MEDIA ROOM

Menangkan Hati Konsumen Melalui Penukaran Produk dan Pengembalian Dana dalam Transaksi Online

CUSTOMER SERVICE 3

Jakarta, 17 Maret 2016 – Salah satu cara membuat konsumen tetap merasa senang bukan hanya dari sisi harga, namun juga layanan yang menyeluruh. Bagi elevenia, salah satu hal yang paling penting dalam layanan konsumen adalah bagaimana untuk melakukan proses penukaran produk dan pengembalian dana dalam transaksi online.

“Bagi kami, layanan kepada konsumen merupakan kunci utama dalam bisnis e-commerce. Maka itu, salah satu komitmen yang kami jaga adalah untuk memberikan proses penukaran produk dan pengembalian dana kepada konsumen,” ujar Anggita Vela Lydia, General Manager Partnership & Promotion elevenia. Dilanjutkan oleh Vela bahwa Return Exchange (Penukaran Produk) dan Refund (pengembalian dana) merupakan dua hal yang sangat dekat dengan transaksi online.

Dalam prosedurnya, proses penukaran dan pengembalian produk bisa dilakukan secara mandiri oleh konsumen melalui My Elevenia di akun konsumen atau menghubungi Call Center elevenia untuk meminta bantuan. Proses penukaran dan pengembalian produk bisa dilakukan jika produk yang diterima konsumen tidak sesuai dengan apa yang mereka pesan, seperti kesalahan warna, kesalahan ukuran, bahkan hingga perbedaan produk yang diterima dengan produk yang dipesan.

“Untuk proses penukaran dan pengembalian produk dapat dilakukan maksimal 3 hari setelah produk diterima oleh konsumen. Jika lebih dari batas waktu tersebut, maka kami tidak bisa melakukan hal tersebut. Sedangkan untuk proses pengiriman kembali produk setelah ditukar, akan memakan waktu 3- 5 hari. Kesemua proses ini tentunya sudah disetujui lebih dulu oleh pihak seller,” tambah Vela.

Mengenai Pengembalian Dana, elevenia mengakui bahwa layanan ini sangat penting dan berpengaruh dalam membangun rasa percaya konsumen. Maka dari itu, elevenia memberikan proses yang sangat mudah untuk layanan ini. Jika konsumen bertransaksi dengan menggunakan metode transfer bank atau e-money, bentuk pengembalian dana akan berupa kredit poin di akun My Elevenia. Jangan panik dulu, karena kredit poin tadi bisa Anda cairkan ke rekening pribadi Anda (yang digunakan ketika membayar transaksi). Untuk proses ini akan memakan waktu 1-2 hari kerja. Namun, jika konsumen bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit, proses pengembalian dana akan langsung dikembalikan berupa kredit limit ke akun kartu kredit konsumen. Untuk waktunya, ini akan bergantung kepada kebijakan bank penerbit kartu kredit.

“Kami berusaha membuat proses yang sangat sederhana dan memakan waktu cukup singkat untuk kedua proses tersebut, Return Exchange dan Refund. Kami percaya bahwa dua layanan tersebut adalah salah satu kunci memenangkan hati konsumen dan membuat mereka tetap menaruh kepercayaan pada elevenia, sebagai salah satu tempat bertransaksi online,” ujar Vela menutup pembicaraan.

Share

Comments 3

  1. Berarti meningkatkan after sales service intinya ya Elevenia. Thank you infonya :)

    Reply
  2. Baiklaaahhhh. Bisa ditiru nih. Semoga ikut ketularan sukses seperti Elevenia. Amin.

    Reply
  3. Gemar Belanja

    Sangat membantu artikel nya , semoga menjadi masukan bagi kami , thank you atas info nya

    Reply

Leave a Reply