Uncategorized

Masih Bingung? Inilah Perbedaan Inovatif dan Kreatif

Jangan Lupa Share ya

Inovatif dan kreatif kadang kali digunakan secara tumpang tindih. Banyak dari mereka mengucapkan inovatif saat mengungkapkan sesuatu yang harusnya adalah kreatif atau pun sebaliknya. Perbedaan atau pun definisi dari kedua kata tersebut memang tidak terlalu bertentangan. Hanya saja, keduanya memiliki situasi dan kondisi tertentu dalam pemakaiannya sehingga tidak bisa saling menggantikan satu sama lain. Untuk orang cerdas seperti kamu, tentu harus bisa memahami saat yang tepat menggunakan kata inovatif, dan di mana saat yang tepat menggunakan kata kreatif.

Jika dilihat dari kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), maka kita akan melihat jika kreatif memiliki dua arti, yaitu memiliki daya cipta dan juga memiliki kemampuan untuk menciptakan. Sementara pengertian lainnya adalah bersifat mengandung daya cipta. Dilihat dari pengertian tersebut bisa diartikan jika kreatif merupakan seseorang yang berhasil menghasilkan suatu hal.

Untuk lebih jelas pengertian dan definisi dari kreatif ini, berikut ada beberapa uraiannya di bawah ini:

Kreatif adalah memiliki daya cipta, memiliki kemampuan untuk menciptakan

Pengertian yang pertama ini berarti kata kreatif hanya bisa disandingkan dengan seseorang, apabila seseorang tersebut telah memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang belum ada sebelumnya alias baru. Ciri-cirinya antara lain adalah memiliki ide baru yang belum sempat terpikirkan oleh siapapun sebelumnya. Atau mungkin seseorang tersebut membuat sebuah benda atau pun karya seni yang baru. Contoh lainnya mungkin saat bekerja atau melakukan suatu hal dia melakukan suatu pekerjaan namun dengan cara yang tidak biasa dilakukan orang lain.

Kreatif Adalah Bersifat Mengandung Daya Cipta

Sebagai contoh saja, pidato yang kreatif itu berarti pidato yang mengandung daya cipta. Atau dengan kata lain, pidato tersebut mengandung ide-ide, atau gagasan-gagasan yang berbeda atau baru. Bisa juga pidato tersebut memuat gagasan biasa-biasa saja, tapi ungkapan yang digunakan atau gaya penyampaiannya tak biasa untuk orang lain hingga mereka terpukau. Arti dari mengandung daya cipta pun bisa diartikan sebagai suatu hal yang memiliki nilai yang bsia mendorong orang lain untuk memiliki keinginan mencipta.

Inovatif

Setelah kita mengetahui pengertian darikreatif, selanjutnya kita harus tahu apa yang dimaksud dnegan inovatif itu. Inovatif sendiri merupakan produk baru yang benar-benar baru dari semua aspeknya. Itu merupakan pengertian dari KBBI. Intinya, produk inovatif tersebut berarti produk yang baru di pandang dari berbagai aspek, entah itu aspek konsep, kegunaan maupun bentuk desain.

Di suatu instansi pendidikan atau di mana pun kamu berada, pasti kamu tidak jarang menjumpai orang-orang yang punya profil atau pun ciri-ciri kreatif seperti di atas. Tak hanya orang besar yang punya kreativitas. Justru, mereka yang diluar tampak peragu, pemalu atau bahkan pendiam yang sebenarnya memiliki potensi besar dalam mengasah jiwa kreativitasnya. Kreativitas ini cenderung tidak akan berkembang atau bahkan mati apabila seorang yang berjiwa kreatifitas dididik dan ditempa dalam lingkungan yang salah.

Di kehidupan sehari-hari orang yang punya ide berbeda, di mana ide tersebut belum pernah terpikirkan oleh orang lain di sekitarnya, biasanya akan mendapatkan penolakan secara keras oleh masyarakat atau bahkan orang tersebut disalahpahami dan sering dicibir karena perbedaan pandangannya soal ide baru tersebut. Padahal ide baru yang digagaskan olehnya bisa saja menjadi solusi terbaik untuk suatu permasalahan sulit, tidak jarang dianggap remenkan oleh orang lain yang tidak memiliki kreativitas. Inilah mengapa, jumlah ‘manusia kreatif’ di bumi ini sangatlah sedikit dibanding orang kreatif. Padahal jika banyak orang yang tidak takut beda dan berani mencetuskan suatu ide baru, maka orang kreatif di dunia ini pun akan bertambah.

Jika dilihat dari uraian di atas, maka kita bisa menyimpulkan bahwa kreativitas dan inovasi bisa mati kapan pun, apabila lingkungan tempat kita tinggal tidak mengizinkan suatu hal baru muncul untuk lebih tumbuh dan berkembang. Selain itu, kreativitas dan inovasi untuk sebagian orang diartikan sebagai keterampilan atau skill, bukan bakat. Keterampilan tersebut akan menghasilkan suatu kreativitas atau inovasi apabila dimunculkan, dilatih, dipupuk dan juga dikembangkan. Untuk itu, bila kamu ingin menjadi orang yang kreatif dan inovatif, kamu harus terus belajar dan mencoba suatu hal baru yang tiada hentinya. Sebab, perjuangan yang kamu lakukan tidak akan menghianati hasil. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply