Culinary

Memanfaatkan Kerang Bulu sebagai Bahan Baku Alternatif untuk Saus Tiram

KERANG BULU

Apa kamu telah mengenal kerang bulu? Jika belum kerang bulu adalah kerang yang memiliki bentuk mirip dengan kerang dara, tetapi memiliki bulu-bulu pendek berwarna kehitaman. Agar aman dikonsumsi kerang bulu harus dibersihkan secara maksimal agar kotoran yang terdapat pada bulu-bulunya terbuang dengan baik. Kamu pun bisa merebusnya dua kali dengan air rebusan yang beda untuk kebersihan yang lebih terjamin dan membuat cangkangnya mudah terbuka.

Kerang bulu kini lagi marak dijadikan bahan utama alternatif untuk saus tiram. Saus tiram adalah bumbu yang sering kali digunakan untuk penyedap makanan sehari-hari. Namun, saus tiram memiliki harga yang menjulang karena bahan utamanya yaitu kerang tiram adalah kerang yang berasal dari luar negeri. Untuk menyiasatinya mulai lah digadang-gadang kerang bulu menjadi alternatif bahan utama dari saus tiram. Selain lebih mudah ditemukan di Indonesia, kerang bulu pun harga jauh lebih murah dibandingkan dengan kerang tiram.

Kerang bulu memiliki gizi yang tidak kalah baiknya dibandingkan dengan jenis kerang lainnya. Menurut para dosen dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor, kerang bulu mengandung asam amino glutamate, omega 6, dan asam lemak omega 3 yang tinggi.

Jadi jangan ragu lagi untuk menikmati saus tiram dengan bahan dasar kerang bulu ya! Dijamin memiliki khasiat yang baik untuk tubuh mu.

Share

Leave a Reply