Beauty & Health

Merasa Sesak Napas, Apakah Asma?

Merasa Sesak Napas, Apakah Asma

Jangan Lupa Share ya

Sesak napas adalah kondisi dimana paru-paru kita tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Beberapa dari kita selama ini sering beranggapan bahwa sesak napas adalah asma. Banyak orang yang begitu sesak napas, langsung mengasosiasikannya dengan penyakit asma dan langsung mencari obat asma. Sebenarnya, tidaklah harus demikian.

Sesak napas ini bisa jadi salah satu gejala dari suatu penyakit, bahkan bisa terjadi pada orang sehat sekalipun. Apa saja penyebab dari sesak napas ini?

1. Penyempitan Saluran Pernapasan

Hal ini terjadi pada pengidap penyakit asma atau PPOK, Penyakit Paru Obstruktif Menahun. Bagi mereka yang perokok berat, sesak napas yang dirasakan masuk ke dalam kategori ini.

2. Infeksi Bakteri

Hal ini terjadi pada pengidap penyakit TB Paru. Tuberculosis yang disebabkan oleh mycobacterium tuberculosis. Untuk hal semacam ini, anda harus cek ke dokter dan harus mengkonsumsi obat khusus untuk TB.

3. Masalah di Jantung

Bagi mereka yang mempunyai masalah di jantung, misalnya lemah jantung, hal ini juga dapat menyebabkan sesak. Jadi, sesak itu tidak selalu berarti paru-paru yang terkena sesuatu atau mengidap penyakit. Masalah di jantung pun bisa menyebabkan sesak napas.

4. Pengalaman Traumatik Tubuh

Hal ini kadang terjadi pada korban kecelakaan kecil ataupun besar. Contohnya pengendara sepeda motor yang terjatuh dan terbentur setir, bagian tulang rusuk yang retak/patah atau otot memar di bagian dada juga dapat menyebabkan sesak.

5. Komplikasi Diabetes

Biasanya kondisi tersebut disebut KAD, yaitu Ketoasidosis Diabetik. Dan biasanya, pasien-pasien seperti ini dalam keadaan tidak sadar atau koma. Tetapi, tetap bisa merasakan sesak juga. Rasa sesak pada komplikasi diabetes berbeda dengan sesak pada asma, atau sesak pada penyakit jantung.

6. Obesitas/Kegemukan

Jenis sesak yang tidak disebabkan karena penyakit. Kelebihan berat badan bisa jadi pemicu rasa sesak ataupun sesak napas. Kesulitan bernapas ini disebabkan oleh lemahnya jantung dalam memompa oksigen dan ekspansi paru-paru yang kurang maksimal ketika menarik napas.

7. Mendapat Kabar Buruk

Jenis sesak yang bukan disebabkan secara fisikal, tapi mental. Mendapatkan kabar buruk bisa memberikan beban cukup bagi pikiran anda, lalu tubuh bekerja sesuai keadaan psikis anda, dan tekanan akan terasa di dada dan terasa sesak.

Nah, setelah tahu beberapa penyebab sesak napas, tidak semuanya mengacu pada penyakit asma. Penting untuk mengidentifikasi penyebab dari sesak napas. Tapi akan lebih penting lagi untuk memberikan ruang bagi penderita sesak napas, karena apapun penyebabnya, penderita sesak napas tentu membutuhkan oksigen di saat itu juga. Maka jangan dikerubungi, karena pasokan oksigen menjadi terbatas. Jika perlu, langsung larikan ke Rumah Sakit untuk mendapatkan pertolongan pertama.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply