Hobby

Mengenal Ciri-Ciri Batu Zamrud Zambia Asli

Mengenal Ciri-Ciri Batu Zamrud Zambia Asli

Jangan Lupa Share ya

Salah satu batu alam yang digunakan untuk pelengkap dalam aksesoris adalah batu zamrud. Batu yang juga disebut dengan batu emerald ini banyak diminati oleh orang-orang karena keindahannya. Adapun ciri khas dari batu ini banyaknya kandungan mineral kromium dan silikat beril sehingga membuatnya berwarna hijau khas yang alami. Tidak heran jika batu zamrud ini sering digunakan sebagai pelengkap pada cincin atau kalung.

Batu zamrud sendiri terdiri dari beberapa jenis dan yang cukup terkenal di kalangan dunia yaitu batu zamrud zambia. Sebagai salah satu benda yang berharga dan dicari oleh sebagian orang membuat batu ini digunakan sebagai alat untuk melakukan kecurangan dalam perdagangan.

Dalam hal ini terdapat beberapa penjual batu zamrud yang mengklaim produknya asli. Namun secara tidak sadar ternyata konsumennya telah membeli batu zamrud yang salah atau produk imitasi semata. Agar terhindar dari hal buruk tersebut, penting bagi kamu untuk mengetahui ciri-ciri dari batu zamrud asli melalui ulasan berikut ini.

Memperhatikan Fisik Batu Zamrud


Mengenal Ciri-Ciri Batu Zamrud Zambia AsliProduk imitasi secara sekilas akan memiliki fisik yang sama dengan batu zamrud asli. Namun jika diperhatikan lebih detail maka akan ditemukan perbedaan diantara keduanya. Adapun melakukan pemeriksaan fisik pada batu zamrud dapat dilakukan dengan cara-cara dibawah ini.

1. Memandangi Batu Melalui Dichroscope


Salah satu ciri-ciri dari batu zamrud asli adalah akan menghasilkan warna hijau yang berbeda apabila dilihat dari sisi berbeda. Untuk dapat mengetahui hal ini maka kamu membutuhkan alat yang disebut dichroscope. Pada penggunaannya, batu harus diterangi dengan sumber cahaya yang sangat kuat hingga memancarkan sinar putih.

Sumber sinar yang digunakan dapat berupa lampu berdaya cukup tinggi seperti lampu jalanan. Selanjutnya putar keduanya baik batu zamrud maupun dichroscope sehingga dapat terlihat dari berbagai arah. Dalam hal ini, batu zamrud yang asli akan menunjukkan sifat dichroid-nya.

Sifat tersebut membuat batu akan terlihat berwarna hijau kebiruan pada satu sisi dan pada sisi yang lain menampakkan warna hijau kekuningan. Hal ini menunjukkan bahwa batu zamrud asli akan menghasilkan dikroisme kuat yang menandakan bahwa batu tersebut berkualitas tinggi.

2. Memeriksa Efek Gemerlap


Batu zamrud asli dapat diketahui dengan adanya kilatan berwarna yang hadir di bawah cahaya. Hal ini dikarenakan batu zamrud menghasilkan sedikit api atau bahkan tidak sama sekali. Sementara itu, jika batu yang diperhatikan memberikan kilau pelangi maka dapat dikatakan bahwa batu tersebut merupakan imitasi.

Memperhatikan Kekurangan Batu Zamrud


Batu zamrud yang asli dengan yang palsu juga dapat dibedakan melalui kekurangannya. Berdasarkan hal tersebut, batu zamrud yang asli dapat diketahui melalui cara-cara di bawah ini.

1. Mencari Keusangan dari Segi Permata


Kualitas dari barang asli dan barang palsu tentu dapat terlihat dari ketahanannya. Dalam hal ini, batu yang terbuat dari bahan berkualitas rendah seperti kaca dan lain sebagainya akan cepat usang.

Jika tepian batu terlihat lunak dan juga usang maka dapat dipastikan batu tersebut palsu. Selain itu batu zamrud palsu yang terbuat dari bahan imitasi akan memperlihatkan tekstur seperti kulit jeruk. Dimana permukaannya akan tampak berlesung pipit dan juga memiliki efek bundar pada tepinya.

2. Mencari Kecacatan Dengan Kaca Pembesar


Alat lain yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui keaslian dari batu zamrud adalah kaca pembesar atau lup jeweler. Namun dalam hal ini kaca pembesar yang digunakan setidaknya memiliki tiga lensa dan disertai dengan kekuatan 10x. Letakkan lup jeweler diatas batu sehingga cahaya menyinarinya dengan sudut miring pada sorotan sempit.

Apabila kamu menemukan pola aneh atau cacat kecil maka hal ini menunjukkan bahwa batu tersebut merupakan batu zamrud asli. Sebaliknya, jika kamu menemukan batu dengan hasil yang sangat bening serta hampir tidak ada inklusi maka dapat dikatakan jika batu tersebut merupakan buatan manusia.

Memperhatikan Pertimbangan Lainnya


Mengenal Ciri-Ciri Batu Zamrud Zambia AsliSelain menentukan keaslian dari batu zamrud melalui bentuk fisik dan ciri khasnya. Kamu juga dapat mempertimbangkan keaslian batu zamrud berdasarkan hal lain yang dapat dilakukan dengan cara berikut ini.

1. Mewaspadai Harga Murah


Hal penting lainnya yang harus dipertimbangkan sebelum memilih batu zamrud asli adalah mengenai penawaran harganya. Batu yang dihasilkan dari alam ini tentu memiliki harga yang tidak murah. Dalam hal ini, jika mendapatkan penawaran harga yang sangat murah untuk batu zamrud asli. Maka bisa jadi yang ditawarkan tersebut merupakan kaca kristal atau barang imitasi.

2. Taksir Batu Permata


Agar tidak tertipu dengan barang imitasi, kamu dapat mempercayakan hal ini kepada ahlinya. Dengan kata lain kamu bisa membawa batu terkait kepada ahli permata. Hal ini akan membuat kamu mengetahui berapa harga yang pantas untuk batu yang kamu bawa. Melalui alat khusus yang dimiliki oleh ahli permata maka akan dapat memberikan jawaban yang pasti untuk kamu.

Itulah beberapa cara untuk mengetahuinya ciri-ciri batu zamrud zambia atau batu zamrud asli lainnya. Dengan demikian, kamu tidak perlu rugi dengan membeli batu zamrud berupa produk imitasi.

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply