Mother & Baby

Manfaat Senam Hamil untuk Mempermudah Persalinan

Manfaat utama dari senam hamil adalah membantu kamu mempersiapkan tubuh untuk melalui proses persalinan. Selain itu, senam hamil juga dapat membantu meningkatkan energi, membantu kamu tidur lebih baik dan mengatasi berbagai keluhan saat hamil.

Pada saat masa kehamilan, tubuh memang akan lebih cepat lelah dan membuat kamu ingin terus berbaring di tempat tidur. Akan tetapi, tidak melakukan gerakan secara aktif pada saat masa kehamilan dapat membuat tubuh menjadi tidak bugar dan dapat mempersulit proses persalinan. Sedangkan olahraga yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan kekuatan otot menjelang persalinan.

Meningkatkan Stamina dengan Senam Hamil

Salah satu aktivitas olahraga yang terbilang aman dan dapat dilakukan oleh sebagian besar ibu hamil adalah senam hamil. Tujuan dari senam hamil sendiri adalah untuk menjaga kebugaran tubuh ibu hamil sambil mempersiapkan fisik untuk menghadapi persalinan. Dokter kandungan yang kamu kunjungi juga pasti akan menyarankanmu melakukan senam hamil selama kamu merasa nyaman untuk melakukannya dan tentu saja tidak bertentangan dengan kondisi kesehatan kamu.

Manfaat Senam Hamil

Begitu banyak manfaat yang akan kamu dapatkan setelah melakukan senam hamil secara teratur, diantaranya:

  • Memperkuat jantung dan paru.
  • Mengencangkan otot.
  • Meringankan nyeri akibat pertambahan beban pada tulang belakang.
  • Membuat tidur lebih nyenyak.
  • Membantu menghindari pertambahan berat badan secara berlebihan.
  • Memperkuat sendi.
  • Meredakan nyeri, sakit, dan ketidaknyamanan yang dirasakan di masa kehamilan.
  • Senam hamil dapat membuat Kamu berpikir lebih positif.
  • Mempersiapkan diri untuk persalinan.
  • lebih siap menghadapi persalinan. Selain itu, setelah bayi lahir, senam hamil juga membantu kamu segera dapat kembali ke bentuk badan dan stamina semula.

Bergabung dengan Kelas Senam Hamil

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, kamu dapat bergabung dengan kelas senam hamil yang telah banyak dibuka di rumah sakit ibu dan anak. Pada umumnya, instruktur senam hamil adalah para bidan yang memang berpengalaman dalam menangani proses persalinan.

Gerakan dan latihan pernapasan pada senam hamil akan lebih diutamakan utnuk mempersiapkan tubuhmu mejelang persalinan. Latihan seperti ini akan meningkatkan oksigen dan aliran darah ke otot-otot tubuhmu. Apabila kamu bergabung dengan kelas senam hamil, maka gerakan yang akan kamu lakukan pun akan lebih aman karena dalam melakukannya kamu berada di bawah arahan istruktur yang pastinya berpengalaman.

Selain dapat lebih terpercaya, melakukan senam hamil bersama ibu hamil yang lainnya dapat membuat kamu merasa lebih nyaman karena kamu tidak akan merasa sendiri dan kamu akan dapat bertukar pikiran seputar pengalaman di masa kehamilan.

Selain senam ibu hamil, rumah sakit ibu dan anak juga biasanya menawarkan gerak tubuh sebelum persalinan yang lain seperti yoga dan berenang khusus untuk ibu hamil.

Senam Hamil Sendiri di Rumah

Melakukan senam hamil dengan intensitas yang sedang juga disarankan untuk dilakukan setiap hari selama kurang lebih 20-30 menit. Kamu dapat melakukan senam hamil dirumah dengan bantuan panduan video atau buku yang kamu anggap terpercaya.

Yang harus kamu ketahui adalah bahwa tidak ada bukti penelitian yang menyebutkan bahwa olahraga dapat menyebabkan seseorang yang sedang hamil mengalami keguguran atau gangguan pada janin, selama kandungannya dalam keadaan sehat. Meskipun begitu, olahraga dapat membuat ibu hamil menjadi lebih cepat lelah.

Selama melakukan senam hamil di rumah, pastikan kamu ada dalam kondisi yang baik. Jika kamu merasa tidak nyaman atau bahkan merasakan sakit, segera hentikan senam yang sedang kamu lakukan. Rasa sakit yang kamu alami tersebut merupakan tanda peringatan dari tubuh kamu bahwa ada beberapa gerakan yang tidak sesuai dengan kondisi kehamilan kamu.

Saat melakukan senam hamil, yang perlu kamu lakukan adalah berhati-hati dan memerhatikan beberapa hal diantaranya:

  • Sebelum melakukan senam hamil, sebaiknya kamu melakukan pemanasan terlebih dahulu dan pendinginan setelah selesai.
  • Saat mengangkat lutut, kencangkan otot perut untuk menghindari cedera pada punggung bawah dan sendi panggul.
  • Hindari gerakan yang membalik dan memutar badan dengan cepat, karena dalam keadaan hamil kamu akan merasa lebih sulit untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  • Jangan memaksakan kemampuan diri sendiri, ambil sedikit waktu istirahat jika kamu memang merasa lelah.
  • Gunakanlah pakaian yang tidak terlalu tebal dan dapat menyerap keringat, pastikan suhu ruangan tidak terlalu panas.
  • Sebaiknya kamu mengonsumsi air minum yang cukup sebelum, selama dan setelah melakukan senam hamil untuk mencegah dehidrasi.
  • Bagi kamu yang sudah jarang berolahraga, kamu dapat memulai dengan melakukan gerakan senam selama lima menit sehari, kemudian tingkatkan menjadi 10 menit sehari dan seterusnya.

Tujuan utama dari senam hamil bukanlah untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, dengan melakukan latihan yang rutin, senam ini bisa membantu kamu menurunkan berat bada pasca persalinan.

Demikian pembahasan mengenai manfaat senam hamil untuk mempermudah persalinan. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply