinan besar anda akan mengalami diabetes mellitus atau kencing manis.

Jika sekarang anda sudah terkena kencing manis, diabetes tipe 2, apakah anda masih boleh makan durian? Jawabannya boleh. Tetapi dengan syarat, anda penuhi dulu serat anda. Jadi sebelum anda makan durian, sebaiknya anda makan sayuran hijau dulu yang kaya akan serat sekitar 200 gram, barulah anda boleh makan durian. Apa tujuan serat tersebut? Serat berguna agar gula yang anda makan pada durian diserap pelan-pelan oleh usus anda.

4. Durian menyebabkan kematian ketika dikonsumsi dengan minuman bersoda

Mitos Durian Ditambah Soda Sebabkan Kematian-4Hal tersebut adalah MITOS. Memang benar bahwa makan durian dapat menyebabkan gas dan soda pun dapat menyebabkan gas. Jika dikombinasikan, gas yang dihasilkan akan lebih besar di dalam lambung anda atau di dalam perut anda. Yang terjadi adalah anda akan mengalami begah dan rasa tidak enak pada perut, tetapi tidak sampai menyebabkan kematian.

Mungkin bagi anda yang sensitif, yang punya masalah dengan lambung gastritis atau dispepsia dan sebagainya, mungkin anda bisa begah. Kemudian mual, bahkan sampai muntah jika banyak mengkonsumsi durian ditambah soda.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply