ELEVENIA STORIES

Matroishka: Tetap Modis Selama Hamil dan Menyusui

Terinspirasi dari pengalaman pribadi untuk bisa tampil modis ketika hamil dan menyusui, mantan Fashion Stylist dan Editor di beberapa majalah lifestyle di Indonesia ini, mencoba membuat sebuah lini baju hamil dan menyusui. Kepada elevenia, Prisya Arristy, berbagi cerita mengenai Matroishka di sela-sela aktifitasnya memanfaatkan layanan studio foto Seller Zone di elevenia.

Prisya Arristy Ratnasuri
Prisya Arristy Ratnasuri

Kalau boleh diceritakan, sudah berapa lama Anda terjun ke bisnis online?

Awalnya terhitung dari Oktober 2012, karena kebutuhan sendiri, ketika saya baru melahirkan anak pertama. Saat itu, cukup sulit untuk mendapatkan baju hamil dan menyusui dengan kualitas yang bagus dan harga terjangkau. Berangkat dari sana, saya coba melakukan riset kecil-kecilan soal baju hamil dan menyusui, dan mencoba membuatnya. Awalnya sih dimulai dari inner circle, teman-teman dekat, dan saya gak pernah menyangka penjualannya akan sangat cepat. Sebenarnya ide untuk membuat baju hamil dan menyusui sudah ada dari tahun 2011, ketika saya sedang hamil anak pertama. Tapi saya menunggu momen yang tepat, dan barulah tahun lalu saya membuat webstore www.matroishka.com untuk memasarkan baju hamil dan menyusui.

Matroishka. Apa cerita di balik nama berbahasa Rusia ini?

Matroishka terinspirasi dari Matryoshka, boneka tradisional Rusia, boneka sangkar yang beranak-beranak. Di Rusia sendiri, budaya tersebut sangat melekat dan terpelihara hingga saat ini. Sekarang Matryoshka bisa dilihat dalam berbagai versi atau bentuk, bisa berupa fashion,  lego, dan beragam versi lainnya. Di sini saya melihat bahwa Matryoshka bisa dengan mudah beradaptasi ke mana pun dan di manapun. Selain itu, saya juga melihat bahwa filosofi dari Matryoshka itu turun temurun. Dari sini lah saya melihat kecocokan filosofi tersebut dengan brand Matroishka yang saya punya, bahwa brand ini bisa menjadi sebuah campaign bagi perempuan yang sesungguhnya. True apparel for mom,  bisa dipakai sebelum, pada saat dan sesudah hamil (ketika menyusui).

Dari Oktober 2012, apa saja yang disediakan oleh Matroishka selain baju hamil dan menyusui?

Matroishka lahir dari kebutuhan dasar perempuan yang sedang hamil dan menyusui namun tetap ingin terlihat gaya. Aturan dasar perempuan: apapun keadaanya, harus tetap gaya. Hahaha… Saya memulai bisnis ini dengan menjejak pada kebutuhan yang belum banyak bisa dipenuhi oleh brand lain di luar sana. Saya melihat bahwa, seiring dengan berjalannya waktu, saya melihat peluang ada saat-saat di mana perempuan sangat lelah untuk mencari baju ketika mereka sedang hamil dan menyusui. Baju yang bisa membuat mereka tetap merasa nyaman dan terlihat gaya. Saat itu saya melihat bahwa perempuan butuh sebuah wadah yang bisa menyediakan baju-baju yang cocok ketika hamil dan masa menyusui.

Apa yang membedakan Matroishka dengan brand baju hamil di luar sana?

Matroishka tidak hanya sekedar menjual baju tapi juga memberikan panduan gaya. It’s not just a piece of clothing, it’s a part of style. Memang di luar sana sudah banyak baju untuk masa hamil dan menyusui, tapi desain yang khusus hanya Matroishka yang punya. Saya membuatnya piece by piece. It’s not a mass product that I got from somewhere. Saya bisa merasakan kalau perempuan yang mengenakan koleksi Matroishka akan selalu merasa stylish!

Selain baju hamil dan menyusui, apakah ada rencana untuk menambah jenis produk di Matroishka?

Untuk saat ini, Matroishka hanya fokus pada baju hamil dan menyusui. Tapi gak dipungkiri, ke depannya, setelah baju hamil dan menyusui ini berkembang, saya juga ingin memperluas produk di Matroishka.

Dengan siapa Anda menjalankan Matroishka?

Pada awal berdiri, saya mengerjakannya berdua bersama teman saya yang kebetulan punya usaha konveksi. Saya banyak belajar dari dia yang sudah lebih dulu bergelut di bidang konveksi. Karena pada awalnya made by order, kami masih bisa menangani. Namun semakin ke sini, semakin tidak terpegang. Bersyukur sekali bahwa respon di luar sana cukup baik. Saat ini kami sudah menambah jumlah karyawan dan dalam proses membuat Matroishka menjadi korporasi.

Berbicara mengenai online, apa yang membuat Anda tertarik bergabung dengan elevenia?

Meski baru belajar sebagai seorang enterpreneur, saya menaruh kepercayaan kepada elevenia untuk bisa membantu brand saya, Matroishka, berkembang. Saya sudah percaya kepada elevenia, ketika pertama kami pihak Merchandiser-nya menghubungi saya. Lebih lanjut lagi, ketika saya coba melihat fasilitas dan story di balik elevenia, termasuk company profile-nya (PT. XL Axiata & SK Planet, Korea) yang  sudah mendunia, jadi saya percaya Matroishka bisa berkembang dengan elevenia.

Sudah berapa lama bergabung dengan elevenia?

Sejak awal tahun ini, sekitar Januari. Setelah bergabung saya segera memanfaatkan semua fasilitas yang ada, termasuk Seller Zone. Saya merasa terpacu untuk berkompetisi dengan para seller di elevenia, untuk terus membuat produk yang bagus. Saya juga ingin mendapat wawasan lagi karena saya melihat market yang sangat besar dan mereka juga memiliki gaya masing-masing

Dalam pandangan Anda, apa bedanya elevenia dengan e commerce lain?

It’s not about the segment, it’s about the feeling and style that elevenia has. Mulai dari membuka website sampai dengan ke Seller Zone, saya melihat Matroishka disajikan dalam kemasan yang masih stylish. Meskipun Matroishka harganya terjangkau, tetapi saya ingin tetap memiliki elegansi dan elevenia bisa menyajikan itu dengan gaya. Meskipun barangnya promo ataupun diskon tetap disajikan dengan gaya. Itu yang saya suka.

Apa yang Matroishka coba tawarkan kepada konsumen di antara produk-produk lain yang ada di elevenia?

Dengan bisnis ini saya memiliki privilege untuk menyediakan pakaian bagi perempuan ketika mereka sedang mengalami masa-masa sulit mencari baju, yakni ketika hamil dan menyusui. Saya ingin ada simbiosis mutualisme antara buyer dan seller. Saya ingin selalu membuat promo untuk elevenia. Saya tidak mau kalah sama merek lain yang membuat promo yang seru. Saya melihat elevenia sangat memahami kondisi seller dan mengerti kalau banyak biaya yang dikeluarkan seller sehingga deals-nya tidak memberatkan kita sebagai seller sama sekali.

Ada saran untuk elevenia?

Akan seru sekali jika elevenia bisa membuat kegiatan yang tersegmentasi untuk berbagai macam pembeli. Misalkan untuk segmentasi remaja, khususnya mahasiswa yang baru mengenal online shopping. Mereka kita buatkan acara yang menarik seperti fashion show. Buatkan juga acara yang menarik untuk ibu dan anak. Selebihnya menurut saya elevenia sudah memfasilitasi dengan sangat baik.

Tiga kata versi Matroishka untuk elevenia?

Dynamic, Easy, Interesting!

Share

Leave a Reply