Relationship

Mau Menikah? Simak Tips Berikut untuk Memilih Souvenir Pernikahan

Jangan Lupa Share ya

Pernikahan kini sudah menjadi event yang glamour. Untuk mendukung kesan glamour itu, souvenir pernikahan menjadi bagian penting yang harus dikemas secara unik dan indah agar menimbulkan efek menarik. Meskipun terkesan sederhana, souvenir pernikahan merupakan salah satu media untuk menciptakan momen pernikahan yang tak terlupakan.

Hal yang tidak kalah penting, bingkisan pernikahan atau souvenir merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan terima kasih pada tamu undangan. Souvenir pernikahan bisa dihadirkan dalam bentuk dekoratif untuk mendukung dekorasi meja resepsi atau suasana pesta. Selain itu, bisa disajikan dalam bentuk gift box.

Sama seperti dekorasi pesta lain, souvenir pernikahan tentu harus mencerminkan formalitas acara pernikahan serta mewakili kepribadian Kamu dan pasangan. Oleh sebab itu, memilih souvenir pernikahan tidak boleh sembarangan. Meskipun tidak tergolong sangat sulit, memilih souvenir pernikahan boleh dikatakan cukup rumit.

Tips Memilih Souvenir Pernikahan

Kamu tentu ingin memberikan yang terbaik untuk para tamu undangan di pesta pernikahan Kamu bukan? Salah satu cara yang bisa Kamu dan pasangan persembahkan untuk para tamu undangan di pesta pernikahan Kamu adalah souvenir. Ragam souvenir memang banyak, namun untuk memilih mana souvenir yang akan Kamu pilih sebagai ungkapan rasa terima kasih tidaklah semudah yang dibayangkan.

Ada beberapa hal yang harus Kamu dan pasangan pertimbangan pada saat akan memilih souvenir untuk pesta pernikahan. Setidaknya souvenir yang akan Kamu berikan itu sesuai dengan kepribadian Kamu dan pasangan atau konsep dari pesta pernikahan Kamu berdua. Supaya Kamu dan pasangan bisa memilih dan menentukan souvenir mana yang akan diberikan untuk undangan, sebaiknya Kamu perhatikan beberapa tips memilih souvenir. Berikut ini merupakan beberapa tips untuk memilih souvenir pernikahan yang elegan dan unik:

  1. Produk Baru

Untuk mewujudkan pesta unik, Kamu harus memilih souvenir pernikahan yang merupakan produk baru. Dengan begitu, dapat dipastikan souvenir yang Kamu pilih tidak ada di tempat lain. Ingat, souvenir pernikahan tidak sama dengan souvenir ulang tahun. Jadi, carilah yang berbeda.

  1. Souvenir Pesanan

Agar souvenir yang dipilih benar-benar unik, sebaiknya Kamu memesan souvenir pada pembuatnya langsung. Selain mendapatkan souvenir unik, Kamu dapat bertukar pikiran dengan pembuatnya mengenai hal yang diinginkan. Bahkan, Kamu mungkin bisa mendapat diskon dibanding membeli di toko-toko souvenir.

  1. Kotak Hadiah Menarik

Seperti sampul dalam buku, kotak hadiah merupakan wajah depan souvenir pernikahan. Oleh sebab itu, gunakanlah kotak hadiah yang menarik. Ingat, jangan memberikan souvenir dalam keadaan “telanjang”, dalam arti tanpa dikemas. Kotak kado kecil maupun plastik bening yang diikat dengan pita cantik di bagian atas dapat dijadikan kemasan yang cukup menarik.

  1. Kotak Souvenir Senada dengan Dekorasi

Setiap pesta pasti memiliki dekorasi beragam. Dekorasi pesta bukanlah hal yang perlu diabaikan saat memilih souvenir pernikahan. Pilihlah warna kotak souvenir yang senada dengan tema dekorasi pesta pernikahan. Ambillah salah satu unsur pesta untuk memilih kotak, misalnya disesuaikan dengan warna taplak meja.

  1. Cantumkan Nama atau Inisial

Kehadiran nama atau inisial pengantin dalam sovenir pernikahan merupakan hal utama yang sangat penting. Tentu akan terkesan aneh dan tidak lucu jika souvenir yang telah Kamu pilih dengan usaha keras dilupakan orang begitu saja. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk memesan agar nama Kamu dan pasangan terukir nyata dalam souvenir pernikahan yang telah disiapkan.

  1. Pilih Kotak yang Berguna

Hal yang tidak boleh dilupakan saat memilih souvenir adalah nilai guna kotak. Kotak souvenir tidak hanya harus indah, tetapi harus bernilai guna. Jika kotak yang Kamu siapkan memiliki nilai guna, boleh jadi souvenir Kamu akan menghiasi meja kerja atau tempat penting lain, bukan dalam laci atau tong sampah. Meskipun souvenir yang dipilih tidak mahal, kegunaan yang dimilikinya akan berguna dan berkesan bagi undangan.

  1. Pilih Souvenir Bertema Hari Raya

Sebuah resepsi pernikahan kadang terjadi di saat-saat menjelang hari raya, misalnya lebaran atau natal. Jika pernikahan Kamu terjadi menjelang momen besar, tidak ada salahnya memilih souvenir pernikahan sesuai tema hari raya bersangkutan. Hal ini bertujuan agar momen penting dan indah dalam hidup Kamu tetap melekat dalam ingatan kerabat dan sahabat.

Itulah beberapa tips sederhana untuk memilih souvenir pernikahan yang unik dan elegan. Setelah memutuskan tema pesta yang ingin digelar, saatnya Kamu berburu kotak dan souvenir pernikahan yang diimpikan. Jika Kamu dan pasangan mengikuti tips di atas, Kamu akan terhindar dari rasa bingung bagaimana memilih souvenir. Tidak bisa kita pungkiri perkara memilih souvenir ini bisa terbilang cukup menguras waktu dan pikiran Kamu. Sehingga, tips-tips tersebut bisa mengantisipasi kebingungan Kamu dalam menentukan souvenir.

Ragam Souvenir yang Bisa Kamu Pilih

Seperti yang sudah disnggung di atas, bahwa souvenir yang bisa kita pilih untuk acara pesta pernikahan sangat beragam. Kita bisa melihat sendiri berdasarkan dari souvenir yang diberikan oleh teman, kerabat atau keluarga kita yang sudah lebih dulu melangsungkan pesta pernikahan, cukup beragam bukan? Tetapi tahukah Kamu jika itu masih segelintirnya saja? Masih banyak ragam souvenir yang bisa Kamu pilih untuk acara pesta pernikahan nanti.

Ragam souvenir ini terdiri dari banyak variasi mengingat setiap pasangan yang akan melangsungkan pesta pernikahan memiliki pilihannya sendiri untuk urusan souvenir. Bahkan souvenir yang dipilih terkadang disesuaikan dengan karakter pasangan yang akan menikah. Di lain pihak, sebagian orang ingin memberikan souvenir berupa benda yang unik supaya lebih berkesan. Bahkan hanya untuk mendapatkan souvenir yang unik dan menarik serta lain dari yang lain, setiap pasangan memerlukan waktu yang tidak singkat untuk menentukan souvenir apa yang akan diberikan nanti.

Nah, bagi Kamu yang masih bingung menentukan souvenir yang seperti apa untuk Kamu berikan pada para tamu undangan di pesta pernikahan Kamu nanti, Kamu bisa mencontoh beberapa ragam dari souvenir di bawah ini:

  • Replika Makanan. Replika makanan bisa Kamu pilih sebagai souvenir pernikahan karena unik. Jika Kamu dan pasangan memang menyukai dunia makanan, souvenir ini bisa Kamu pilih. Replika makanan bagi tamu undangan bisa dijadikan sebagai pajangan yang unik.
  • Tanaman Kaktus. Bagi Kamu yang pecinta tanaman, bisa memilih souvenir hijau seperti tanaman, misalnya kaktus dengan aneka bentuk dan jenis. Tanaman kaktus ini bisa menjadi tambahan koleksi tanaman bagi para tamu.
  • Bingkai Foto. Bingkai foto bisa Kamu jadikan souvenir pesta pernikahan. Saat ini desain bingkai foto yang lebih variatif dengan berbagai detail dan bentuk, menjadikan bingkai foto sangat unik.
  • Miniatur Rumah Adat. Kamu dan pasangan berasal dari daerah yang berbeda? Mengapa tidak mencoba souvenir dalam bentuk miniatur rumah adat dari tempat Kamu dan pasangan berasal? Souvenir ini bisa mencerminkan Kamu dan pasangan yang cinta budaya Indonesia.
  • Keramik Mini. Kamu menyukai keramik dengan aneka bentuk? Keramik mini bisa Kamu jadikan sebagai souvenir untuk pesta pernikahan. Kamu tinggal memilih bentuk keramik yang unik dan lucu, misalnya keramik mini dengan desain boneka mengenakan pakaian tradisional bangsa-bangsa di dunia atau pakaian tradisional Indonesia.

Kiat Praktis Menyiapkan Souvenir

Souvenir menjadi komponen penting yang harus Kamu dan pasangan siapkan menjelang pesta pernikahan. Souvenir sebagai ungkapan rasa terima kasih Kamu untuk para tamu yang bersedia datang ke pesta pernikahan tentu saja harus dipersiapkan dengan baik. Ada yang mengatakan souvenir itu termasuk urusan yang mudah, karena tidak seribet dengan urusan dekorasi misalnya. Namun, jika Kamu tidak persiapkan dengan baik, urusan souvenir bisa menjadi masalah yang serius.

Menyiapkan souvenir juga harus memperhatikan berbagai aspek, tidak hanya dari segi dana yang dibutuhkan untuk souvenir. Ingat souvenir yang harus Kamu sediakan sebanyak tamu undangan yang akan datang di pesta pernikahan Kamu nanti. Berarti untuk memenuhi jumlah souvenir yang tidak sedikit itu dibutuhkan kiat khusus. Berikut beberapa kiat praktis dalam menyiapkan souvenir:

  • Sebaiknya Kamu juga harus menyediakan waktu untuk menyiapkan souvenir, mulai dari menentukan pilihan souvenir, berapa dana yang harus dikeluarkan, berapa jumlah yang harus diberikan dan sebagainya. Setidaknya minimal satu bulan sebelum hari H.
  • Diskusikan dengan pasangan untuk memilih souvenir jauh-jauh hari. Siapa tahu pilihan Kamu yang menjadi impian sejak lama, tidak sama dengan impian souvenir yang diinginkan pasangan. Sehingga, Kamu masih memiliki waktu untuk menentukan souvenir yang akan dipilih.
  • Menciptakan souvenir yang unik dengan membuatnya sendiri sah-sah saja, namun Kamu juga harus ingat ada beberapa persiapan lainnya yang harus Kamu perhatikan dan penuhi untuk pesta pernikahan Kamu selain souvenir. Lebih baik Kamu menggunakan jasa penjualan souvenir untuk memesan sesuai dengan apa yang Kamu inginkan, sehingga Kamu tidak repot.
  • Jikapun ingin membuat souvenir sendiri, setidaknya Kamu memiliki beberapa tenaga yang bisa membantu Kamu menyiapkan souvenir buatan sendiri. Sehingga, Kamu hanya menginstruksikan saja, dan biarkan orang lain yang membuatnya. Dengan begitu waktu Kamu bisa digunakan untuk menyiapkan keperluan pernikahan yang lainnya.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply