Culinary

Menu Khas Lebaran di Seluruh Dunia

[BlogHeader]Lebaran_4

Hi elevenian!

Bagaiman dengan Lebaran Anda? Menyenangkan kah? Kami harap sangat ya..apalagi dengan aneka makanan yang dihidangkan di saat Lebaran. Ketupat dan Opor Ayam,menjadi menu yang sangat istimewa karena ini merupakan menu khas Indonesia yang tak mungkin dilewatkan. Ada juga yang menambahkan, rendang, balado kentang serta serundeng dan masih banyak lagi dalam menu Lebarannya.

Tak hanya di Indonesia, berbagai negara lain seperti Bangladesh, Turki dan Maldives  juga memiliki menu khas Lebaran mereka. Yuk, kita intip beberapa menunya!

  1. Curry Chapati – Bangladesh
Foto daimbil dari masakanpraktisrumahan.com
Foto daimbil dari masakanpraktisrumahan.com

Negara ini terkenal dengan hidangan mereka yang pedas. Maka, tak heran jika menu lebaran mereka mungkin bisa cocok dengan penduduk Indonesia. Negara yang juga masih serumpun dengan India ini memiliki menu yang kurang lebih sama dengan India. Salah satu hidangan khas mereka adalah Curry Chapati yang mungkin sering Anda temukan di restoran India. Meski menu ini menggunakan santan, kabarnya menu ini memiliki kalori yang lebih rendah dari Opor Ayam. (source: tnol.co.id)

  1. Baklava – Turki
Foto diambil dari 123rf.com
Foto diambil dari 123rf.com

Untuk kamu yang mencintai pasta, maka hidangan khas Turki yang satu ini harus dicoba! Bentuknya seperti Lasagna, teksturnya pun terdiri dari pastry berlapis-lapis. Namun, isisnya bukan daging elevenian! Melainkan potongan kacang-kacangan. Nama menu ini adalah Baklava. Menu khas Lebaran dari Turki ini termasuk menu yang manis, alias sebuah hidangan penutup mulut. Untuk rasa yang lebih sedap lagi, orang turki suka menambahkan saos madu diatasnya.

  1. Kaak- Mesir
Foto diambil dari thesweetexplorer.com
Foto diambil dari thesweetexplorer.com

Masih berbicara mengenai hidangan penutup mulit, menu yang satu ini sangat bersejarah di Mesir. Namanya adalah Kaak. Kabarnya, menu ini sudah ada di Mesir sejak tahun 1540 SM – 1307 SM! Bentuknya seperti kue kering khas Indonesia Puteri Salju. Jika Putri Salju memiliki kalori yang cukup besar, namun kue kering Kaak dikabarkan memiliki kalori rendah serta mengandungi protein yang baik untuk tubuh.

  1. Gula dan Kulhi Boabika – Maldives
Foto diambil dari masakanpraktisrumahan.com
Foto diambil dari masakanpraktisrumahan.com

Negara yang bisa dikatakan sebagai salah satu negara paling ‘instagramable’ ini juga memiliki hidangan yang tak kalah menariknya. Sebagai negara yang berbentuk kepulauan, Maldive memiliki menu khas lebaran yang dioalh dari hasil perlautan. Namanya adalh Gula dan Kulhi. Makanan ini merupakan nasi dan ikan tuna yang dibalut dan juga digoreng. Hmmm jika dilihat dari penampilannya, sepertinya menu ini enak ya elevenian? Gmana menurut kalian?

  1. Sup Mi La Mian – Tiongkok
Sup Mie La Mian
Foto ini diambil dari masakanpraktisrumahan.com

Nah,untuk menu yang satu ini, kalian pasti suka! Bagaimana tidak? Mie memangmenjadi salah satusantapan kegemaran di Indonesia. Jika Anda berlebaran di negeri Tiongkok kalian pasti menemukan Sup Mi La Mian, atau nama mudahnya Mie Tarik. Mie ini merupkan menu khas Tiongkok untuk berbagai acara termasuk Hari Raya Idul Fitri. Waah kelihatannya enak ya elevenian? Kalau menu khas lebaran dunia favorit kalian kira-kira yang mana nih elevenian?

Share

Leave a Reply