Uncategorized

Mengenai Sistem Kesehatan Nasional yang Perlu Kita Ketahui

Jangan Lupa Share ya

Menurut organisasi kesehatan dunia atau WHO, sistem kesehatan merupakan proses kumpulan dari berbagai faktor yang kompleks dan berhubungan dalam suatu negara yang sangat diperlukan untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan akan kesehatan perseorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat pada saat dibutuhkan.

Dalam sebuah sistem yang dibuat, haruslah terdapat unsur-unsur yang meliputi input, output, feedback, impact dan lingkungan. Menteri Kesehatan Indonesia mengesahkan sistem kesehatan dengan tujuan untuk meningkatkan derajat dari bidang kesehatan dan kesejahteraan secara optimal sesuai dengan apa yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945.

Sistem Kesehatan Nasional atau disingkat menjadi SKN merupakan suatu bentuk dan cara penyelenggaraan pembangunan kesehatan yang memadukan semua upaya bangsa Indonesia dalam satu langkah untuk menjamin tercapainya tujuan pembangunan kesehatan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat sebagai mana yang tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945.

Sistem Kesehatan Nasional ini sangat perlu untuk dilakukan dalam konteks pembangunan kesehatan secara menyeluruh dengan mempertimbangkan hal-hal seperti berikut ini,

  • kondisi kehidupan sehari-hari,
  • tingkat pendidikan,
  • pendapatan keluarga,
  • keamanan,
  • distribusi kewenangan,
  • sumber daya,
  • kesadaran masyarakat,
  • kemampuan tenaga kesehatan.

Sistem Kesehatan Nasional yang telah disahkan oleh Menteri Kesehatan ini disusun dengan memperhatikan berbagai pendekatan terhadap pelayanan kesehatan dasar, di antaranya:

  • Pemberian pelayanan kesehatan yang berpihak kepada rakyat,
  • Cakupan pelayanan kesehatan yang adil dan merata,
  • Kebijakan pembangunan kesehatan, dan
  • Kepemimpinan

Jika ada koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergisme, baik diantara para pelaku, antar subsistem maupun dengan sistem serta subsistem lainnya yang ada di luar Sistem Kesehatan Nasional, maka sistem ini akan berfungsi dengan baik untuk mencapai tujuannya. Dengan tatanan yang seperti ini, maka sistem atau bahkan seluruh sektor yang terlibat harus berperan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan nasional.

Tujuan dari adanya Sistem Kesehatan Nasional sendiri adalah terselenggaranya pembangunan kesehatan yang didukung oleh seluruh potensi bangsa, baik itu dukungan dari masyarakat maupun dari pemerintah yang sinergis hingga terwujudnya derajat kesehatan masyarakat yang maksimal.

Landasan Sistem Kesehatan Nasional

  • Pancasila sebagai landasan idiil
  • Landasan Konstitusional, yaitu UUD 1945, khususnya: Pasal 28 A, 28 H ayat (1) dan ayat (3), serta Pasal 34 ayat (2) dan ayat (3), Pasal 28 B ayat (2), Pasal 28 C ayat (1),
  • Landasan Operasional yang terdiri dari semua ketentuan peraturan perundangan yang berhubungan dengan penyelenggaraan SKN dan pembangunan kesehatan.

Subsistem yang memberikan pengaruh pada pencapaian dan kinerja SKN di Indonesia di antaranya:

Upaya Kesehatan

Upaya kesehatan yang dilakukan di negara kita ini masih belum terselenggara secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan. Penyelenggaraan upaya kesehatan yang bersifat peningkatan, pencegahan dan pemulihan sepertinya masih dirasa kurang cukup, sehingga belum bisa mencapai standar dari tujuan yang telah ditetapkan.

Pembiayaan Kesehatan

Dalam Sistem Kesehatan Nasional, maka pembiayaan kesehatan yang baik, terintegrasi, stabil dan berkesinambungan merupakan pemegang peran yang sangat penting untuk terselenggaranya pelanyanan kesehatan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam pembangunan kesehatan.

SDM Kesehatan

Sumber daya manusia kesehatan merupakan komponen yang sangat penting, dimana merekalah yang menjalankan upaya kesehatan yang telah disusun oleh pemerintah. Sebagai pelaksana upaya kesehatan tersebut, maka diperlukan sumber daya yang jumlahnya mencukupi, kualitas dan jenis yang baik serta terdistribusi secara adil dan merata. Akan tetapi, ternyata sumber daya manusia kesehatan ini dalam pendistribusiannya masih belum merata, bahkan di beberapa puskesmas masih belum ada dokter atau pun perawatnya.

Sumberdaya Obat, Perbekalan Kesehatan, dan Makanan

Saat ini, industri farmasi yang ada di Indonesia cukup berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Hanya saja, dalam hal ini pengawasan dalam produk dan obat yang ada masih belum cukup, sehingga diperlukan adanya tindakan yang tegas dan ketat dalam hal tersebut.

Pemberdayaan Masyarakat

Sistem Kesehatan Nasional hanya akan berfungsi dengan baik dan optimal jika telah didukung oleh pemberdayaan masyarakat. Hal ini sangatlah penting agar masyarakat dapat, mampu dan mau untuk berperan serta dalam pembangunan kesehatan yang sedang diupayakan oleh pemerintah. Keberhasilan yang didapat oleh pembangunan kesehatan di Indonesia ini juga tidak terlepas dari adanya partisipasi yang aktif dari masyarakat.

Manajemen Kesehatan

Selain beberapa hal yang telah disebutkan sebelumnya, manajemen kesehatan juga memiliki peran yang sangat berpengaruh bagi terselenggaranya Sistem Kesehatan Nasional. Hal ini dikarenakan yang mengatur setiap proses dalam upaya pembangunan kesehatan ini adalah manajemen kesehatan. Namun keberhasilan dari manajemen kesehatan ini juga sangat ditentukan oleh ketersediaan data dan informasi kesehatan, dukungan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan, dukungan hukum kesehatan serta administrasi kesehatan. Jika hal tersebut tidak terpenuhi, maka bisa jadi proses manajemen yang berjalan akan terhambat.

Demikianlah penjelasan mengenai Sistem Kesehatan Nasional yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply