Media Room

MEMAHAMI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP VOUCHER DIGITAL: Studi Kasus Mokado – Voucher Digital Inovasi elevenia

Allo W Setiabudi at IESE 2017

Tangerang, 10 Mei 2017Ajang Indonesia eCommerce Summit & Expo (IESE) kembali
digelar pada 9-11 Mei 2017 di ICE BSD, Tangerang. Dengan mengusung tema “Empowering
the Digital Energy of Asia”, IESE 2017 menjadi wadah pertemuan antar
stakeholder
ekosistem eCommerce untuk bertukar informasi dan ide mengenai status perkembangan
industri terkini, serta mengasah gagasan dan inovasi untuk mengedukasi para pelanggan
eCommerce, baik itu
buyer maupun seller.
elevenia, eCommerce yang mengusung open market place di Indonesia, pada tahun ini
kembali berpatisipasi dalam ajang eCommerce terbesar di Indonesia ini. Di hari kedua
pelaksanaan IESE 2017, elevenia memberikan pemaparan mengenai perilaku konsumen
terhadap voucher digital dengan bedah kasus tentang MOKADO (
mobile kado) dari elevenia.
MOKADO yang telah diluncurkan sejak bulan Maret 2016 ini merupakan salah satu inovasi
produk dari elevenia yang dihadirkan untuk memberikan kemudahan kepada pengguna
yang ingin mengirimkan hadiah, bonus atau kejutan kepada orang lain melalui SMS
berbentuk
mobile voucher di semua perangkat telepon seluler.
VP Data Management & CRM elevenia Allto W. Setiabudi dalam pemaparannya
mengenai Studi Kasus Mokado (
Mobile Kado) tersebut mengungkapkan fakta bahwa ada
tiga faktor utama yang mempengaruhi transaksi meningkat yaitu:
Harga murah dengan diskon minimal lima puluh persen
Merek yang mempunyai banyak cabang dengan lebih dari dua puluh cabang
Merek terkenal yang dengan mudah dikenali orang
Mokado tersedia dalam 4 kategori, yaitu F&B, Fun & Event, Beauty & Health, dan Kategori
Lain-lain. Dari keempat kategori tersebut, tercatat bahwa F&B menjadi kategori terlaris,
dimana 84% penjualan MOKADO berasal dari kategori tersebut. Merchant yang tergabung di
kategori F&B di antaranya adalah Lotteria, KFC, Burger King, Kripy Crème, Baskin Robins, dan
lain-lain. Sedangkankan kategori produk kedua yang paling banyak dibeli melalui MOKADO
adalah Fun & Events, seperti waterbom, Jungleland, Go! Wet, dan lain sebagainya.
Digital voucher seperti MOKADO, biasanya mengalami transaksi paling tinggi antara jam 9
s/d 12 siang sebelum makan siang. Bukan hanya itu, produk ini juga biasanya mengalami
‘peak days’ (transaksi yang tinggi) di hari senin dan Kamis. Biasanya 18% – 27% transaksi
terjadi di antara kedua hari tersebut. Sehubungan dengan demografi pengguna
e-coupon,
jumlah pembeli wanita lebih tinggi daripada pembeli pria, selain itu, 74% pembeli masih
berada di wilayah jabodetabek. Produk
e-coupon ini lebih banyak dinikmati oleh mereka
yang berusia 29-24 tahun (24%) dan 25-34 tahun (49%).

“Tercatat hingga awal tahun 2017 produk inovatif elevenia, MOKADO, telah terdaftar 200
merek yang menjual lebih dari 1100 produk dengan transaksi sebanyak hampir 83 ribu dan
GMV 11,094,363,800. Kami juga mendapati bahwa
returning customers untuk produk ini
lebih tinggi dibanding produk non-MOKADO.” Tutup Allto W. Setiabudi.

Share

Leave a Reply